alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Android General Information and Troubleshooting
4.91 stars - based on 11 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/583f0e7ad89b09c51e8b456b/android-general-information-and-troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting

Android General Information and Troubleshooting


Prologue

Kaskus android lounge yang awalnya dibuat untuk ngobrol2 chit-chat ringan menjadi rumah yang begitu menegangkan dan menyeramkan bagi pendatang dari subforum lain; di mana lounge biasanya adalah tempat ngobrol2 dengan santai. Setelah berdiskusi dengan mod, enthu dan agan; maka sepakat untuk dibuat trit baru. Karena itulah trit ini dibuat untuk pemisahan pembahasan informasi, masalah dan solusi seputar android. Dengan begitu, di kaskus android lounge part 2 nantinya, murni akan digunakan sebagai tempat ngobrol2 santai. Sementara di trit ini, barulah boleh bahas lebih teknis, detil dan segala macam yang tegang2.

Cek Salah Kamar

Sebelum mulai post, cek dulu apakah agan ada salah kamar :
Agan ingin membahas android secara generik, troubleshooting, mencari solusi generik? >>> dimari lah tempatnya, silahkan baca pejwan dan post detail masalah agan ataupun tanyakan informasi yang ingin agan dapatkan

Agan ingin beli HH android baru, komparasi antara 1 HH dengan HH lain? >>> Cari trit komparasi di Subforum android bagian sticky
Agan perlu rekomendasi app/game ataupun request? >>> Trit Games dan Aplikasi di Subforum android bagian sticky
Ada postingan yang nyangkut atau bermasalah? >>> Trit Rules dan laporan hidden post
Perlu informasi Stock ROM, custom ROM, root, modif spesifik? >>> Tanyakan di official/waiting lounge dari HH yang bersangkutan. (pake fitur search)
Ingin curhat, ditinggal pacar, ingin melupakan mantan? >>> Salah kamaremoticon-Salah Kamar , harusnya di subforum Heart to Heart.


Daftar Isi Pejwan
01. Android_____1
___ a. Prologue_____1
___ b. Cek Salah kamar_____1
___ c. Daftar Isi (ini)_____1
02. Reserved for hansip_____2
03. Kumpulan Dokumentasi_____3
04. Android Troubleshooting Process_____6
profile-picture
mustofan memberi reputasi
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

Flashing ulang HH Feverc*ss yang kena malware

Prologue
Melanjutkan cerita dari 5 bulan lalu, di mana Feverc*ss Winner T Ultra teman kantor ane kena malware, kemungkinan besar karena prompt install app dari feverstore bawaan nya. Solusi nya sebenarnya wajib flash ke stock ROM. Waktu itu, dia belum berani ambil resiko. Jadi cuma disable semua virusnya doank.

Kambuh
Sekitar 2 minggu lalu, entah gimana kambuh sendiri. Tiba2 download dan install lagi beberapa virus di system app yang uda ane disable. Ada notif download rame banget, iklan ga jelas, force stop sana/sini. HH nya jadi lemot abis, padahal RAM 2 GB lo. Akhirnya ane masuk safe mode dan disable ulang lagi beberapa app tersebut, uninstall yang bisa diuninstall. Masalah sementara tidak muncul lagi.

Kemarin kambuh lagi entah karena apa. Siang ini dia cari ane, dan ane singgung lagi bahwa solusi terbaik tetap flash ke stock ROM. Tapi tetap ada resiko matot kalau seandainya gagal. Jadi wajib backup dulu semua data, foto, video, lagu, kontak, sms dan sejenisnya. Untuk itu, ane perlu disable dulu virusnya. Kali ini nama apk nya uda berubah banyak, ga seperti gelombang 1 lagi. Ada yang nyamar jadi Settings, google gmail, android backup, googleplay (dengan icon play services), location services, dan sejenisnya.emoticon-Army (S) Benar2 warbyasah polymorphic code nya.emoticon-Takut (S) Gejala masih sama seperti sebelumnya, wifi tidak bisa off, ada banyak force stop, iklan bertebaran sana/i dan tidak ada tombol closenya! Ada yang ga bisa uninstall karena pake device admin ataupun accessibility services.

Backup dan flashing
Setelah disable semua apk, ane pun pindah2 manual semua foto, video, musik nya ke microsd. Kontak, sms, call log dibackup pake super backup. IMEI dkk ane fotoin untuk jaga2. Sambilan tu, ane juga download stock rom dari website resmi. Kemudian ane download tool flash dan drivernya dari website lain. Ada hal aneh sih di storage. Internal ROM nya 16 GB, microsdnya 8 GB. Tapi partisi primary storage nya adalah microsd. Entah gimana kok bisa tertukar microsd jadi primary. Padahal ga ada settingannya. Makanya ane awalnya aneh, kok partisi storage kedua, ukurannya 12,6 GB gitu (kalau microsd 16 GB kan usable 14,8 GB gitu). Baru ngeh kalau tu Internal ROM dan microsdnya ke swap. Makanya ane pindah datanya ke yang 8 GB tu, microsd nya. Semua apk palsu yang uda didownload juga ane kumpulin di microsd untuk dianalisa nantinya. Microsd kemudian dicabut dan dipastikan uda benar semuanya ada di microsd. HH kemudian dicas untuk persiapan ritual flash.

Setelah ritual backup selesai, ane nanya lagi teman ane, mastiin apakah dia berani ambil resiko. Yang jelas semua data penting nya uda dibackup. Karena dia mah ga main game, cuma foto, video, musik doank, sama kontak telepon (juga uda ada salinan di sim card nya). Kalau berhasil flash, ya syukur, HH pulih 100% seperti pas baru beli. Kalau gagal, bisa aja matot dan wajib dibawa ke service center (masih garansi). Dia bilang ya uda lanjutkan ja, dia percaya ma ane (wah, terharu emoticon-Malu).

Ok dah, jam 5 sore gitu ane eksekusi dah. Katanya sih HH nya tinggal ja gapapa, dites aja ampe berhasil. PC di kantor Win 7 64 bit. Ane uda liat video tutorial dari website resmi, uda baca2 tutornya juga dari website lain. Prosedurnya mirip seperti yang SPFT di mediatek : install driver, lalu buka flash tool, colok HH gitu. Ane pun colok HH dalam keadaan off, bisa berhasil install driver 64 bit nya. Setelah itu buka Research Download (untuk Spreadtrum) nya, load ROM nya, uncheck bagian IMEI dkk; colok HH dalam mode flash nya. Eh, ga jalan flashnya. Di device manager nampak HH terdetek sebentar (SPRD U2S Diag), tapi langsung ilang seketika. Dicoba berkali2 selalu begitu. Kirain kabel atau portnya longgar. Ganti kabel, ganti port, depan belakang, colok nya lebih ketat; semuanya tetap ga bisa. Waduh uda deg2an. Cabut colok batere, cabut colok kabel, tekan power, vol up, vol down entah uda berapa gaya, masih tetap cuma terdetek bentar, langsung hilang balik ke screen ngecas (dalam keadaan off).

Pulang
Waktu terdetek di device manager, memang terlihat devicenya jadi tanda seru. Di usbdeview uda keliatan kalau devicenya disconnect, ga sempat detek. Ane tes booting, sekarang malah bootstuck di logo kedua aja. Tambah gawat nih. Uda otak/i 1/2 jam lebih, bela2in masih tetap ga bisa. Akhirnya mutuskan pulang tes aja deh. Kondisi sekarang HH bootstuck ga bisa flash (gawat nih). Sepanjang perjalanan pulang terpikir terus. Weh, padahal bukan HH sendiri, tapi kan ga enak juga kalau ampe gagal. Harga diri ane juga terlukai gitu lo emoticon-Big Grin Ane sambil berpikir, sambil menyemangati diri deh bahwa ane pasti bisa. Ane uda ketemu kejadian serupa berkali2, pasti ada solusinya. Ditambah kekuatan visualisasi bahwa malam ini ane pasti uda bisa flash berhasil, HH nya kembali per*w*n, dan ane sudah membayangkan mengetik post ini.

Pulang rumah, makan, beres2 langsung tes flash lagi. Sama kejadiannya, tapi kali ini lebih parah. Ane mo install driver nya aja susah banget, diskonek terus.emoticon-Cape d... (S) Ngetes lagi berbagai cara, googling, cabut colok, tes kabel lain, port usb 3.0, entah apa lagi deh. Coba2 berbagai kombinasi tombol, entah gimana bisa masuk recovery dan factory reset. HH bisa reboot normal deh, tapi virusnya masih ada. Flashingnya belum benar2 berhasil. Akhirnya ane tes cek di device manager cepat2. Begitu colok kabel, tahan vol down; begitu terdetek di device manager, langsung double klik cepat2. Eh, errornya beda. Sebelumnya selalu muncul device disconnected gitu, kali ini ada error kata2 karena "cannot verify the digital signature". Googling, link pertama uda minta disable driver signature enforcement. Baru deh teringat, terakhir kali ane pake SPFT uda setahun lebih. Waktu itu memang pernah ane disable. Tapi tahun ini ane kan ada ganti SSD, install ulang Windows, jadi setting belum disable.

Langsung restart, disable enforcementnya. Kali ini sekali colok langsung detek muncul SPRD U2S Diag tanpa tanda seru lagi. Berarti driver nya uda sempurna. Tapi anehnya sekitar 10 detik, entar hilang sendiri lagi kayak kabel kecabut. HH nya akan masuk mode charging dalam keadaan off. Tes berulang, tetap gitu, sekitar 10 detik hilang sendiri. Sempat tes beberapa kali baru akhirnya teringat di SPFT juga gitu. Kalau HH ga dapat signal flashing di mode diag ini, akan otomatis keluar dari mode diag dalam beberapa detik.

Berarti sekarang uda pasti bisa jalan flashnya. Buka Research Download lagi, siapin ROM nya dan uncheck IMEI dkk. Colok HH nya sambil tahan vol down. E i e, langsung jalan flashingnya. emoticon-Ultah Senangnya bukan main. Ga ampe 2 menit, flashing uda selesai. Cabut batere, pasang, restart. Agak lama baru akhirnya nyala, HH sekarang kembali perawan. emoticon-Peluk Problem solved deh. Dengan ini, ane pun berarti uda pernah sentuh flash tool untuk SoC Spreadtrum.

Aftermath
Meskipun masalah sudah selesai, tapi microsdnya masih "kotor" nih. Waktu ane backup, ada banyak folder sampah yang dibuat malwarenya. Kalau uda kek gini, sekalian aja deh ane bantuin rapiin foldernya. Ada 120 folder lebih di microsd nya. Setelah ane trim, cuma sisa 20 gitu aja. Berarti ada 100 folder sampah dengan nama tidak beraturan gitu. Semua foto, video, musik dipindah ke folder masing2.

Dan kemudian ane ambil apk virus nya yang sempat didownload, untuk dicatat package name nya. Pas ane cek properties, ada 200 apk lebih !!! dengan total 980 MB gitu (hampir 1 GB). Lebih dahsyat dari yang 20 an kemarin. Set dah, gimana ga lemot dan susah dihapus. Ada banyak banget yang duplikat, beda package name atau versi, padahal filenya sama. Banyak juga yang beti. Ane rencana nanti list semuanya, tampilkan dimari supaya jadi referensi kalau agan ketemu app dengan package name yang serupa, kemungkinan besar tu virusnya. Mereka juga punya facebook, candy crush versi mereka (signaturenya beda). Hebatnya dengan perantaraan 9apps (salah satu malwarenya), HH bisa auto integrate google apps asli seperti chrome, gmail, youtube dkk langsung ke /system. Jadi uda dibantuin integrate update emoticon-Big Grin (sekalian dengan malwarenya emoticon-Hammer (S))

Habis sortir microsd, pasang balik ke HH. Sekarang internal ROM adalah primary storage (entah kenapa kemarin bisa kena swap). Ane install app standard, disable/uninstall feverstore nya, ubox, cleanmaster dkk. Kemudian unknown sources nih mesti uncheck supaya ga salah tap install malware sembarangan lagi.

Ane dokumentasikan proses flashing ini sebagai referensi di kemudian hari. Juga sebagai contoh solusi bagi yang kena malware, berarti wajib flash ke stock ROM baru bisa bersih total.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di