alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Pisau /
Baja Yang Digunakan Sebagai Bahan Pisau
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50d40e0f017608c66f000006/baja-yang-digunakan-sebagai-bahan-pisau

Baja dan Bahan-Bahan Lain Yang Umum Digunakan Sebagai Bilah Pisau

Saya bukan Ahli Metalurgi, Ahli Tempa, ataupun Pembuat Pisau. Saya kebetulan sangat menggemari pisau sehingga ikut mempelajari baja-baja pisau dengan cara membaca.

Berikut sedikit tulisan yang sedianya bisa membantu teman-teman untuk mulai mengerti hal-hal mendasar mengenai baja, dan bahan pisau lain.

Berikut beberapa sumber referensi tulisan ini:



BAJA

Baja adalah logam paduan dengan kandungan utamanya adalah besi yang di padu dengan unsur karbon. Untuk bisa disebut baja, kandungan karbon tidak boleh kurang dari 0.2 - 0.25% dan tidak lebih dari 2.1 - 3%. Bila kandungan karbon kurang dari 0.2 - 0.25%, logam ini tidak bisa di harden (diperkeras dengan proses hardening/nyipuh), dan disebut wrought iron. Bila kandungan karbon lebih dari 2.1 - 3% logam ini akan menjadi getas (gampang patah), dan disebut cast iron(besi cor).

Aturan mengenai kandungan karbon diatas; dalam beberapa tahun terakhir telah tidak sesuai lagi. Beberapa tahun terakhir beberapa pabrik baja telah menemukan baja jenis baru sebagai contoh: baja H1 yang digunakan oleh beberapa perusahan pisau kandungan karbonnya adalah 0.15% (sebagian besar orang masih tidak menganggap H1 sebagai baja/steel, karena H1 dengan kandungan karbon serendah ini tidak bisa di harden). Begitu juga kandungan karbon dari baja ZDP189 yang 3.0%. CPM Rex 121 yang mempunyai kandungan karbon 3.4%.

* Satu hal yang harus diingat. Baja apapun yang digunakan sebuah pisau, yang paling penting adalah Proses Heat Treatment-nya (HT) (dari hardening sampai tempering). Sebagai contoh baja dengan bahan baja D2 yang tidak melalui proses HT atau tidak melalui proses HT yang benar akan menjadi kalah jauh kemampuannya dibanding baja D2 dengan HT yang benar.
Diubah oleh jarumberputar
Quote:


untuk tau pasti bahannya apa sangat sulit masbro
kecuali dibawa ke Lab atau dari sumber/vendor nya sendiri

umumnya klep kapal bagus dibikin pisau
di kampus bamboe sudah pernah beberapa kali bikin pisau kecil dan besar dari klep kapal
dan hasilnya bagus performanya

×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di