alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Android General Information and Troubleshooting
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583f0e7ad89b09c51e8b456b/android-general-information-and-troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting


Prologue

Kaskus android lounge yang awalnya dibuat untuk ngobrol2 chit-chat ringan menjadi rumah yang begitu menegangkan dan menyeramkan bagi pendatang dari subforum lain; di mana lounge biasanya adalah tempat ngobrol2 dengan santai. Setelah berdiskusi dengan mod, enthu dan agan; maka sepakat untuk dibuat trit baru. Karena itulah trit ini dibuat untuk pemisahan pembahasan informasi, masalah dan solusi seputar android. Dengan begitu, di kaskus android lounge part 2 nantinya, murni akan digunakan sebagai tempat ngobrol2 santai. Sementara di trit ini, barulah boleh bahas lebih teknis, detil dan segala macam yang tegang2.

Cek Salah Kamar

Sebelum mulai post, cek dulu apakah agan ada salah kamar :
Agan ingin membahas android secara generik, troubleshooting, mencari solusi generik? >>> dimari lah tempatnya, silahkan baca pejwan dan post detail masalah agan ataupun tanyakan informasi yang ingin agan dapatkan

Agan ingin beli HH android baru, komparasi antara 1 HH dengan HH lain? >>> Cari trit komparasi di Subforum android bagian sticky
Agan perlu rekomendasi app/game ataupun request? >>> Trit Games dan Aplikasi di Subforum android bagian sticky
Ada postingan yang nyangkut atau bermasalah? >>> Trit Rules dan laporan hidden post
Perlu informasi Stock ROM, custom ROM, root, modif spesifik? >>> Tanyakan di official/waiting lounge dari HH yang bersangkutan. (pake fitur search)
Ingin curhat, ditinggal pacar, ingin melupakan mantan? >>> Salah kamaremoticon-Salah Kamar , harusnya di subforum Heart to Heart.


Daftar Isi Pejwan
01. Android_____1
___ a. Prologue_____1
___ b. Cek Salah kamar_____1
___ c. Daftar Isi (ini)_____1
02. Reserved for hansip_____2
03. Kumpulan Dokumentasi_____3
04. Android Troubleshooting Process_____6
profile-picture
mustofan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

2. Kebangetan kalau bertahun2 ga update, lagi tinggal di goa kali emoticon-Ngakak (S)
3. Ga juga, siomay sering update UI nya (MIUI nya) tapi belum tentu update versi OS android. Misalnya MIUI nya naik dari 8.0.1.0 ke 8.1.4.0 (versi ROM) tapi versi androidnya tetap MM 6.0. Yang paling cepat tetap HH flagship dari vendor ternama, seperti samsul, elji, sonice, keluarga nexus dan pixel (dari google). Tapi ingat, tu cuma untuk flagship nya, yang anak bawangnya syukur2 deh kalau ada update dan tidak ngebug.
4. Untuk HH mid class, 2-3 tahun uda cukup hebat. Untuk flagship bisa 3-5 tahun. Ga ngegame pun tetap aja komponennya ada umurnya.

5. Ini ane ga pernah teliti secara ilmiah. Tapi kalau bicara dari pengalaman, mungkin ini sekedar listnya.
a. Kabel charger : Kalau user nya kasar, 1-2 tahun uda putus tu. Baru komplain charging lambat atau ga naik2.
b. Headset : kalau sering dipakai, 1-2 tahun putus tu, biasanya dari satu sisi dulu
c. Port Micro usb, audio jack, volume button, power button : Khusus HH low end (1 juta ke bawah), 1-2 tahun uda rusak tu. Agan tau sendiri low class pasti sunat banyak komponennya supaya bisa murah. Biasanya tombolnya dan portnya tu ga tahan lama. Mid class 1,5 juta ke atas jarang kena yang ini.
d. Batere : Kalau sering full cycle, dari 100% ampe mendekatin 0% baru dicas; 2-3 tahun pasti ganti. Max v ane dulu sering2 dicas, uda 2 tahun lebih, kemarin sempat tes full cycle masih bisa tahan pake 1,5 hari.
e. eMMC : Nah ini uda mulai mewabah. eMMC ini Internal ROM nya HH, ibarat harddisknya. Biasanya MTBF eMMC (liat pejwan) sekarang cuma max 3 tahun untuk HH mid, dan bisa ampe 5 tahun untuk flagship. Kalau uda rusak ini, biasanya dibilang counter HP nya mesti ganti board (padahal cuma eMMC ini). Harganya ga tanggung2 kalau yang resmi; mending beli baru sekalian. Max v ane rusak di eMMC juga, minimal 400 ribu untuk ganti (1,2 juta yang resmi). HH secondnya dijual 400 ribu pun entah ada yang mo beli emoticon-Hammer (S) Boro2 diperbaiki
f. Modem, IC power, radio chipset lainnya : 2-5 tahun, lebih tergantung pola pemakaian. Kalau sering paksa sinyal lemah, panas2an digas terus aja; modem seluler nya cepat aus; bisa merembes ke wifi, bluetooth dan gps juga. HH sering panas, IC power nya bisa overheat.
g. Komponen2 lain seperti camera, speaker, touchscreen, sensor2 (magnet, accelerometer, proximity), CPU, GPU, RAM sejenisnya jarang banget rusak. Biasanya rusak di daftar di atas dulu, agan uda keburu ganti HH baru.

Ini tentunya mempertimbangkan agan pake HH secara normal dan dirawat. Kalau sering jatuh, mandi hujan, kecebur dan berenang, sering dijemur di bawah matahari (dashboard mobil ataupun outdoor); ya pasti lebih cepat rusak. Yang seperti itu biasanya rusak di layar dulu (yang paling rentan), baik touchscreen maupun LCD nya. Sering kebentur juga bisa bikin rusak di modem, speaker, mic ataupun tombol2 fisik nya.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di