alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Audio & Video /
[ERC] Bluedio T2 Turbine, Low Budget High Quality Bluetooth Headphone
3.86 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5800e2f06208814a528b456b/erc-bluedio-t2-turbine-low-budget-high-quality-bluetooth-headphone

[ERC] Bluedio T2 Turbine, Low Budget High Quality Bluetooth Headphone

Bluedio T2 Turbine
Low Budget High Quality Bluetooth Headphone
Full Review


Spoiler for For Momod & Panitia ERC:


Daftar Isi
01. Prolog_____2
02. Paket Pembelian & unboxing_____2
___ a. Paket pembelian_____2
___ b. Unboxing_____2
03. First impression, build quality_____2
___ a. 360 overview_____2
___ b. Tombol dan interface_____2
04. Fungsi & Cara Kerja_____2
___ a. Fungsi_____2
___ b. Bluetooth Mode_____2
___ c. Wired Mode_____2
05. Spesifikasi produk_____2
06. Cara pakai_____3
___ a. First Pairing_____3
___ b. Paired device_____3
___ c. PC/Laptop/OS lain_____3
___ d. Off & Disconnect_____3
___ e. Mode wired_____3
___ f. Telephony_____3
___ g. Saran penggunaan_____3
07. Review feature_____3
___ a. HSP/HFP_____3
___ b. AVRCP_____3
___ c. Multipoint_____3
___ d. Auto Power save_____3
___ e. Audio Sharing_____3
___ f. ISSC app_____4
___ g. Equalizer_____4
___ h. Noise Cancellation_____4
08. Perfomance_____4
___ a. Kenyamanan_____4
___ b. Audiophile level_____5
___ c. Perbandingan kualitas audio_____6
___ d. Microphone_____6
___ e. Volume Headphone_____6
___ f. Sound Leak_____6
___ g. Dynamic Frequency Response_____6
___ h. Jarak bluetooth_____6
___ i. Interferensi_____6
___ j. Latency_____7
___ k. Battery Life_____7
___ l. Charging_____7
09. Konektivitas / addon_____7
___ a. Keyevent media button_____7
___ b. Tasker/Autohotkey/EventGhost integration_____7
10. Kelebihan kekurangan_____7
___ a. Kelebihan_____7
___ b. Kekurangan_____7
11. Kompetitor & alternatif_____7
12. Kesimpulan & epilog_____7
13. FAQ_____8
14. Appendix_____9
___ a. Daftar testing yang dilakukan_____9
Diubah oleh Desmanto
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

FAQ

FAQ

Q01. Harganya berapa gan?
Ans : Ane dapat di harga kurang dari 340K (di luar ongkir), tapi cuma ada stok warna hitam. Ada beberapa tempat lain yang jual 350-400K, lengkap warna hitam, putih, merah dan biru.

Q02. Mahal banget gan, apa layak harga segitu?
Ans : Layak sekali, bahkan melebihi ekspetasi. Kualitas suaranya jangan disamakan dengan bluetooth headset/headphone jangkrik-an.

Q03. Emank suaranya bagus?
Ans : Suaranya warbyazah, ntap, leh uga. Silahkan lihat lagi review ane di atas bagian Audiophile dan perbandingan kualitas suara

Q04. Belinya di mana gan?
Ans : BeOl aja gan (Belanja Online). emoticon-Big Grin Cari di toko langganan atau favorit agan. Yang jelas jangan tanya dimari, ane cuma user, review doank, ga jualan.

Q05. Volumenya cukup kuat gak untuk menangkis serangan suara bising dari luar?
Ans : Cukup kuat gan, ada onboard volume button terpisah untuk mengatur max volume nya. Di ane sendiri volume step 12 (75%) dengan 50% di HH (atau 30% di PC) uda cukup untuk memisahkan ane dari dunia luar.

Q06. Kan ada varian lain, T2S, T2+, H+ dan saudara2nya. Kenapa pilih yang ini?
Ans : Karena cuma ini yang ready stock di toko langganan ane emoticon-Hammer (S) H+ ada juga sih, tapi ane tau T2 ini lebih baru. T2S dan T2+ juga baru tau pada saat ane buat review ini. Ane juga ga gitu perlu sih FM radio dan micro sd nya, lebih sering dengar musik dari HH atau PC, lebih gampang gonta/I lagu

Q07. Apakah cocok untuk semua jenis HH, PC dan media player?
Ans : Untuk android, ane uda tes ampe ke device jadul SF andro dari 2012 juga bisa konek. PC ane tes di windows 7 64 bit, konek normal. Untuk windows lain juga sama aja, yang penting bluetooth driver agan uda terinstall benar. Sementara untuk ipin, mac, winpho dan sebagai nya ane ga ada device nya, jadi ga bisa tes. Seharusnya kalau device nya ada bluetooth dan support HFP dan A2DP, ya bisa konek ke headphone ini. Kalaupun tidak bisa, minimal bisa dipake lewat mode wired kalau devicenya support 3.5 mm audio jack.

Q08. Itu baterenya diklaim bisa 40 jam. Apa benar bisa selama itu?
Ans : Benar gan, tentunya tetap tergantung volume nya. Ane pake dengan volume PC 30% + volume Headphone 12 (75%) aja bisa tahan ampe 30 jam lebih. 40 jam itu pasti bisa tercapai kalau ane kecilin dikit suaranya. Bluetooth headphone lain kan juga klaim nya dengan cara yang sama, tapi pas dites tetap bervariasi tergantung volumenya.

Q09. Katanya headphone ini bass oriented. Ane sukanya lagu2 selain yang bass. Apa ane tetap bisa pake headphone ini?
Ans : Tetap bisa. Cuma mungkin agan ga akan merasakan kelebihan utamanya di bass yang mantap. Dipakai untuk lagu classic pun tetap OK, lebih jelas. Tapi karena memang melodi lagunya segitu, ya tidak terasa seheboh di lagu2 bass-oriented yang memang cenderung menggelegar.

Q10. Gimana dengan kualitas nya untuk telepon?
Ans : Headphone ini tidak pilih2 HH seperti headset lain yang akan disconnect ketika mo terima panggilan masuk. Fungsi telephony nya normal, telepon keluar maupun terima panggilan, namun ane belum bisa memakai mic dari bluetoothnya. Suara lawan bicara terdengar jelas, meskipun volume belum diset maks.

Q11. Headphone nya bisa dipake untuk voice chat gaming ataupun voice recognition gak?
Ans : Sayang sekali, agan akan kecewa kalau itu tujuan utama agan beli headphone ini. Ane belum ketemu cara untuk memakai mic nya dengan kualitas 44,1 Khz. Dipakai voice recognition juga susah detek. Bagusan cari headphone dengan mic lainnya. Atau terpaksa beli mic terpisah lagi.

Q12. Itu gimana agan bisa asal2an ketik spek yang tidak tertera dari spesifikasi produk?
Ans : Ya lewat hasil testing dan pengukuran ane sendiri. Bisa dilihat appendix daftar testing ane. Kalau cuma spek dari vendor, cenderung tidak mengatakan semuanya. Makanya ane test dan review dimari. Kalau ga, ngapain buat review emoticon-Hammer (S)

Q13. Koneksi bluetooth sering putus2 gak?
Ans : Bluetoothnya sangat stabil, tahan interferensi, jangkauan lumayan lebih jauh dibanding standard, pairingnya juga gampang dan tidak pake ribet. Kalau dengar musik terus menerus dan ada putus2, itu mayoritas karena ada fitur power save / mungkin lag dari HH ataupun PC/laptop nya.

Q14. Headphonenya nyaman gak dipake lama?
Ans : Di awal2 ane cuma bisa pake sekitar 2 jam sebelum merasa gerah. Mungkin karena busanya belum sink-in dengan bentuk kepala ane. Setelah sebulan, uda agak mendingan. Ane bisa pake lebih lama, mungkin 4-5 jam dan masih belum gerah. Tapi tetap ada interval di mana ane lepas/pasang balik headphone ini sebagai jeda.

Q15. Katanya ada suara hissing pas headphone nya idle. Apakah mengganggu?
Ans : Bagi beberapa agan, mungkin ini sangat mengganggu. Tapi karena kita pake headphone seringnya pas audio nya lagi streaming terus, jadi hissing ini tidak akan kedengaran. Hissing tidak akan muncul jika dipake di mode wired

Q16. Lalu sound leak nya katanya bisa membocorkan privasi kita. Berarti ane tidak bisa telepon untuk top secret call donk?
Ans : Top Secret agent gak bakalan pake headphone ini, terlalu mencolok. emoticon-Ngakak (S) Ga perlu sound leaknya, ukuran nya aja uda membocorkan identitas agan. emoticon-Ngakak (S) Yang penting ingat dicek aja deh sound leaknya sebelum set volume tinggi untuk konten2 yang bersifat “private and confidential”. emoticon-Malu (S)

Q17. Ane liat ada beberapa foto review di atas yang nampaknya kok overexposed?
Ans : Iya gan, memang ada beberapa yang terlalu terang karena fokus cameranya di bagian detail headphone. Yang pastinya semua foto di atas asli, bukan CGI emoticon-Frown. Semuanya diambil dengan app kamera bawaan Pureshot Plus 2 dengan setting auto dan pencahayaan dari lampu LED. Gambar kemudian diresize menjadi 1280x960. Sementara untuk SS nya juga dicombine dan diresize sekitar sisa 50% dari ukuran asli.

Q18. Kok review ini panjang banget sih?
Ans : Sorry gan, kebiasaan buruk ane, terlalu perfeksionis dalam hal detail yang menyeluruh. Awalnya sih ane cuma ingin outline biasa aja, menceritakan fitur2 standard dan keunggulan dari headphone. Tapi rasanya kurang afdol. Kalau ane adalah pembaca, ane juga berharap review yang ane baca itu detail dan menyeluruh, memberitahukan testing di real life usage. Kalau bagus, bagus seperti apa? Harus bisa diukur dengan satuan tertentu atau minimal perbandingan relatif terhadap produk lain. Apalagi headphone ini memang banyak fiturnya. Ane sendiri juga baru tau kalau ada banyak aspek yang bisa direview dari sebuah bluetooth headphone. Dan juga karena ane tidak punya banyak waktu untuk membuat review ini lebih singkat lagi. emoticon-Hammer (S) Lihat ini uda hari terakhir baru disubmit.

Q19. Jadi total berapa lama agan ketik review ini?
Ans : Ada 1 minggu lebih, termasuk dengan test dan recheck nya. Foto dan SS ane ambil pada beberapa sesi pengambilan foto dan dipilih yang terbaik. Total panjang review ini uda di atas 90.000 karakter, di luar tag dan formatting kaskus. Makanya 1 post tidak muat, dan harus dipisah jadi beberapa post di kaskus. Ane ketiknya di Ms Word, dengan ukuran font 11, dan page A4, total hampir 30 halaman. (masih belum termasuk gambar). Mo pindahin dari Ms Word ke kaskus aja butuh 4 jam emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh Desmanto
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di