alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Android General Information and Troubleshooting
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583f0e7ad89b09c51e8b456b/android-general-information-and-troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting


Prologue

Kaskus android lounge yang awalnya dibuat untuk ngobrol2 chit-chat ringan menjadi rumah yang begitu menegangkan dan menyeramkan bagi pendatang dari subforum lain; di mana lounge biasanya adalah tempat ngobrol2 dengan santai. Setelah berdiskusi dengan mod, enthu dan agan; maka sepakat untuk dibuat trit baru. Karena itulah trit ini dibuat untuk pemisahan pembahasan informasi, masalah dan solusi seputar android. Dengan begitu, di kaskus android lounge part 2 nantinya, murni akan digunakan sebagai tempat ngobrol2 santai. Sementara di trit ini, barulah boleh bahas lebih teknis, detil dan segala macam yang tegang2.

Cek Salah Kamar

Sebelum mulai post, cek dulu apakah agan ada salah kamar :
Agan ingin membahas android secara generik, troubleshooting, mencari solusi generik? >>> dimari lah tempatnya, silahkan baca pejwan dan post detail masalah agan ataupun tanyakan informasi yang ingin agan dapatkan

Agan ingin beli HH android baru, komparasi antara 1 HH dengan HH lain? >>> Cari trit komparasi di Subforum android bagian sticky
Agan perlu rekomendasi app/game ataupun request? >>> Trit Games dan Aplikasi di Subforum android bagian sticky
Ada postingan yang nyangkut atau bermasalah? >>> Trit Rules dan laporan hidden post
Perlu informasi Stock ROM, custom ROM, root, modif spesifik? >>> Tanyakan di official/waiting lounge dari HH yang bersangkutan. (pake fitur search)
Ingin curhat, ditinggal pacar, ingin melupakan mantan? >>> Salah kamaremoticon-Salah Kamar , harusnya di subforum Heart to Heart.


Daftar Isi Pejwan
01. Android_____1
___ a. Prologue_____1
___ b. Cek Salah kamar_____1
___ c. Daftar Isi (ini)_____1
02. Reserved for hansip_____2
03. Kumpulan Dokumentasi_____3
04. Android Troubleshooting Process_____6
profile-picture
mustofan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Yup, secara logika, mo seberapa buruk RAM management, 4 GB tetap lebih baik dibanding 2 GB; dengan catatan semua variable lain sama. Misalnya HH sama dari vendor sama, cuma beda di RAM. Yang lebih gede RAM nya pasti lebih lancar, lebih stabil multitaskingnya.

1. Memang didesain seperti itu. Tu pake metode cache. RAM tu sebisa mungkin terisi penuh, karena RAM kosong sama aja pemakaian power nya dibanding RAM berisi. Malah lebih penuh lebih bagus. Karena semakin banyak app tercache di RAM, CPU jadi ga perlu read ulang dari storage yang lebih lambat (eMMC), yang pasti makan daya tambahan dan CPU cycle. Tapi kalau RAM tidak mencukupi (OoM), maka ada beberapa cache app akan dikill dan dihapus, diganti dengan app yang aktif.

Kalau RAM 1 GB, misalnya user app tercache cuma 2. Pas RAM 2 GB, OS akan makan 1 GB (juga ada cache system app) dan user app tercache bisa ampe 4. System app tercache tu misalnya pas agan buka settings, kalau RAM agan mencukupi, buka kedua kalinya akan lebih cepat karena sudah tercache. Ini semua diatur android nya sendiri (dan setting OoM dari vendor tentunya). Agan mo nyoba tanpa cache RAM ini, gampang ja. Buka developer option dan limit background process nya jadi no. Rasakan sendiri pas multitasking akan terasa stutter.

2. Tergantung update nya apa. Kalau ada perubahan besar, nambah fitur banyak atau bug fix, ya update ja. General rule, update ja app nya terus. Tapi khusus beberapa, mungkin update nya jadi ngebug atau fiturnya jadi ga friendly; ya agan bisa tahan jangan update lo. Soal berat2 seharusnya uda ga masalah di 2017 ini. Keluar duit 1,5 juta, agan uda dapat HH dengan ROM minimal 16 GB.

3. Siomay punya tim sendiri untuk ngurus porting ROM ini. Ane ga tau sih cara kerja mereka, mirip2 google gitu juga. Tapi mereka cenderung lebih aggresif, sering keluar update baru. Mungkin dari awal uda setup benar, uda ada sistem kerja porting yang unified. Jadi cuma satu tim inti yang kembangkan fitur baru. Lalu ada auto porting ke semua jenis HH mereka yang berbeda2. Liat HH mereka kan cenderung seragam gitu; fitur nya ga beda2 jauh; cuma beda di spek SoC, ukuran ROM/RAM dan minor lainnya. Jadi lebih gampang mungkin portingnya.

Ini bisa bagus, bisa juga jelek untuk end user. Ane termasuk lebih suka yang stabil ga update2 terus kecuali ada major update. Teman2 ane yang kadang dapat update pun, ane sarankan untuk ga usah update ja kalau ga ada masalah di ROM sekarang.
Quote:

Agan pake kartu apa? Coba tes facebook apa lemot juga gak. Yang kek gini biasanya masalah provider nya. Semar kalau loading video facebook juga lemot; tapi kalau ane cari video yang sama di youtube; no bapering.
Diubah oleh Desmanto
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di