alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Home Appliance /
HOME of AIR CONDITION (AC)
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ac3705c0cb17e3308b4568/home-of-air-condition-ac

HOME of AIR CONDITION (AC)

Quote:


Quote:




Rules :
  • Sebelum memulai posting harap baca General Rules Forum Electronic
  • Selain sharing & konsultasi, review AC juga boleh di thread ini
  • DILARANG berjualan / promosi / menawarkan jasa service (transaksi silahkan lewat PM)
  • No Insult, Flame, Sarap ( suku, agama, ras, antar golongan & Pornografi)
  • Biasakan Menggunakan Fasilitas Multi Quote
  • Biasakan Share Gambar Menggunakan Quote & Spoiler
  • Setiap warga diharapkan ikut menjaga ketertiban, mengingatkan jika ada member lain yang melanggar rules
  • Sanksi berupa teguran, delete, banned
  • Reward Kasplus bagi yang aktif & berkontribusi di forum electronic
Diubah oleh funk
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok

Review Daikin High Inverter 1PK (FTKV25NVM4)

Mau nyumbang review untuk Daikin High Inverter 1PK (FTKV25NVM4). Mungkin membantu teman2 lain yang butuh emoticon-Big Grin

Setelah diracuni blognya TS (waktu itu thread ini belum ada), akhirnya saya memutuskan beli High Inverter 1PK untuk kamar 3x4. Pertimbangannya lebih irit & mungkin barangnya lebih awet.

Belinya di toko P****na di Surabaya. Berdasarkan survey saya pribadi, toko P****na adalah yang paling lengkap untuk line up AC Daikin di Surabaya. Harga juga bersahabat, hehehe

Saran untuk yang mau beli di Surabaya: kalau mau SOP pemasangan AC sesuai yang disarankan teman2 disini (vacuum, pipa 0.6), telpon aja teknisi Daikin langsung. Jangan pakai jasa toko. Saya tanya ke sales di toko mereka terus terang bilang gak pakai pipa 0.6 dan gak di vacuum. Jadi saya putuskan beli unit aja di toko, besoknya telpon Daikin untuk minta dipasang. Harga pasang memang lebih mahal, tapi kalau nanti umur ACnya awet kenapa nggak ya kan?

Saya beli Agustus 2016. Baru bikin review sekarang biar bisa liat pengaruh AC baru ke tagihan listrik saya, hehehe emoticon-Big Grin.

Beberapa poin positif:
Indoor & Outdoor jauh lebih hening dari AC sebelumnya. Sebelumnya saya pakai AC Toshiba low watt 1PK. Beda banget suaranya. Awal2 pasang karena belum terbiasa kadang saya pikir kompresor outdoor mati karena hening banget.
Dingin lebih cepat. AC low watt dulu mesti nunggu hampir 15-20 menit sampai ruangan benar2 dingin di siang hari. High Inverter ini cuma butuh 5 menitan untuk mendinginkan ruangan.
Iritnya mantaaappp. Tagihan listrik saya bulan September 2016 kemaren turun 200 ribu rupiah. Dari 780rb-an ke 580rb-an. Benar2 mantap. emoticon-Big Grin AC ini dipasang di kamar ayah saya yang memang pemakai AC teraktif di rumah. AC nyala kira2 16 jam sehari. Suhu yang di-set di AC 26-28 derajat. Padahal di Toshiba dulu harus set suhu 20-24 derajat baru dingin. Oya, Toshiba low wattnya mengonsumsi listrik konstan 500 watt, saya ukur pakai watt meter juga. Kebetulan ACnya masih dipakai di rumah adik saya.

Catatan mengenai konsumsi listrik:
Saya juga beli watt meter untuk melihat konsumsi listrik. Watt maksimum yang tercatat di watt meter saya adalah 900 watt (entah kapan ini tercapai, soalnya tiap kali liat watt meternya gak pernah liat dia naik sampai segitu sih). Tapi hebatnya di saat mendung habis hujan seperti sekarang (pukul 15:00) atau pas subuh2, konsumsi listrik bisa hanya 15-40 watt. Saya juga heran apakah kompresornya mati di saat wattnya super rendah seperti itu.
Untuk konsumsi di siang hari yang normal kira2 200-300 watt saat suhu sudah tercapai.
Waktu baru nyala dan mengejar suhu, watt yang dipakai antara 500-680 watt.

Sekarang untuk masalahnya:
Entah kenapa dari awal pemasangan kadang terasa getaran halus (seperti suara drrrrrrrrrr). Ranjang ayah saya menempel di tembok dimana indoor berada. Indoor terhubung langsung ke outdoor menembus tembok. Getaran halus ini kadang bisa terasa di ranjang ayah saya. Saya juga bingung ini getaran apa karena munculnya cuma sekali sekali
Setelah lama saya biarkan akhirnya saya coba kontak Daikin. Sebelumnya saya gak laporkan karena kasusnya muncul cuma sekali2, jadi sulit untuk dibuat laporan karena takut getaran gak muncul saat teknisi datang. Mau direkam dengan hp juga susah karena halus banget.
Akhirnya saya coba lapor, teknisi Daikin datang siang hari pas panas. Waktu saya coba nyalakan AC sempat muncul getaran sebentar. Analisa teknisi sih mungkin butuh mounting karet. Akhirnya saya setuju untuk dipasangi mounting.
Ternyata setelah dipasang mounting karet, beberapa hari kemudian masih muncul getaran lagi. Saya coba lapor Daikin lagi, teknisi berikutnya datang, tapi sayangnya pas mendung. Dicoba nyalakan ACnya ternyata gak muncul getarannya. Di cek tegangan listrik & freonnya normal. Akhirnya teknisi berkesimpulan mungkin karena outdoor indoor yang terhubung langsung. Kemudian posisi outdoor di carport yang dikelilingi tembok mungkin juga pengaruh karena frekuensi getaran inverter dapat menciptakan getaran. Sepertinya memang getaran ini lebih sering muncul saat AC baru nyala. Jadi mungkin getaran muncul waktu kerja kompresor maksimum. Saran teknisi sih memindahkan outdoor ke posisi lain yang lebih terbuka menjauhi indoor. Yang ini nggak saya lakukan karena malas pindah2. Lagian sepertinya sudah 2 minggu lebih getaran gak pernah muncul. Mungkin pengaruh kondisi Surabaya yang lagi hujan luar biasa. Hampir tiap hari hujan lebat.



Kesimpulan: Terlepas dari masaah getaran halus yang belum terselesaikan, saya puassss dengan Daikin High Inverter 1PK yang saya beli. Hening, dinginnya cepat, dan uiritttt. Ini rencana pengen nambah Daikin Multi-S untuk dua kamar lain yang AC nya juga sudah tua. Tapi masih nunggu karena 13 Oktober ini Multi-S baru launching di Surabaya. Pihak Daikin sendiri bilang lebih baik nunggu launching & sosialisasi resmi di Surabaya. Supaya toko & teknisinya familiar dulu, jadi pasangnya juga ntar sesuai SOP.

Sekian review panjang dari saya, semoga bermanfaat untuk teman2 semua emoticon-Big Grin
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di