alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kematian Tragis JonBenét Ramsey
3.81 stars - based on 26 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a7912aaa2c06eff7f8b456c/kematian-tragis-jonbent-ramsey

Kematian Tragis JonBenét Ramsey



Pada tanggal 26 Desember 1996 pagi di Boulder, Colorado. Seorang ibu rumahtangga bernama Patsy Ramsey, mengaku menemukan surat yang berisi permintaan
uang tebusan atas anak perempuannya yang berumur 6 tahun yang bernama JonBenét Ramsey. Surat tersebut ditemukan tepat ditangga dalam rumah.



Kemudian Patsy menelepon polisi pada jam 5.52 pagi untuk melaporkan bahwa anak perempuannya tersebut hilang. Orang-orang yang saat itu berada dirumah adalah ayahnya yang bernama John Ramsey, ibunya Patsy Ramsey, dan saudara laki-laki JonBenét yang berumur 9 tahun bernama Burke Ramsey.



Anehnya, mayat JonBenét ditemukan oleh ayahnya kurang dari 8 jam di basement kediaman keluarga Ramsey sendiri. Saat ditemukan, JonBenét berada dalam keadaan tergeletak dengan mulut dilakban dan lilitan kabel disekitar lehernya.

Polisi mengklaim bahwa mereka tidak melakukan pencarian didalam rumah setelah Patsy membuat laporan kehilangan. Karena tidak ada alasan untuk mempercayai bahwa JonBenèt sebenarnya berada didalam rumah.



Sebelum kematiannya, JonBenét merupakan salah satu peserta dalam kontes kecantikan dan pernah memenangkan setidaknya lima kali kontes kelas atas. Kematiannya bisa jadi merupakan sebuah pembunuhan.



Dalam hasil pemeriksaan otopsi dilaporkan bahwa JonBenét dipukul hingga tewas. Sedangkan menurut pihak county coroner, JonBenét tewas karena kehabisan nafas karena dicekik.



Kuas yang dipakai Patsy untuk melukis dipakai pelaku untuk mengencangkan kabel yang dipakai untuk mencekik leher JonBenét. Selain itu ditemukan juga DNA yang terdapat pada celana dalam dan baju tidurnya. Kedua DNA tersebut diduga milik seorang laki-laki yang identitasnya tidak diketahui. Yang ketika dibandingkan dengan database tersangka pelaku kekerasan pada tahun 2004 milik FBI, tidak ditemukan satupun kecocokan diantara 1,5 juta sampel.



Dua pasang jejak kaki yang tidak diketahui ditemukan ditempat kejadian. Gulungan tali juga ditemukan didekat kamar JonBenét. Namun, diketahui gulungan tali tersebut bukan milik keluarga Ramsey. Dan sampai tahun 2006, gulungan tali tersebut tidak pernah diuji.

Jika seseorang sudah memasuki rumah kediaman Ramsey secara paksa, mereka melakukannya dengan sangat rapi. Selain itu juga tidak ditemukan jejak kaki diatas permukaan salju diluar rumah.





Keesokan harinya yaitu pada tanggal 27 Desember antara jam 8 hingga jam 10 pagi, surat tebusan yang dikirim pelaku diteliti. Dimulai dengan tulisan,

Quote:


Kalimat yang dicetak miring dianggap merupakan pernyataan yang aneh yang tidak mengarah pada apapun.

Quote:


Quote:




Diakhir surat tersebut tertanda "S.B.T.C". Inisial yang masih menjadi misteri sampai saat ini.

Dan fakta yang mencurigakan adalah jumlah uang tebusan yang diminta sebesar $118.000, merupakan jumlah uang yang hampir sama yang diterima oleh John Ramsey sebagai bonus tahun itu.

Selain itu, fakta yang mencengangkan adalah bahwa surat tebusan itu ditulis dengan pulpen dan kertas yang berasal dari dalam rumah itu sendiri. Dari sini bisa dipastikan bahwa pelaku memasuki rumah, menulis surat tebusan, kemudian dengan alasan tertentu dia kemudian membunuh JonBenét. Dan hal ini terjadi ketika ketiga anggota keluarga Ramsey yang lain sedang berada didalam rumah.

Kemudian tulisan surat tersebut dianalisa. Dan hasilnya ditemukan kesalahan ejaan pada beberapa kata yang terbilang mudah, misalnya kata posession yang seharusnya adalah possession. Namun yang mengherankan, kata-kata semisal kata attache dengan aksen pada huruf e, justru dieja dengan benar.

Beberapa percaya bahwa surat tersebut adalah hoax. Dan jika dikombinasikan dengan kekurangan bukti dari si penyusup, kasus ini makin menjadi sebuah teka-teki.





Dalam kasus ini, beberapa orang dijadikan tersangka, termasuk ketiga anggota keluarga The Ramsey itu sendiri. Pada awal kasus ini diselidiki, mereka bertiga menjalani pemeriksaan yang sangat teliti. Mereka dicurigai atas keaslian surat tebusan yang muncul dan sedikitnya bukti atas keberadaan seorang penyusup.

Orang yang sebenarnya bertanggung jawab atas pembunuhan yang terjadi tergantung dari teori yang muncul. Dan sebuah acara ditv terbaru mengklaim bahwa polisi berteori bahwa Patsy Ramsey secara tidak sengaja membunuh JonBenét. Acara tersebut juga mengajukan Burke Ramsey, kakak JonBenét, juga secara tidak sengaja membunuhnya.

Bagaimanapun juga, untuk Patsy atau Burke pelakunya, tebusan tetap harus dilancarkan dan begitu juga dengan pencekikan yang dilakukan. Dan hal tersebut tidak berarti mengingat bukti menyebutkan bahwa JonBenét masih hidup ketika dia sedang dicekik.

Selain itu, analisa tulisan tangan juga mengenyampingkan John Ramsey dan memasukkan Patsy Ramsey sebagai tersangka yang tidak meyakinkan. Para ahli percaya bahwa ciri-ciri pembunuhan JonBenét lebih cenderung sebagai penculikan anak dan pembunuhan yang dilakukan oleh orang asing.

Menariknya, pada tahun 2013 terungkap bahwa pada tahun 1999 jury utama telah memilih untuk mendakwa orangtua JonBenét dengan tuduhan kekerasan terhadap anak yang menyebabkan kematian.



Namun pengacara Distrik Boulder saat itu yang bernama Alex Hunter, tidak menandatangani surat dakwaan karena percaya bahwa tidak ada cukup bukti untuk mendukung tuduhan tersebut.

Dan yang meragukan lagi, bukti DNA yang didapat dari tempat kejadian, secara resmi membebaskan ketiga anggota keluarga Ramsey.





Tersangka keempat bernama Bill McReynolds. Dia sempat mengunjungi keluarga Ramsey dua hari sebelum pembunuhan terjadi. Dia juga kadang berpakaian seperti Santa Klaus. Anak perempuannya pernah diculik pada tahun 1974, 22 tahun sebelum pembunuhan JonBenét. Dan istrinya pernah menulis sebuah cerita yang isinya tentang seorang anak kecil yang dianiaya dan dibunuh disebuah basement.



Menurut The Denver Post, laki-laki tersebut merasakan kedekatan dengan JonBenét. Bahkan dia pernah mengatakan bahwa,

"Pembunuhannya dirasa lebih berat untukku daripada operasiku sendiri. Dia memberikan perubahan yang mendalam dalam diriku".

McReynolds bahkan membawa sebotol glitter ke ruang operasi, yang dihadiahkan oleh JonBenét untuknya. Hadiah tersebut sangat berarti secara tidak ada seorang anak pun yang memberikan hadiah ketika dia berperan sebagai Santa Klaus.

Bahkan McReynolds meminta istrinya untuk mencampur glitter tersebut dengan abu miliknya jika dia meninggal. Dan bagaimanapun juga, hal ini bisa diinterpretasikan sebagai sikap ramah dari seorang laki-laki tua. Jadi tidak ada alasan untuk menjadikan McReynolds sebagai pembunuh JonBenét.





Tersangka berikutnya bernama Gary Oliva. Laki-laki yang tinggal beberapa blok dari rumah keluarga Ramsey ketika pembunuhan terjadi.

Pada tahun 2016, Oliva pernah ditangkap atas tuduhan kasus pornografi anak. Kemudian pada bulan Desember 2000, Oliva ditangkap atas tuduhan kepemilikan obat terlarang dan diketahui menyimpan foto JonBenét didalam tasnya.



Oliva sempat menjelaskan alasannya pada The Denver Post,

"Pembunuhan JonBenét menyentuhku dengan sangat dalam. Aku merasa bahwa dia adalah gadis yang luarbiasa yang kematiannya adalah juga kehilangan yang luarbiasa. Aku seharusnya membangun sebuah monumen, sebuah kuil, untuk mengingat gadis kecil ini".

Kemudian seorang teman sekolah Oliva yang bernama Michael Vail mengungkapkan pada In Touch Magazine bahwa sehari setelah pembunuhan terjadi, Oliva menghubunginya dan mengatakan,

"Aku telah menyakiti seorang gadis kecil. Aku telah menyakiti seorang gadis kecil".

Menurut Vail, Oliva juga mengungkapkan lokasi tempat dia menyakiti gadis kecil tersebut. Yaitu di Boulder, Colorado. Kemudian Oliva menutup teleponnya.

Hal ini dianggap menarik jika memang benar, karena menurut catatan yang ada menunjukkan tidak ada gadis lain selain JonBenét yang dibunuh di Boulder, Colorado, pada malam itu.

Vail juga mengungkapkan bahwa metode pencekikan yang digunakan pada JonBenét, juga diduga digunakan Oliva untuk berusaha mencekik ibunya dengan kabel telepon. Meskipun begitu, Oliva juga tidak cocok dengan bukti DNA yang ada.





Tersangka terakhir bernama John Mark Karr. Seorang ayah yang bercerai dan guru sekolah dasar. Sebenarnya dia bukan tersangka sampai hampir 10 tahun setelah pembunuhan terhadap JonBenét terjadi.

Karr mengakui sebagai pelaku pembunuhan melalui email yang dikirimkan pada seorang profesor jurnalisme yang bernama Michael Tracey. Tracey sengaja secara bolak-balik mengirim dan menerima email dengan Karr selama empat tahun dengan tujuan agar bisa mendapatkan kepercayaannya.

Tracey sempat mengatakan hal ini,

"You are reading and hearing a truly darkside of human psyche. And having to pretend it's okay, that i wasn't going to sit in judgement, because otherwise the communication would stopped. This is the worst experience of my life by far. It's horrible".

Dalam emailnya, Karr menggunakan susunan kata yang sama dengan susunan kata yang terdapat pada surat tebusan atas JonBenét. Karr juga menggunakan nama panggilan ibu Patsy dalam sebuah emailnya, yaitu "Neddie". Dan merupakan hal yang aneh bahwa Karr tau tentang itu.

Karr juga menyebutkan didalam emailnya bahwa dia jatuh cinta dengan JonBenét dan mengaku memukul kepalanya dengan senter. Dalam emailnya yang lain Karr menuliskan,

"She of course was asleep from the time that she was, that i took her from her bed and took her into the basement. Her first reaction was, "where am i?". And i said, "you're in your basement. She wasnt in that room to be disgraced. And i would never disgraced or dishonor her. She was there temporarily. And what really hurts me she stayed there. And that's where her father found her and it's just a horrible thing".

Kemudian pada tanggal 16 Agustus 2008, dengan bantuan pihak British Intelligence, pihak Royal Thai Authorities, dan pihak US Department of Homeland Security, mereka mampu melacak dan menangkap Karr di Bangkok, Thailand, dimana dia melarikan diri dari Amerika dari dakwaan atas kasus pornografi anak yang dia lakukan di California.



Beberapa bulan setelah penangkapan tersebut, pengacara County District Boulder yang bernama Mary Lacy, mengumumkan permintaan maaf secara resmi terhadap kecurigaan keluarga Ramsey dan menyatakan bahwa tidak ada seorangpun dari anggota keluarga Ramsey yang menjadi tersangka.

Hasil pemeriksaan lab juga menyebutkan bahwa dalam DNA milik Karr tidak ditemukan kecocokan dengan DNA yang ditemukan ditempat kejadian. Dan dengan begitu, Karr tidak dihukum atas pembunuhan JonBenét.

Namun, pihak US Department of Homeland Security masih terus melakukan penyelidikan terhadap Karr, karena mereka yakin dia tidak bekerja sendirian. Karena berdasarkan salah satu bukti yang ditemukan sebelumnya, terdapat sepasang jejak kaki yang tidak diketahui, yang terdapat ditempat kejadian.



Selain itu, mantan kepala polisi Boulder yang bernama Mark Beckner, yang memimpin penyelidikan terhadap kasus JonBenét, pernah mengatakan bahwa,

"Begitu Karr menceritakan pengakuannya terhadap kita semua, hal tersebut sama sekali tidak cocok dengan bukti yang terdapat ditempat kejadian. Dalam 18 jam kami sudah tau bahwa Karr bukan pelakunya. Kami juga bisa memberikan konfirmasi bahwa dia bahkan tidak berada di Colorado pada saat itu, hanya dengan melakukan pemeriksaan rutin dan memperoleh dokumentasinya pada saat dia berada di Georgia pada saat itu".





Dalam sebuah acara di CBS, DR. Henry Lee, seorang ahli DNA yang juga dikenal dalam kasus OJ. Simpson, mempelajari DNA dalam kasus JonBenét. Dia menemukan bahwa DNA yang terdapat pada celana dalam milik JonBenét, bisa saja didapat dari pemindahan selama proses produksi. Dan hal ini bisa dibuktikan dengan sebungkus celana dalam yang belum dibuka, yang juga terdapat DNA asing didalamnya.

Kemudian acara tersebut menyimpulkan bahwa DNA yang terdapat ditempat kejadian, merupakan sebuah kekeliruan. Dan itu berarti, satu dari keenam orang yang dijadikan sebagai tersangka, bisa jadi merupakan pelaku yang sebenarnya.



Pada akhirnya, tidak ada seorangpun yang tau persis apa yang terjadi pada JonBenét Ramsey. Dan kasus ini tetap tidak dapat terselesaikan.





Sekian thread dari ane, dan terimakasih.

emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih



Diubah oleh marywiguna13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di