alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Android General Information and Troubleshooting
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583f0e7ad89b09c51e8b456b/android-general-information-and-troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting


Prologue

Kaskus android lounge yang awalnya dibuat untuk ngobrol2 chit-chat ringan menjadi rumah yang begitu menegangkan dan menyeramkan bagi pendatang dari subforum lain; di mana lounge biasanya adalah tempat ngobrol2 dengan santai. Setelah berdiskusi dengan mod, enthu dan agan; maka sepakat untuk dibuat trit baru. Karena itulah trit ini dibuat untuk pemisahan pembahasan informasi, masalah dan solusi seputar android. Dengan begitu, di kaskus android lounge part 2 nantinya, murni akan digunakan sebagai tempat ngobrol2 santai. Sementara di trit ini, barulah boleh bahas lebih teknis, detil dan segala macam yang tegang2.

Cek Salah Kamar

Sebelum mulai post, cek dulu apakah agan ada salah kamar :
Agan ingin membahas android secara generik, troubleshooting, mencari solusi generik? >>> dimari lah tempatnya, silahkan baca pejwan dan post detail masalah agan ataupun tanyakan informasi yang ingin agan dapatkan

Agan ingin beli HH android baru, komparasi antara 1 HH dengan HH lain? >>> Cari trit komparasi di Subforum android bagian sticky
Agan perlu rekomendasi app/game ataupun request? >>> Trit Games dan Aplikasi di Subforum android bagian sticky
Ada postingan yang nyangkut atau bermasalah? >>> Trit Rules dan laporan hidden post
Perlu informasi Stock ROM, custom ROM, root, modif spesifik? >>> Tanyakan di official/waiting lounge dari HH yang bersangkutan. (pake fitur search)
Ingin curhat, ditinggal pacar, ingin melupakan mantan? >>> Salah kamaremoticon-Salah Kamar , harusnya di subforum Heart to Heart.


Daftar Isi Pejwan
01. Android_____1
___ a. Prologue_____1
___ b. Cek Salah kamar_____1
___ c. Daftar Isi (ini)_____1
02. Reserved for hansip_____2
03. Kumpulan Dokumentasi_____3
04. Android Troubleshooting Process_____6
profile-picture
mustofan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Spek bukan selevel, tapi uda di atas nya. Uda 3 tahun sih. Ntar agan juga merasakan bedanya pake HH baru dengan OS baru. Tetap lebih worth beli baru.

Mayoritas yang uda kena gitu memang perlu ganti LCD. Tapi agan bisa tes dulu coba pake baterenya ampe habis. Lalu cabut semua batere, simcard, microsd; diamin 1/2 jam. Pasang balik, cas ampe penuh dengan charger dan kabel ori (dari HH lain juga ga masalah). Tes lagi apakah bisa. Agak pesimis sih, tapi daripada tidak mencoba.
Quote:

Rapor nya mo merah juga kagak guna. Ga mungkin vendor bisa support semua device mereka secepat google rilis android nya. Setiap testing update OS baru tu memerlukan waktu beberapa bulan sebelum bisa nyampe di tangan user. Kalau keburu2, ya seperti yang samsul a series, jumlah yang komplain bootlove/sering auto restart setelah update ke MM tu termasuk banyak. Selain testing lama, biaya juga lumayan besar, belum lagi ada namanya segmentasi market dan cost planning. Tentunya vendor mengutamakan untuk mengupdate flagship dibanding entry level mereka; karena tu margin paling besar dan biayanya bisa nutup cost development.

Jangan terlalu percaya statistik, terutama kalau ada bias di variabel nya. Adopsi OS baru android sudah pasti akan melambat; kecuali pertumbuhan jumlah penjualan android selalu di atas 100% tiap tahunnya (hampir ga mungkin). Waktu di jaman2 masih ICS, jumlah total android tu belum sebanyak sekarang. Tiap tahun jumlah android terjual selalu meningkat (mungkin sekitar 10%) dan total android yang beredar juga semakin banyak. Tapi persentase android baru dibanding total jumlah android akan semakin menurun, karena jumlah total android sudah cukup banyak. Jadi 1% dari distribusi yang agan liat di jaman ICS tu mungkin adalah 10 juta HH. Tapi 1% sekarang mungkin uda 30 juta HH. Artinya kalau asumsi nougat ada 1% (sekarang di 0,7%); tu sebenarnya 3 kali lipat adopsi nya ICS di jamannya. Tapi angkanya tersamarkan oleh persentase terhadap keseluruhan android; sehingga kelihatan kok kayak melambat.

Kalau ane sih lebih milih OS yang stabil dibanding harus OS yang terbaru. Memang ada fitur baru, tapi seberapa pentingkah fitur baru tu ampe agan rela mengorbankan kestabilan dan kompatibilitas app? Ane sendiri masih pake LP 5.1; untuk sekarang kalaupun ganti HH, ane akan cari max MM 6.0 ja (1 versi di bawah OS terbaru, 7.0 dan 7.1 dianggap satu versi). Karena masih ada beberapa app yang ga kompatible di nougat, seperti Xposed (belum sepenuhnya stabil).

Siklus ganti HH untuk sekarang ini uda makin cepat. Mayoritas dalam 2 tahun pasti uda ganti. Jadi bagusan pas memang uda waktunya ganti, agan pilih HH yang uda pake OS terbaru atau setidaknya satu versi di bawah yang terbaru, yang paling pas di kantong. Makanya ane cenderung ga mo beli flagship. Kalau ada budget 9 juta untuk beli flagship sekarang, mendingan ane split jadi 3 juta pertahun, setiap tahun ganti HH 3 juta ja. Di tahun ketiga, ane uda punya 3 HH, 1 jadul, 1 kudet, 1 yang pake OS terbaru.
Quote:

Tanya dimari aja ya kalau memang menyangkut teknis.
Quote:

HH agan apa? Browser apa yang ga bisa inetan. Bisa jadi ada firewall/permission internet yang harus dienable dulu untuk app tersebut. Cek di bagian security atau permission monitor.
Diubah oleh Desmanto
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di