alexa-tracking
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/59a41aa4ddd770594e8b456f/dan-bernyanyilah

Dan Bernyanyilah

Quote:


Quote:


Quote:

Manusia adalah makhluk paling bebas. Kita, (manusia) dianugerahi akal, pikiran, nafsu, indera dan semua yang melengkapinya untuk menjadi bebas. Bolehkah manusia membunuh? Boleh. Bolehkah manusia jadi jahat? Silahkan. Bahkan Tuhan pun "membiarkan" pembunuhan antar sesama manusia. Tapi, setiap tindakan pasti ada konsekuensinya. Kamu membunuh, ya siap-siap saja menerima akibatnya. Alam tidak akan membiarkan mu. Karena akalnya, manusia pun tidak membiarkan pembunuhan terjadi begitu saja.

Lahirlah hukum, aturan yang mengatur hubungan antar manusia. Tapi namanya manusia, yang secara lahiriah adalah makhluk paling bebas, hukum dan aturan itu pun disikat, dilanggar, dicari celahnya. Apa tujuannya? Ya untuk mencari kebebasan itu tadi. Menuruti nafsu alamiahnya. Jika nafsu alamiah itu tidak dikendalikan oleh manusia itu sendiri, maka nilai manusia tidak ada bedanya dengan nilai binatang. Tau ya, binatang? Mau apa saja, sah! Anjing membunuh, tidak akan dipenjara. Di sinilah, nilai manusia ditentukan. Semakin bisa menahan nafsu, semakin bisa menggunakan akalnya, maka dia akan semakin "manusia".

Bagaimana tetap menjadi bebas, tetap bisa menyalurkan kebebasan, dan naluriah tadi dengan baik, sehingga nafsu terpenuhi, tapi tidak mengganggu orang lain? Gampang, jangan pernah sakit hati, jangan pernah membenci, jangan merasa sedih. Orang bunuh orang, apa alasannya? Pasti karena jengkel, dan tidak ingin melihat muka orang yang dibenci. Bagaimana kalo rasa benci itu dinihilkan. Apapun perbuatan yang tidak kita sukai dan dilakukan oleh orang lain kepada kita, kita anggap nol. Bahagia kan? Plong kan? Jelas, wong tidak merasa disakiti.

Dibohongi, ya sudah. Anggap kita sedang membahagiakan mereka. Mungkin, cara dia bahagia adalah dengan bohong. Duit kita ilang karena kebohongan itu, ya biar. Toh, kita lahir juga telanjang tidak memakai apa-apa, lalu apanya yang diambil dari kita? Yang diambil itu punyanya Tuhan. Gimana kalo itu kehendak Tuhan, yang mengambil lewat cara itu? Mau protes? Siapa kamu? Cukup dibatin sambil tertawa, dan bilang "Kakek ane, Han Tuhan. Coro ne Njenengan gojekan ki lho kok asik nemen, meneh mbokan, ben aku strong" Itu salah satu contohnya.

Last. Tulisan ini tidak menarik, dan aku cuma berharap, tulisan ini dibaca saja, tidak usah direnungkan terlalu dalam. Bebaskan pikiran mu, jangan jadi bodoh dengan sedih dan air mata. Dan Bernyayilah niscaya kamu akan bahagia.
profile-picture
boegiel memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
jejak dulu emoticon-Cool
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di