alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
• Games dan Aplikasi untuk Android • - Part 6
4.63 stars - based on 33 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/567413e198e31b8d678b4568/games-dan-aplikasi-untuk-android----part-6

• Games dan Aplikasi untuk Android •



SEBELUM ANDA MELAKUKAN POSTING
HARAP BACA RULES TERLEBIH DAHULU
profile-picture
profile-picture
profile-picture
KenjiYamamoto dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Apps.Games
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Ane juga belum pernah kena, soalnya kalau app nya mencurigakan, langsung ane tes upload apk nya dulu ke virustotal.com. Kalau hasilnya 0, mungkin lebih tenang nya untuk tes installnya, tapi belum tentu benar2 aman juga. Setidaknya ada usaha deh untuk verifikasi dulu.

Hehehe, dua pernyataan nya memang benar, meskipun terlihat jadi paradoks. Biasa yang ngomong kalau kita ga perlu antivirus adalah google itu sendiri karena mereka juga uda cukup ketat sebenarnya di seleksi app nya yang boleh masuk playstore; dan power user di luar sana, yang sangat gampang mengenali mana yang uda pasti virus/app junk ga guna vs yang berkualitas. Ini memang benar adanya, kalau agan hanya install dari playstore, 99,9% pasti aman. Google kecolongan mungkin banyak juga, tapi hampir selalu dihapus dalam waktu yang sangat singkat sehingga hampir ga pernah benar2 menyebar ke banyak user. Sementara yang uda terbiasa download apk, pasti uda ada website langganan jadi sumber apk terpercaya. Lalu juga ada logika untuk menyaring app palsu yang ga berguna (seperti yang dijabarkan di trit sebelah). Kalau ketemu ada app yang klaim bisa "defrag battery", wuih, bakalan dibikin jadi lelucon emoticon-Leh Uga Apalagi yang kayak Clean master sejenisnya. emoticon-Wakaka Termasuk segala jenis antivirus untuk android lo, hanya lelucon aja.

Coba perhatikan siapa yang sering klaim bahwa ada banyak apk palsu bervirus, bahwa 1 milyar android rentan terhadap virus xxx, bahwa statistik menunjukkan 50% app android yang ada mengandung virus, bakteri, kuman penyakit, dan sejenisnya. Coba cek siapa yang post itu : Kalau gak perusahaan antivirus, ya perusahaan cyber security yang pengen menjual produknya ke kita. Memang benar apk bisa disusupi virus, tapi itu kan statistik untuk app di luar playstore. Dan benar bahwa kalau kita install tu, virus nya bisa benar2 membuat hidup kita sengsara. Tapi coba kalau benaran deh uda kena virusnya, adakah antivirus android yang benar2 bisa membuang virusnya? Maaf ke semua AV android, Ane belum pernah ketemu satu pun yang sanggup. Semuanya cuma bisa kasih warning ada app berbahaya sudah terinstall (uda terlanjur masuk) tapi tetap ga bisa uninstall/remove virusnya. Ibarat agan punya satpam, ga pintar nangkap maling meskipun uda masuk ampe rumah; tapi cuma pintar teriak doank.

Kalau antivirus hanya bisa melakukan pencegahan (semu), yang sudah bisa kita lakukan dengan cara hanya install dari playstore atau memakai logika saja; terus setelah terinfeksi antivirus juga tidak bisa menghapus virusnya; buat apa kita install? Bukannya benar kan hanya membebani sistem?

Buktinya di sebelah tu, uda banyak HH dari fev*rc*ss yang kena, belum ada satu pun antivirus yang sanggup hapus tu. Bahkan banyak pun yang tidak kasih warning untuk lebih dari 20 apk virusnya. Kalau factory reset aja ga bisa hapus virusnya, ane pesimis antivirusnya bisa. Ga ada AV android yang bakal berani minta akses root dan sembarang ngetest hapus system app virus nya, karena bisa bikin bootlove. Varian virus dari satu jenis aja terlalu banyak, apalagi ada metode polymorphic package name ataupun metamorphic code, yang bisa merubah package name dan code nya sehingga tidak bisa terdeteksi. Makanya sampai hari ini belum ada namanya virus removal kit dari antivirus manapun untuk dunia android. Padahal ane sangat berharap ada loh, jadi membantu teman yang kena tu uda lebih gampang. Tinggal install dan clean gitu, seperti di windows.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di