alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Otomatiskan Pengaturan Android dengan TASKER
4.57 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/536a09f282cf176076000179/otomatiskan-pengaturan-android-dengan-tasker

Otomatiskan Pengaturan Android dengan TASKER


Sepertinya belum ada thread sejenis di KasKus yang membahas khusus aplikasi TASKER, padahal menurut ane aplikasi ini keren banget. Bagi ane, TASKER merupakan aplikasi wajib yang harus diinstall diperangkat Android setelah PowerAmp dan MXPlayer emoticon-Ngakak (S) Thread ini sengaja ane buat untuk saling berbagi pengaturan TASKER yang dipasang di perangkat Android Agan-agan, yang terkadang tidak terpikirkan sebelumnya emoticon-Malu (S)

Sekilas, mungkin ada yang belum tau, aplikasi apa TASKER itu? Mudahnya, aplikasi ini menyimpan setiap perintah yang akan dijalankan kemudian secara otomatis dengan tujuan bermacam-macam, dari pengaturan yang sederhana sampai yang rumit, menghemat baterai, atau hal lainnya . . . Ya semacam robot yang telah diprogram emoticon-Cool

Ok, misalnya . . . Kegiatan rutin yang sering dilakukan setibanya di rumah, kantor, kampus bahkan di tempat yang sering dikunjungi yaitu menghidupkan koneksi WiFi. Malah terkadang setelah keluar rumah atau kantor lupa untuk mematikan koneksi WiFi yang mengakibatkan baterai cepat terkuras emoticon-Mad Disinilah TASKER dapat difungsikan untuk membuat semuanya otomatis. WiFi hidup ketika tiba di rumah dan otomatis mati ketika meninggalkan rumah emoticon-Big Grin

WiFi otomatis terhubung, sesuai lokasi yang ditentukan
Context: State –> Cell Near (menggunakan informasi BTS lebih baik daripada GPS yang boros baterai)
Pilih tombol “Start” dan tunggu atau berjalan disekitaran ruangan (tanda “<” menandakan tower BTS yang terkoneksi). Pilih "Stop" setelah mendapatkan 2 atau lebih sinyal yang terkoneksi.
Action: Net –> WiFi
Pengaturan ini saya kombinasikan dengan unlock screen, disertai satu kali unlock untuk verifikasi. Disini dbutuhkan bantuan aplikasi lain, Secure Settings agar pengaturan berfungsi:
Context: State –> Wifi Connected (opsi lain dikosongkan karena saya ingin pengaturan ini berlaku untuk setiap WiFi yang terkoneksi)
Action: Secure Settings –> Pattern Lock Dan centang Enter password once before unlocking.
Terakhir jangan lupa untuk membuat satu profile lainnya untuk mengakhiri setiap perintah/pengaturan emoticon-Smilie

Pengaturan sederhana lainnya yang ada di Android ane:
  • Setiap Jumat pkl. 11:30 s.d 12:45 telepon dalam keadaan silent
  • Auto Rotation untuk aplikasi tertentu, mis: QuickPic, Youtube, Gallery, Video Player, Aplikasi Navigasi, etc.
  • On/Off GPS untuk Aplikasi Navigasi, Camera, etc.
  • Menjalankan PowerAmp ketika Bluetooth aktif


Note:
Terkadang TASKER membutuhkan rooting, plugin atau pun bantuan aplikasi lainnya untuk dapat bekerja sesuai dengan pengaturan/perintah yang dikehendaki.

Tambahan:
Dengan tujuan mengirit baterai, ane pakai juga aplikasi Account Sync, untuk mengatur jadwal sychronize email, address, akun, etc. Serta mematikan sychronize pada pkl. 23:00 s.d pkl. 5:00 dan ketika baterai kurang dari 10%. Sebetulnya bisa juga pakai TASKER tapi belum nemu formula yang cocok emoticon-Cape d... (S)

Selanjutnya silahkan, Agan-agan share pengaturan otomatis lainnya . . .
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:

Agan tu pake profile apa? Apa setiap layar nyala langsung ngecek tu ya? Ga boros batere apa.

Ane nangkapnya nih ada 2 kasus, satu di wifi dan satu lagi di switching 2G dan 3G.

Untuk wifi, agan bisa buat profile cek variable %WIFI. Kalau %WIFI = on, maka turn off mobile data. Lalu add exit task, turn on mobile data. Cuma ini ada kekurangan, yaitu agan ga bisa matiin wifi tanpa hidupin mobile data. Makanya ane sendiri ga pake profile, tapi task doank, bikin shortcut di quick launch nya tasker. Tasknya seperti ini :
Spoiler for Switch EvDo/Wifi:

Begitu ditap shortcutnya, akan launch task ini. Pertama ngecek dulu apakah mobile data on (ane pake CDMA, jadi ngecek EvDo). Kalau data on, maka hidupkan wifi dan matikan data. Kalau data off, maka hidupkan data dan matikan wifi. Hasil akhir adalah setiap kali ane tap, tasker akan toggle antara data dan wifi. Lebih singkat daripada tap wifi lalu tap data, atau sebaliknya.

Terus untuk data, agan sebenarnya cuma perlu cek dua kondisi (3 kondisi kalau plus data nya). Yaitu kalau batere di atas 20 dan di atas jam 6 pagi ampe contohnya jam 10 malam (sesuaikan dengan jam tidur agan), 3G akan on. Selain itu 2G aja. Kemungkinan skenario :
Batere >20 + Jam 6 - 22 = 3G
Batere >20 + Jam 22 - 6 = 2G
Batere <20+ Jam 6 - 22 = 2G
Batere <20 + Jam 22 - 6 = 2G

Karena cuma 1 gabungan 2 kondisi aja yang 3G (yang pertama), maka kita buat ini di profile baru :
  • Mobile network on (centang semua)
  • Battery level 20 - 100 %
  • Time dari 06:00 - 22:00
Task nya : set mobile data ke 3G Preferred
Exit task : set mobile data ke 2G only

Hasilnya 3G hanya akan aktif, kalau ketiga kondisi di atas terpenuhi : mobile data lagi on (atau wifi lagi off), battery level di atas 20% dan waktu berada di antara pukul 06:00 - 22:00.
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di