alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Young on Top KASKUS Community (YOTKC) /
Tantangan Membangun Bisnis Startup
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56ebdc22162ec2bc3d8b4569/tantangan-membangun-bisnis-startup

Tantangan Membangun Bisnis Startup


Mungkin agan-agan semua sudah mulai e-ngeh ya kalo bisnis startup di Indonesia kini makin berkembang pesat. Ga cuma sekedar menjadi perbincangan gan, tapi banyak anak muda Indonesia yang ga ragu buat banting setir dan nyebur langsung ke bisnis satu ini. Ga sedikit yang meninggalkan kemapanan bekerja di perusahaan besar dan justru berani untuk mulai merintis bisnis startup dari nol gan. emoticon-Sundul Up

Hal ini tentu perlu disambut positif gan, karena pada dasarnya ide dari sebuah bisnis startup adalah sebagai sebuah solusi dari permasalahan yang dijumpai di masyarakat. E-commerce misalnya yang memberi kemudahan bertransaksi antara penjual dan pembeli. Ada lagi jek online gan sebagai solusi dari kemacetan serta tarif dari yang tidak pasti dari ojek-ojek konvensional pada umumnya.



Selain itu semakin banyak bisnis startup yang berkembang semakin terbuka lebar pula lapangan pekerjaan gan. Tapi untuk membangun sebuah bisnis startup tentu ga semudah membalikkan telapak tangan ya gan. Di bawah ini ane akan share sedikit tips untuk agan dalam membangun bisnis startup.

1. Temukan problem.
Cari masalah gan. Bukan dengan ngajak ribut ya. Agan perlu untuk melatih kepekaan agan. Coba lihat lingkungan sekitar. Sangat banyak permasalahan di negeri kita yang butuh solusi dari agan. Apa kira-kira? emoticon-Bingung (S)

2. Validasi.
Setelah ketemu permasalahannya gan yang agan perlu lakukan adalah validasi. Pastikan kalo itu permasalahan umum gan. Banyak orang yang menganggap kalo itu jadi masalah. Jadi saat agan luncurkan produknya nanti akan diterima sama orang-orang sebagai solusi. Seringkali kita gagal melakukan validasi gan, kita kira itu jadi masalah buat semua orang ternyata cuma kita sendiri yang ngerasa kalo hal tersebut jadi masalah.

3. Buat Perencanaan
Pada tahap ini agan dituntut mampu menuangkan gagasan agan ke dalam sebuah business plan. Seringkali model lean canvas digunakan dalam pembuatan perencanaan bisnis startup. Di sini agan dituntut mampu menuangkan dengan jelas problemnya apa solusinya apa, keunggulan produk agan apa, hingga pemasukan akan dari mana. Semua harus jelas.

4. Cari Investor
Dalam memulai bisnis startup ga harus keluar uang dari kantong kok. Saat agan punya ide bisnis yang cemerlang ada sangat banyak di luar sana investor yang ga ragu untuk mengucurkan dananya buat berinvestasi di bisnis startup agan. Harus jago meyakinkan ya gan. Namanya pitching atau presentasi ke investor, dan ini cuma dilakukan selama dua menit gan. Nah loh, harus siapkan presentasi yang menarik ya.

5. Percaya.
Percaya gan. Gimana agan bisa minta orang lain percaya sama ide agan kalo agan sendiri ga percaya kalo akan berhasil. Bentuk tim yang solid. Dan terus kembangkan gan. Terus belajar. Faktanya 7 dari 10 startup gagal gan. Ini bukan buat nakut-nakutin tapi justru memotivasi agan untuk berani mencoba. Berani dan percaya gan. Siap?

Kalo kita nyoba peluangnya 50:50 gan tapi kalo ga pernah nyoba peluangnya tau jadi berapa gan? 100%!! 100% GAGAL!! Berani nyoba dan jangan berhenti belajar. Belajar dari ahlinya, belajar dari mentor, belajar dari orang-orang yang udah lebih dahulu sukses membangun usaha startup gan.
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

Nah buat agan-agan yang mau belajar gimana cara bangun usaha sendiri dan gimana pula cara menghadapai tantangannya bisa ikut dimari gan www.youngontop.com/startupconnext

Diubah oleh yotkc
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Harus percaya gan. emoticon-Cool
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di