alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Android General Information and Troubleshooting
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583f0e7ad89b09c51e8b456b/android-general-information-and-troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting


Prologue

Kaskus android lounge yang awalnya dibuat untuk ngobrol2 chit-chat ringan menjadi rumah yang begitu menegangkan dan menyeramkan bagi pendatang dari subforum lain; di mana lounge biasanya adalah tempat ngobrol2 dengan santai. Setelah berdiskusi dengan mod, enthu dan agan; maka sepakat untuk dibuat trit baru. Karena itulah trit ini dibuat untuk pemisahan pembahasan informasi, masalah dan solusi seputar android. Dengan begitu, di kaskus android lounge part 2 nantinya, murni akan digunakan sebagai tempat ngobrol2 santai. Sementara di trit ini, barulah boleh bahas lebih teknis, detil dan segala macam yang tegang2.

Cek Salah Kamar

Sebelum mulai post, cek dulu apakah agan ada salah kamar :
Agan ingin membahas android secara generik, troubleshooting, mencari solusi generik? >>> dimari lah tempatnya, silahkan baca pejwan dan post detail masalah agan ataupun tanyakan informasi yang ingin agan dapatkan

Agan ingin beli HH android baru, komparasi antara 1 HH dengan HH lain? >>> Cari trit komparasi di Subforum android bagian sticky
Agan perlu rekomendasi app/game ataupun request? >>> Trit Games dan Aplikasi di Subforum android bagian sticky
Ada postingan yang nyangkut atau bermasalah? >>> Trit Rules dan laporan hidden post
Perlu informasi Stock ROM, custom ROM, root, modif spesifik? >>> Tanyakan di official/waiting lounge dari HH yang bersangkutan. (pake fitur search)
Ingin curhat, ditinggal pacar, ingin melupakan mantan? >>> Salah kamaremoticon-Salah Kamar , harusnya di subforum Heart to Heart.


Daftar Isi Pejwan
01. Android_____1
___ a. Prologue_____1
___ b. Cek Salah kamar_____1
___ c. Daftar Isi (ini)_____1
02. Reserved for hansip_____2
03. Kumpulan Dokumentasi_____3
04. Android Troubleshooting Process_____6
profile-picture
mustofan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Ampe kapanpun ga akan. Google design android dari awal uda disandbox. Mo akses root dari bawaan hanya pas HH nya di mode engineering (fase testing ROM awal). Ini ga pernah muncul ke publik, karena bug nya masih banyak. Kalaupun akhirnya muncul sebagai beta, tu palingan level userdebug, mirip kayak power user di windows. Root biasanya uda ga ada, tapi bisa baca log dan simpan untuk dikirim ke developer rom nya. Tujuan nya lebih ke bug report atau beta testing gitu. Level terakhir yang masuk ke pasaran adalah user biasa, ROM uda cenderung stabil, minim bug dan uda pasti ga ada akses root sama sekali (kecuali root sendiri).

Level root tu kayak level admin di windows. Mereka bisa sembarangan delete folder system32 (yang sering dibuat candaan kan emoticon-Ngakak (S)). Baru ntar terkejut kok windows nya ga bisa booting.emoticon-Hammer (S) Google mo meminimalisir itu, makanya semua system app di android tidak bisa diuninstall (meskipun sejak ICS, ada beberapa yang bisa di disable), folder data nya ga bisa diakses; atau lebih pas nya akses root nya dihilangkan.

Sedangkan tanpa root, masih banyak user yang bisa bikin HH nya lemot setengah mati dengan install banyak app tidak berguna. Apalagi kalau dikasih akses root dari awal, entah berapa folder "system32" yang akan dihapus mereka. Jadi ini juga untuk melindungi terhadap ketidaktahuan user pada umumnya. Ane ga bisa membayangkan gimana seandainya kalau dari awal akses root uda dibuka ke semua HH yang ada. Mungkin tiap hari kerjanya hanya troubleshooting app yang mereka sembarang uninstall aja uda pusing 49 keliling.

Root juga nantinya ada isu dengan security, kalau ternyata user yang root tidak mengerti. Tanpa root aja, kadang beberapa app uda nampilin iklan menjengkelkan. Dengan root, tapi ga selektif milih app nya, malah ngundang malware masuk buat pesta di dalam HH. Sandboxing yang dibuat dari awal untuk security jadinya juga tidak berfungsi. Jadi tetap bagusan pilihan root atau tidak, balik ke user nya sendiri. Apalagi sejak OS android terbaru, plus life cycle HH sekarang yang begitu cepat; jumlah user yang akhirnya root juga sudah semakin berkurang.

Ane liat kayaknya google uda agak kapok soal HH mid-low gitu. Komponen nya ga tahan lama, terutama di eMMC tentunya. Mo hemat cost, pasti banyak sunat grade komponennya. Boro2 bisa tahan ampe 2 tahun, ampe bisa update OS 2 tingkat; mungkin sebelum tu uda rusak duluan emoticon-Hammer (S)

OS aneh2 yang bisa masuk ke HH android-based akan sangat minim supportnya. Karena kebanyakan bentrok di kernel bawaan vendor, yang sudah dirancang khusus untuk android OS tertentu. Ane sih agak pesismis kalau liat OS seperti itu. HH ane support pun, ga akan ane install. Karena ya buat apa? Toh ga semua orang butuh, palingan yang komunitas developer doank.
Quote:

Agan rencana mo buka sendiri? Ane sarankan sih jangan daripada memperparah kondisi. Kecuali agan bisa ketemu video cara buka HH nya, dan tutornya detail. Ada banyak sekrup kecil yang perlu diperhatikan, dan kadang ada yang polanya beda sendiri; belum tentu semua obeng kecil standard bisa buka.

Lagian ampe sekarang kita sebenarnya belum tau pasti tu rusak persisnya di mana. Ga ada alat untuk ngetes nya. IC power tu hanya asumsi, bisa jadi masalahnya di tempat lain. Makanya tetap bagusan dibawa ke beberapa teknisi ja, biar lebih pasti kemungkinan masalahnya.
Quote:

Agan pake link2sd ya? Kalaupun pake tu, seharusnya install tetap berhasil, karena link hanya terjadi pasca install, bukan pada saat install. Tapi gimanapun juga, tetap hindarin deh pake link2sd. Kalaupun memang butuh internal virtual sdcard lega, solusi lebih tepatnya Xposed + XinternalSD.
Quote:

Coba sambil dicas. Ini stuck nya di erasing? Karena ada beberapa HH mungkin juga bisa kena lama. Padahal harusnya ga ampe 10 menit. Coba ditungguin lagi deh. Kalau 4 jam ga bisa juga, coba matiin aja lewat cara tahan power 10 detik.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di