Thumbs up 
Review Fonepad 8 FE380CG

Ini sedikit review dari ane.

Build Quality.
Desainya ergonomis, tipis, dan ringan. Walau dengan range harga dikisaran low-to-mid end, namun desainnya terkesan premium. Walau desainnya masih menggunakan plastik, tapi pinggirannya seperti alumunium. Bezel yang tidak terlalu tebal, menambah kesan elegannya. Tapi yang sangat disayangkan bagian belakang bodynya sangat mudah tergores. Fonepad ane dulu baru seminggu pakai sudah tergores dimana-mana. Jadi sangat ane sarankan untuk menggunakan pelindung (Flipcase, jellycase, dll) pada Fonepad agan-agan untuk mengurangi resiko goresan. Yang buat ane kecewa juga dengan lapisan layarnya. Ane baru sadar jika Fonepad ini belum menggunakan Gorilla Glass sebagai pelindungnya. Alhasil laya Fonepad ane sudah terdapat goresan, walau hanya sedikit tapi rasanya gimana gitu emoticon-Mewek. Dan juga layar Fonepad ini rawan kemasukan debu. Layar ane terdapat beberapa bintik debu yang kelihatan jelas jika layar dalam kondisi mati atau ketika layar menampilkan warna-warna cerah. Risih banget rasanya. Jadi sangat ane sarankan untuk segera memasang pelindung layar seperti Tempered Glass, anti glare, dsb.

Spesifikasi Hardware
Fodepad FE380CG ini sudah mengadopsi prosesor Intel Atom Z353, proci 64bit Intel generasi ke-3. Prosesornya sudah Quad-core dengan besaran clock 1,33 GHz. Menurut ane spesifikasi tersebut sudah sangat luar biasa dengan harga 2 jutaan. Untuk menjalankan aplikasi sehari-hari dan multi-tasking sangat lancar. Prosesor ini berbeda dengan prosesor yang digunakan Zenfone family. Prosesor pada Fonepad ini lebih dingin dan hemat batre.Walau ane buat bermain game berlama-lama, Fonepad ane tetap dingin. Tetapi akan sedikit panas jika digunnakan sambil di charge. RAM nya 2GB, menurut ane sudah cukup tapi belum puas. ZenUI sendiri mengambil banyak sekali dari kapasitas RAM keseluruhan. Ane instal BBM, Whatsapp, Line, Facebook, Instagram, dan Pinterest RAM tersisa sekitar 500-600 MBan. Tetapi walaupun begitu tidak pernah ane mengalami masalah kekurangan RAM walaupun banyaknya aplikasi yang berjalan dibelakang. Untuk GPU nya menggunakan PowerVR G6430. Buat bermain game-game HD lancar jaya hanya saja 3D yang dihasilkan masih kasar pada pinggirannya, seolah tidak ada anti-aliasingnya emoticon-Cape d... Fonepad ini sudah support OTG, tapi belum pernah ane tes untuk HD External. Untuk GPS ane udah tes dan kualitasnya buruk. Keterlambatannya sangat luar biasa buruk. Entah itu karena fonepad ane atau dari google mapnya, atau mungkin terdapat bug pada firmwarenya ane masih belum mengerti. Kapasitas ROMnya 16GB, setelah terpakai oleh sistem, yg tersisa sekitar 11-12GB. Ane rasa sudah sangat cukup untuk pemakaian standar. Jika agan-agan suka bermain game HD, maka ane sarankan menambah kapasitas dengan MicroSD. Fonepad support MicroSD hingga dengan kapasitas 64GB. Kualitas speaker Fonepad luar biasa. Menaruh dual stereo speaker di body bagian depan adalah keputusan yang tepat. Jadi suara yang dikeluarkan tidak hilang jika kita menggunakannya diatas meja. Kualitas suaranya jernih dan bassnya okelah. Diatambah lagi ada AudioWizard untuk mengatur keluaran audionya.

Layar
Layarnya sudah IPS LCD dengan resolusi 1280x800. Kerapatan layarnya mencapai 189ppi. Menurut ane sudah cukuplah untuk tablet 8 inch. Fonepad 8 sudah sanggup memutar film HD dan Full-HD. Layar Fonepad 8 ini cerah dan kualitas warna yang dihasilkan vivid banget dan memiliki kontras yang baik. Jika agan merasa warna pada layarnya kurang kontras atau terlalu kontras, Fonepad 8 sudah menyediakan aplikasi untuk mengatur pewarnaan pada layar namanya Splendid. Tapi tidak ane sarankan karena aplikasi Splendid ini memakan banyak sekali RAM dan batre. Untuk touchscreen, sudah sanggup menampung hingga 10 sentuhan, touchscreenya sangat responsive dan tidak ada kendala selama ane memakai Fonepad 8 ini.

Kamera
Kamera belakang 5MP, kamera depan. Kualitasnya sih menurut ane OK. Memang tidak dapat yang banyak diharapkan dari kamera table. Untuk memotret di luar ruangan yang memiliki banyak cahaya, kualitasnya lumayan. Untuk memotret didalam ruangan atau lingkungan minim cahaya kualitasnya ya seadanya. Kualitas kamera depan juga biasa-biasa saja.
Spoiler for Test kamera belakang:

Spoiler for Tes kamera depan:


Baterai
Baterai Fonepad memiliki kapasitas 4000 mAh. Kapasitas standar untuk sebuah tablet. Daya tahannya saya acungi jempol. Mungkin karena prosesornya yang memakan sedikit daya dan manajemen RAMnya yang baik, daya tahan baterai Fonepad 8 sangat luar biasa. Jika pemakaian ringan (baca buku, nonton video, telpon, SMS) tanpa koneksi internet dan single sim, tablet ini mampu bertahan hingga 1 minggu. Jika pemakaian ringan + koneksi internet ditambah dengan sosial media, browsing sejenak, single sim Fonepad 8 bisa bertahan selama 2 hingga 3 hari. Pemakaian yang cukup intensif seperti bisa bertahan seharian penuh. Fonepad ane selalu terisi penuh jam 6 pagi, ane aktif sosial media (Facebook, Instagram, Twitter) dan juga messenger (BBM, Whatsapp) dan juga ane suka bermain game seperti COC, Get Rich dimana dalam sehari sering sekali memainkannya. Ane juga sesekali browsing dan baca berita menggunakan aplikasi tambahan, sesekali ane baca komik dan novel, nonton video dan mendengarkan musik sesekali. Jam 8 malam batre ane masih tersisa 20%. Big applause deh buat daya tahan batre Fonepad 8. SS menyusul gan emoticon-Malu (S)

Kesimpulan
Untuk tablet dikisaran 2,3 - 2,7 juta, Fonepad 8 tidak ada tandingannya. Untuk harga yang serupa, belum ada yang menandingi Fonepad 8 dari segi kualitas dan spesifikasi. Asus berhasil mematahkan istilah "Ada harga ada rupa". Sangat recommended untuk dimiliki entah itu dari kalangan apapun.

Kelebihan:
  • Spesifikasi mumpuni
  • Ada slot kartu dual sim, dual-on, bisa buat telpon & SMS
  • Layar sangat cerah dan warna yang dihasilkan top banget
  • Daya tahan baterai luar biasa
  • Kualitas speaker bagus
  • Tidak panas walau digunakan berlama-lama
  • Harga murah

Kekurangan:
  • Layar belum Gorilla Glass, mudah tergores
  • Mudah kemasukan debu
  • Body belakang mudah tergores
  • GPS tidak akurat
  • ZenUI menghadirkan aplikasi tambahan yang menggunakan banyak RAM
  • Belum Lollipop (saat ini)
  • Tidak ada headset dalam paket penjualan


Sekian review dari ane. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan maklum review pertama gan emoticon-Malu (S)
Jangan sungkan-sungkan untuk dikoreksi jika ada yang kurang tepat emoticon-Malu (S)

Terimakasih emoticon-Traveller