CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hore.. Pembangunan 3 Jalan Perbatasan Ini Bakal Jadi Prioritas Kementerian PUPR!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57baa404c1d770a9528b4569/hore-pembangunan-3-jalan-perbatasan-ini-bakal-jadi-prioritas-kementerian-pupr

Hore.. Pembangunan 3 Jalan Perbatasan Ini Bakal Jadi Prioritas Kementerian PUPR!

Udah Pada Tau Tentang Nawa Cita dong, Gan..


Pasti agan aganwati udah familiar banget nih dengan istilah “Nawa Cita”, pemerintahan di bawah naungan Joko Widodo-Jusuf Kalla bertekad bakal membangun dari pinggiran, dan ini sih sesuai dengan butir ketiga dari Nawa Cita, dan ternyata ini bukan isapan jempol doang lhoo gan. Terbukti dari tahun 2015, pembangunan infrastruktur jalan di wilayah perbatasan yang selama ini tertinggal, dipercepat pelaksanaannya. Total panjang jalan di kawasan perbatasan yang bakal dibangun hingga mencapai 3.464,40 kilometer (gile panjang bener yah gan emoticon-Big Grin).

Lhoo.. Kenapa Harus Infrastruktur Jalan Daerah Perbatasan, Gan?

Kawasan perbatasan perlu dikedepankan karena emang punya peranan penting nih gan dalam kerangka pembangunan nasional. FYI (For Your Information) aja nih, kawasan perbatasan berperan sebagai beranda Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan cermin diri dan tolok ukur pembangunan nasional. Sebagai beranda, kawasan perbatasan juga sangat rentan terhadap rongrongan tapal batas wilayah negara, seperti illegal logging, illegal trading, illegal fishing, dan human trafficking. Kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla langsung menginstruksikan kepada Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai leading actor pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan. Menurut Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto W. Husaini, “Setelah membuat jalan, kita bikin kawasan perbatasan yang baik dan membuka pusat-pusat pertumbuhan yang nantinya akan diisi program-program kementerian lainnya.”

Kawasan Perbatasan Mana Aja Sih, Gan?
Selain untuk ngedukung perekonomian masyarakat atau meningkatkan daya saing nasional, pembangunan infrastruktur juga punya tujuan untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah, pengentasan kemiskinan, dan yang pasti agar mampu membuka keterisolasian. Pasti kalian pada penasaran kira-kira jalan daerah perbatasan mana aja sih yang bakal jadi prioritas PUPR, nah ini dia nih gan jalan perbatasan yang bakal dibangun, cekidot :
Quote:

Quote:

Quote:

Proyek Segede Itu Strateginya Gimana Yah, Gan?

Ditjen Bina Marga PUPR melakukan sejumlah strategi penanganan kawasa perbatasan, diantaranya adalah sbb :
1. Pembangunan kawasan perbatasan selain dilakukan melalui pendekatan keamanan, pendekatan kesejahteraaan (pengembangan potensi sumber daya alam), juga dilakukan melalui pendekatan lingkungan.
2. Dukungan Rencana strategis Ditjen Bina Marga terhadap kawasan perbatasan dilakukan melalui pembangunan jalan strategis dan missing link di kawasan perbatasan.
3. Pembangunan jalan paralel perbatasan (Pulau Kalimantan danProvinsi NTT) akan diupayakan penyelesaian di akhir 2019 dengan tetap memperhatikan kebutuhan teknologi khusus yang ramah lingkungan.

Selain itu diperlukan juga komitmen khusus untuk percepatan pembangunan kawasan perbatasan melalui koordinasi dan sinkronisasi bersama Pemda. Terakhir sasaran sampai 2019 adalah target fungsional dengan perkerasan Japat (jalan agregat padat tahan cuaca) dan melakukan pengaspalan di lokasi tertentu di daerah permukiman penduduk, serta penanganan seluruh jembatan, dengan jembatan panel, semi permanen dan permanen, disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan. Dan berdasarkan sumber yang ane baca, dari majalah tempo, kalau Pembiayaan jalan perbatasan yang dibutuhkan Ditjen Bina Marga tahun anggaran 2015-2019 lebih dari Rp 15 triliun, dengan rata-rata alokasi dana Rp 3 triliun dalam setahun.

Itulah dia info tentang pembangunan jalan perbatasan yang menjadi prioritas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Yuk gan, mari kita sama-sama ngedukung dan mendoakan agar pembangunan jalan perbatasan di pulau kalimantan, perbatasan NTT, dan perbatasan Papua bisa berjalan lancar dan cepat selesai, serta bisa ngedukung pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Agan udah pernah merapat ke kawasan tersebut? Boleh dong share kondisi terkini sekarang ini di mari agar agan-aganwati yang lain bisa tau emoticon-2 Jempol.

Thanks Kaskuser.


Mantaph mangats kaka!
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di