alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kemenhub Wacanakan Uji Kir Kendaraan Pribadi
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5922bd08a2c06ed7288b4568/kemenhub-wacanakan-uji-kir-kendaraan-pribadi

Kemenhub Wacanakan Uji Kir Kendaraan Pribadi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan akan mewajibkan uji berkala atau Kir untuk kendaraan pribadi. Uji kir kendaraan pribadi dinilai penting untuk keselamatan berkendara.

"Kendaraan pribadi nantinya diharuskan uji kir, semua angkutan umum dan pribadi yang menggunakan fasilitas publik harus di kir, segera 3-4 bulan ke depan kita akan laksanakan bersamaan," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai peresmian uji kendaraan berkala oleh Agen Pemegang Merek (APM) di Jakarta, Senin mei 2017.

Ia mengungkapkan, saat mudik Lebaran kendaraan pribadi digunakan secara intensif. Selain servis, maka haris ada uji berkala kendaraan. “Kami minta kepada pengendara jangan melihat dari sisi sendiri, tapi kepentingan masyarakat juga dilakukan,” ujar Budi.

Terkait uji kir angkuta umum , Kemenhub berkerjasama dengan Gaikindo untuk menunjuk APM sebagai pihak swasata yang membuka gerai uji kir. Saat ini ada 110 gerai di seluruh Indonesia, dan 43 di anataranya di Jabodetabek.

Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nangoi mengatakan, uji kir untuk meningkatkan keselamatan dan kelayakan berkendara. “Yang namanya APM itu, dia keluarkan 1000 mobil, dia harus bisa servis 1000 mobil juga. Perbedaan dengan pemerintah, swasta selain pengecekan juga ada servis,”kata Yohanes.

Untuk 3 bulan pertama, uji kir di APM swasta dilakukan gratis. Namun, tarif selanjutnya sama dengan balai uji kir pemerintah. “Ya kalau mobilnya tidak bermasalah kita tidak akan servis, paling hanya untuk jasa saja,” kata Yohanes.

http://m.metrotvnews.com/news/news/dN6gnzvb-kemenhub-wacanakan-uji-kir-kendaraan-pribadi



Nah ini baru ane setuju. Jgn cuma KIR buat mobil barang aja buat mempersulit pengusaha.
Tapi ya syarat kelolosannya rasional donk. Baru aja ga lolos gara2 body penyok. KIR itu kan tujuannya utk kelayakan jalan dan keselamatan di jalan.
Kalo body penyok dikit kaga ngaruh kali sama keselamatan di jalan.
Kalo mobil pribadi diKIR juga itu baru masuk akal. Karena mobil pribadi paling banyak mengancam keselamatan di jalan. Enak aja sama2 make jalan sama2 keluar asep, kecelakaan paling banyak, tapi yg dikir mobil brg dan angkot doank. Mentang2 perusahaan2 dan dealer mobil powernya gede.
Diubah oleh kodok.freak
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Bedanya kir ma service berkala apa ?
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di