alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
kuliah jurusan musik? ini dia beberapa pekerjaan yang cocok untuk kalian!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58a1683496bde66e608b4578/kuliah-jurusan-musik-ini-dia-beberapa-pekerjaan-yang-cocok-untuk-kalian

kuliah jurusan musik? ini dia beberapa pekerjaan yang cocok untuk kalian!




bagi beberapa orang memilih jurusan musik adalah hal yang sia-sia. dan kata mereka "wah nanti kamu pasti susah cari kerja." atau "wah mau jadi apa kamu?"
perlu kalian ketahui bahwasannya musik akan sangat di butuhkan dimana pun. untuk kalian yang kuliah di jurusan musik dan ingin bekerja sesuai dengan passion anda, silahkan simak!
ini lah macam-macam pekerjaan yg bisa agan jalani :

Spoiler for PENGAJAR MUSIK:
1. PENGAJAR MUSIK


ini adalah salah satu jenis pekerjaan bagi pemusik yang senang berbagi ilmu. ada beberapa fakultas musik yang memang arahnya untuk pendidikan, ada pula yang seni musik murni yg minim pelajaran tentang cara mendidik, tapi itu tidak masalah, siapa saja bisa berbagi ilmu.
Nah..dalam bagian pengajar musik ini masih bisa di bagi-bagi lagi jenis nya. yaitu :
A. GURU PRIVATE
menjadi guru private cocok untuk kalian ingin berkerja secara part time, agan bisa sambil mengerjakan hal lain juga seperti misal kalian seorang anak band atau seorang composer, kalian tetap bisa melakukan nya dengan membagi waktu secara tetap! ini cocok untuk kalian yg tidak suka dengan hal yg terikat dengan sebuaj instansi tertentu. dan hasilnya juga bagus.

B. PELATIH MARCHINGBAND/DRUMBAND

untuk pekerjaan ini biasanya anak-anak drum nih, mereka bisa melatih sembari belajar menaransemen lagu dan tentunya mengisi dompet kalian.

C. GURU
yang ini biasanya berangkat dari akademisi musik pendidikan guys, tp ga menutup kemungkinan untuk yg seni murni untuk jadi guru di sekolah juga.

D. DOSEN
menjadi seorang dosen ya susah susah gampang gan, paling tidak untuk mengajar kalian harus lulus S2 dulu.

E. PELATIH PADUAN SUARA

Spoiler for COMPOSER/ARRANGER/DIRECTOR MUSIK:



Nah... pekerjaan ini cocok untuk kalian yang emang suka bikin atau aransemen lagu nih. saya membagi menjadi beberapa sub judil yaitu :

A. COMPOSER FREELANCE
namanya aja freelance, jadi kalian bisa lebih free ga terikat gt lah. ada beberapa web yg memang menyediakan pekerjaan freelance musik seperti [url=http://www.audiojungle.com,]www.audiojungle.com,[/url] www.freelance.com dll. sembari menjadi pengajar kalian juga bisa cari pekerjaan ini kan?

B.COMPOSER AUDIO POST TV
untuk kalian yang ingin mencari kepastian soal gaji nih, tiap bulan jelas brp masuk nya, dan bisa dijadikan pekerjaan fulltime mungkin ini pilihan yg cocok. benberapa stasiun TV juga buka lowongan kok tiap tahun, tapi untuk untuk pekerjaan ini kalian bakal sulit ambil yg namanya cuti, bahkam mungkin tanggal merah pun bablas terus.jadi silahkan pilih sendiri, ada harga yang harus di bayar hehehe

CONDUCTOR

yang ini cukup sulit tapi bukan tidak mungkin kita bisa kalo kita usaha!
yang pertama kita harus punya team pemusiknya, lalu kita harus rajin membuat konser. meningkatkan kualitas dan terus berkarya adalah yg penting.

DIRECTOR MUSIK
DIRECTOR musik bisa masuk dalam team audio post dimana pekerjaan mereka kasaranya menyarankan lagu apa yang bagus di pakai untuk sebuah acara. atau juga director musik yang di percaya untuk sebuah band atau performer lain yang bertugas menyarakan atau mengarahkan musik seorang artist.

AUDIO DEVELOPER
masuk dalam bagian audio developer berarti kalian bukan hanya melihat komposisi lagu kalian namun juga bertanggung jawab pada voice over, dll. bagian ini biasanya ada di production house atau perusahaan game. dan game di indonesia butuh komposer hebat seperti kalian untuk menambahkan emosi pada project mereka.

PENGUSAHA MUSIK


menjadi pengusaha? kenapa tidak?
berdagang hal yg merupakan passion kita pasti akan menyengkan dan tentu kita pasti paham betul tentang seluk beluk nya.

STUDIO BAND
dengan membuka studio band memang membutuhkan modal yg banyak, namun dalam waktu singkat modal yang kita gelontorkan bisa berlipat ganda, tentunya dengan strategi marketing yang baik dan maintenance yg rutin agar pengunjung "nagih" latihan di studio kita.

PENJUAL ALAT MUSIK
jangan salah guys, profesi ini cocok untuk kalian yang memang mengerti tentang musik. ingat bahwa kita pasti paham betul tentang seluk beluk nya alat musik.

PERSEWAAN ALAT MUSIK
sebagai seorang performer atau mantan performer kalian pasti tau kn gmn enaknya perform? jadi sediakan alat yang terbaik untuk klien mu nanti.



akustika musik
sebenarnya ini masuk ranah sains, arsitektur, atau elektronika. namin sebagian faklutas musik mendapat mata kuliah ini. pergunakan ilmu ini untuk membuat studio band, ruang resital, atau gedung musik yg baik akustika nya ya guys!

Spoiler for AUDIO MAN/SOUND ENGINEER :



menjadi soundman audio man atau sound engineer juga sangaat di butuhkan guys.
contohnya :

A. BROADCAST AUDIO MAN
audioman yg ini bekerja di balik layar televisimu. mereka yang mengatur sound yang akan keluar pada acara di tv. seperti indonesian idol, konser dll.
ini bisa jadi pilihanmu!

B.SOUND ENGINEER
sama sih guys cuma mereka mungkin tidak mengatur sound yang keluar yang akan disiarkan di tv. biasanya untuk acara off air. tp sama aja sih untuk yg broadcast tp juga namanya juga sound engineerkan. beda di on air dan offair aja.

Spoiler for PERFORMER/PENYAJI:


menjadi penyaji adalah hal favorit para pemusik yg ingin hidup dari hasil "ngamen".

A. PERFOMER CAFE
dengan kontrak seminggu sekali perform dari satu cafe mungkin itu sudah bisa isi dompetmu, makanya jgn cuma satu cafe saja. atur waktu dan dapatkan uang lebih!

PERFORMER ORCHESTRA

YA, ini cukup menjajikan. apalagi kalo udahnyantol di twilight, orkesnya om erwin gutawa, om adie ms dll.

BAND/PENYAJI/ARTIST
Profesi ini saya rasa adalah impian semua pemusik. menjadi terkenal dan publik figure. pun tidak sedikit artis musik yang merasa lelah jadi artist. yah tergangtung masing2 pilihan ya hehehe




KESIMPULAN
kesimpulan nya adalah jangan takut mengambil study musik bila itu memang adalah passionmu karena sama sama kita tahu bahwa pekerjaan untuk disiplin ilmu mu nanti bisa berguna dimana saja. sebab seberat apapun pekerjaannya bila dijalani dengan sepenuh hati akan terasa ringan. hidup adalah tentang memilih. tentukan tujuanmu saat ini juga dan bertanggung jawablah pada pilihanmu.

indahnya berbagi emoticon-Toastemoticon-Toast
ane juga kerja di bidang musik gan, tepatnya ngerapihin kabel yg kusut emoticon-Ngakak
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di