alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Home Appliance /
HOME of AIR CONDITION (AC)
4.75 stars - based on 28 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57ac3705c0cb17e3308b4568/home-of-air-condition-ac

HOME of AIR CONDITION (AC)

Quote:


Quote:




Rules :
  • Sebelum memulai posting harap baca General Rules Forum Electronic
  • Selain sharing & konsultasi, review AC juga boleh di thread ini
  • DILARANG berjualan / promosi / menawarkan jasa service (transaksi silahkan lewat PM)
  • No Insult, Flame, Sarap ( suku, agama, ras, antar golongan & Pornografi)
  • Biasakan Menggunakan Fasilitas Multi Quote
  • Biasakan Share Gambar Menggunakan Quote & Spoiler
  • Setiap warga diharapkan ikut menjaga ketertiban, mengingatkan jika ada member lain yang melanggar rules
  • Sanksi berupa teguran, delete, banned
  • Reward Kasplus bagi yang aktif & berkontribusi di forum electronic
Diubah oleh funk
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Thread sudah digembok
Permisi juragan, mau sharing review AC Mitsubishi Heavy Industries SRK13YL-S3 (1,5 PK).

Saya tinggal di sebuah kota di Pulau Sumatera, dan MHI tidak begitu populer di sini. Saya pesan AC ini dengan inden lewat agennya, karena itu harganya mahal - ongkos transpor ditambah karena inden spesial emoticon-Smilie

Ini adalah AC inverter yang pertama kali saya beli dari MHI, sebelumnya saya hanya membeli AC constant speed MHI saja.

Kesan pertama adalah, desain AC ini cantik dan elegan. Melihat ke dalam, kipasnya berwarna biru, kipas anti mikroba yang dapat menangkal jamur dan bau busuk. Di bagian bawah AC ini ada strip turmalin, yang katanya menghasilkan ion terus menerus (24 jam). Harus saya akui, sejak memasang AC ini kamar saya tidak pernah terasa sumpek lagi bahkan ketika saya pulang kerja pada sore hari - kamar saya panas tapi tidak terasa sumpek. Mungkin pengaruh ion ini. AC ini juga dilengakapi filter debu, filter anti bau dan filter enzim yang katanya memerangkap bakteri.

AC ini berfungsi dengan baik. Kamar saya cepat dingin... karena ukuran kamarnya memang harus pakai AC 1,5 PK. Sebelumnya menggunakan Panasonic 1 PK (CS-S10NKP).

Kebisingan AC ini tergantung pada setelan fan speed, low nyaris tidak terdengar, medium terdengar tapi tidak mengganggu, dan high sangat berisik (mengganggu).

Bagi saya, yang sangat memuaskan dari AC ini adalah konsumsi listriknya... yang sangat hemat.

Orang mengatakan bahwa setelan suhu di AC inverter berpengaruh terhadap konsumsi listriknya. Beda merek AC beda programmingnya, kelihatannya AC MHI ini mengutamakan hemat listrik. Dari pengalaman saya menggunakan AC inverter Panasonic, dan sekarang MHI, pada AC ini, berapa fan speed yang diset, itulah yang lebih mempengaruhi konsumsi listriknya.

Ketika saya set suhu 18 C dan fan speed low, konsumsi listrik di stabiliser digital menunjukkan 2,3 A (500 watt), tidak naik-naik. Dengan fan speed medium, konsumsi listrik 3,7 A (815 watt). Saya tidak pernah set fan speed tinggi, karena bunyi kipasnya jadi kencang dan kertas di kamar beterbangan. Untuk keperluan biasa, saya selalu set fan speed low - medium jika ingin cepat dingin, setelah itu saya turunkan lagi ke low.

Jika saya set suhu ke 26 C, ketika suhu itu tercapai, konsumsi listriknya turun hingga 0,9 A (200W).

Tidak ketinggalan fitur 3D auto, yang saya rasa unik dan bermanfaat meratakan sirkulasi udara di kamar. Tidak ada lagi hot spot setelah menggunakan 3D auto.

AC ini menggunakan pengatur angin kiri-kanan (horizontal) yang diatur remote kontrol, tapi motor penggeraknya independen - gerak pengatur angin horizontal yang kiri dan kanan diatur oleh motornya sendiri. Selain itu juga ada fitur Positioning of Installation - kita beri tahu AC di mana ia dipasang, apakah di tengah, kiri, atau kanan ruangan, dan pengatur angin horizontal akan menyesuaikan jangkauan anginnya. Jika di tengah, seimbang kiri-kanan, jika di kiri atau di kanan ruangan, mana yang terkena tembok akan mendapat lebih sedikit ayunan angin.

Remote kontrol AC ini desain tombolnya ergonomis dan sinyalnya kuat, selama di dalam kamar saya dapat mengirim perintah ke AC tanpa harus mengarahkan remote kontrolnya ke AC. Ditambah dengan tombol On/Off yang dapat menyala dalam gelap, saya dapat menyalakan atau mematikan AC tanpa bantuan lampu.

Kelemahan AC ini, tergantung dari konfigurasi flap yang kita buat, jika terjadi padam listrik, ketika listrik hidup, fan speed dapat berubah sendiri menjadi auto, artinya kecepatan kipas dapat menjadi high, sangat ribut suaranya. Kadang ketika tidur, saya harus bangun dan menyetel ulang dari remote kontrol supaya AC menjadi tenang lagi.

Saya sudah gunakan AC ini selama 6 bulan.

Kesimpulan review SRK13YL-S3:
Kelebihan: desain, fitur berlimpah, sangat hemat listrik, beroperasi dengan senyap.
Kekurangan: fan speed dapat berubah jadi auto/ribut (lihat di atas), harga mahal.


Diubah oleh howling90
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di