alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Android General Information and Troubleshooting
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583f0e7ad89b09c51e8b456b/android-general-information-and-troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting


Prologue

Kaskus android lounge yang awalnya dibuat untuk ngobrol2 chit-chat ringan menjadi rumah yang begitu menegangkan dan menyeramkan bagi pendatang dari subforum lain; di mana lounge biasanya adalah tempat ngobrol2 dengan santai. Setelah berdiskusi dengan mod, enthu dan agan; maka sepakat untuk dibuat trit baru. Karena itulah trit ini dibuat untuk pemisahan pembahasan informasi, masalah dan solusi seputar android. Dengan begitu, di kaskus android lounge part 2 nantinya, murni akan digunakan sebagai tempat ngobrol2 santai. Sementara di trit ini, barulah boleh bahas lebih teknis, detil dan segala macam yang tegang2.

Cek Salah Kamar

Sebelum mulai post, cek dulu apakah agan ada salah kamar :
Agan ingin membahas android secara generik, troubleshooting, mencari solusi generik? >>> dimari lah tempatnya, silahkan baca pejwan dan post detail masalah agan ataupun tanyakan informasi yang ingin agan dapatkan

Agan ingin beli HH android baru, komparasi antara 1 HH dengan HH lain? >>> Cari trit komparasi di Subforum android bagian sticky
Agan perlu rekomendasi app/game ataupun request? >>> Trit Games dan Aplikasi di Subforum android bagian sticky
Ada postingan yang nyangkut atau bermasalah? >>> Trit Rules dan laporan hidden post
Perlu informasi Stock ROM, custom ROM, root, modif spesifik? >>> Tanyakan di official/waiting lounge dari HH yang bersangkutan. (pake fitur search)
Ingin curhat, ditinggal pacar, ingin melupakan mantan? >>> Salah kamaremoticon-Salah Kamar , harusnya di subforum Heart to Heart.


Daftar Isi Pejwan
01. Android_____1
___ a. Prologue_____1
___ b. Cek Salah kamar_____1
___ c. Daftar Isi (ini)_____1
02. Reserved for hansip_____2
03. Kumpulan Dokumentasi_____3
04. Android Troubleshooting Process_____6
profile-picture
mustofan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

HH agan model apa, internal ROM berapa, bawaan partisinya berapa GB? Perlu tau dulu kenapa ampe perlu link2sd, tujuan utamanya apa? Bisa jadi akhirnya agan tetap pake link2sd, tapi dengan cara yang berbeda. (meskipun tetap tidak ane sarankan). Atau jadinya pake xposed+internal yang jauh lebih aman dan gampang.
Quote:

1. Kurang lebih gitu. Tapi biasanya sih rom beta/userdebug level tu masih ada bug yang mengganggu, tapi masih bisa ditolerir (mungkin cuma ujicoba fitur baru).
2. Masalahnya itulah yang sering terjadi kan. Herannya sih mayoritas yang pake laptop/komputer jarang ampe kena tipu untuk hapus folder system32 nya. Tapi kalau pengguna android yang sama, lebih cenderung bisa bermasalah dengan system app nya. Mungkin karena memang akses ke "tips & trik" nya lebih banyak dan mudah dibaca di android. Jadinya banyak yang asal eksperimen sendiri. Untuk power user (yang uda ngerti) sih gapapa. Tapi kalau yang baru pake android, bisa gawat tuh.

Ada tu yang selain tasker killer dan clean master yang uda sering kita anggap app terlarang; muncul lagi mitos baru. Katanya biar internal lega, sering2 "clear data" app setelah ditutup. Ada yang ikutin pun saran ini dan datang ke ane, bertanya kok kontaknya hilang2 terus emoticon-Hammer (S) emoticon-Ngakak (S) Ga tau mo ketawa atau sedih, tapi itulah yang terjadi. Ampe ane bilang clear data mah hilang donk datanya. Kalau clear cache masih mendingan, itupun tidak diperlukan setiap hari.

Kalau switching task pake tombol home ga gitu masalah sih. Yang jadi masalah install banyak socmed tu. Ada teman ane yang ane sarankan beli HH yang sama dengan ane, karena sama2 mo pake semar sih. Kira2 dua bulan pake, dia nanya kok lemot nih, boros batere. Setelah dicek, eh ada 10 socmed terinstall (iya, pas 10). Dari WA, BBM, WC, Line, Kakao, twitter, facebook dan entah apa lagi. 2 GB pun ga cukup kalau gitu, minimal 3 atau 4 GB deh baru bisa nyaman kalau socmed nya segitu. Katanya semuanya diperlukan, soalnya teman2 dia pake app yang berbeda2, jadi harus install semuanya. emoticon-Hammer (S) Nasib mu nak kalau begitu emoticon-Ngakak (S)

Ada juga case lain yang lebih parah lemotnya. Bukan cuma sekedar switching app agak lambat aja. Tapi benar2 pas scrolling aja lag, kayak pake HH jaman 2012 aja emoticon-Hammer (S) Padahal siomay retri lo (yang SD616). Minimal ga mungkin lebih lag daripada HH SD415 ane. Setelah dicek, ada mungkin 10 lebih app toko online, dari yang namanya ane tau ampe yang ga pernah dengar. Padahal kalau bisa buka toko onlinenya via browser, ngapain install mobile app nya. Jadi bikin berat ja, kecuali memang jualan (dianya ga jualan, cuma ngejar diskon). Setelah uninstall beberapa yang agak jarang pake, baru deh scroll lag nya berkurang. Tapi ya selama masih pake banyak app ga guna, ya tetap gitu.

Ini semua terjadi tanpa root lo. Kalau uda root, ane uda angkat tangan deh emoticon-Ngacir Entah apa yang bisa dimasukkan ke HH nya. Makanya tetap ada general user yang meskipun ga oprek2 HH nya, tapi tetap lebih milih beli HH flagship kalau memang budget mereka ada. Setidaknya meskipun diabuse seperti di atas pun, paling cuma boros batere aja, jarang banget ampe bisa lemot parah. Tu yang mereka bayar sih, user experience nya HH flagship.

Persentase root uda makin menurun sejak Lollipop ke atas. Uda banyak modif yang perlu root sebelumnya, sekarang uda ga perlu lagi. Ga pernah ada yang buat survey yang benar2 scientific. Tapi kalau ane boleh tebak kasar, nampaknya sekarang uda berkurang di bawah 5%. Dulu dari misalnya ada 20 orang di kantor, hanya ane aja yang root. Berarti 5% doank kan? Di kantor sebelah setau ane juga da sekitar 20 an orang, dan hanya ada 1 yang root waktu tu. Sekarang sih ganti HH baru, dia tu da ga root. Teman2 ane yang dulunya root, sekarang juga uda ngak lagi. Dengan jumlah android yang bertambah sangat banyak sekarang ini, mungkin persentase nya uda di bawah 1%, bahkan mungkin cuma 0,5%. Artinya dari 100 device, baru 1 aja yang root.

3. Androwan memang spek pas2an sih. Makanya meskipun ada janji update OS, tetap aja kurang gitu. Sampai sekarang belum ada nih. Di eMMC nya sendiri juga harus ditanam controller untuk ngitungnya, seperti SSD di harddisk. Baru deh ada app yang bisa baca. Sejauh ini, ane belum ketemu ada support seperti tu. Semuanya di HH tu serba minimalis, jadi kalau memang ga gitu penting, biasanya ga akan diimplementasikan. Toh setelah tahu r/w nya, sama aja kita ga bisa buat apa2.
4. Project ARA, uda tewas gan. Dari awal memang konsepnya bagus, tapi terlalu indah. Ane pernah post di lounge sebelah sih, bahwa untuk ukuran sekecil HH, paling susah tu di kompatibilitas. Belum lagi portnya untuk konek satu sama lain. Setelah konek pun, nanti masalah OS androidnya lagi. gimana cara gabungin kernelnya yang berbeda2 vendornya. Susah banget direalisasikan.
Quote:

Agan uda root sekarang? Perhitungan passwordnya uda susah banget di ROM terbaru. Perlu bypass dengan cara lain.
Quote:

Harusnya sih gitu. Tapi ada beberapa SC tertentu, bahkan mungkin galeri semar yang lain bisa aja ada kebijakan maksimal klaim berapa kali gitu. Secara bisnis, ya memang ga salah sih. Kalau kita yang di sisi mereka, kan bisa aja berpikir ini HH dikokang kali ma konsumennya atau memang sengaja cari masalah gitu. Maksudnya kan ga mungkin rusak di tempat yang sama berkali2 dalam waktu yang termasuk singkat. Tapi kalau memang namanya penyakit bawaan dari pabrik, tu yang memang susah dah untuk diperbaiki. Makanya mending dapat unit lain, yang ga ada penyakit bawaannya.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di