alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / Electronics /
Orvibo Wifi Smart Socket S20 : Kendalikan peralatan listrik anda dari Android
4.6 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54955f4d1a99753b638b4569/orvibo-wifi-smart-socket-s20--kendalikan-peralatan-listrik-anda-dari-android

Orvibo Wifi Smart Socket S20 : Kendalikan peralatan listrik anda dari Android

Orvibo Wifi Smart Socket S20

Prolog
Spoiler for Awal cerita:

Paket Pembelian & unboxing
Akhirnya datang juga barangnya, sekilas kotaknya mirip kayak kotak Handphone, packaging kotaknya pun elegan banget. Bahkan ada teman kantor yang pikir ane beli BB (karena kotaknya hitam). Dalam kotak ada :
1. Orvibo Wifi Socket dengan EU Plug (Plug Indonesia)
2. Kertas panduan
Spoiler for Kiri : Kotak; Kanan : Isi kotak:

Ya, cuma sesimple itu dalamnya. Tapi kotaknya gede banget, jadi boros2in ongkir deh.
Spoiler for Full unboxing:

Yang paling disesalin tu pas nanya ke tokonya, apakah tipe soket nya adalah tipe Indo atau UK; mereka jawabnya seperti di gambar (padahal di gambar ada yang UK, ada yang EU). Hasil googling mengatakan bahwa mereka memang memproduksi 4 jenis socket.

Gara2 ane sangsi, jadinya cuma pesan satu. Kalau gak, ane uda pasti pesan dua. Dan ternyata yang datang memang soket EU, baik input maupun output (cocok dengan soket Indonesia), jadi bisa langsung colok ke soket listrik dan dicolok lagi dengan peralatan listrik lain, tanpa perlu adanya adapter tambahan.

First impression, build quality
Sekilas liat desain luarnya, elegan banget. Materi yang dipake pun ga terkesan murahan. Cuma mungkin karena warna putih, jadi terkesan cepat kotor. Di bagian depan ada Soket EU female, tempat colokan peralatan listrik yang mau diremote; serta tombol multifungsi, sebagai on/off dan untuk pairing network, dengan LED merah/biru. Di bagian belakang adalah Soket EU male, untuk colok ke soket sumber listrik.
Spoiler for Tampak depan dan belakang:


Fungsi & Cara Kerja
Fungsi Orvibo S20 adalah untuk mengendalikan on/off perangkat elektronik dari smartphone android/ipin kita melalui perantaraan wifi. Artinya kita tidak perlu tekan on/off di saklar soket listrik lagi, cukup on/off dari android/ipin
Spoiler for Cara kerja : On/Off dari Android via Wifi:

Cara kerja Orvibo S20 ini dalam bahasa awamnya :
1. S20 dicolok ke soket listrik, perangkat yang mau dikendalikan dicolok ke soket S20 ini.
2. Kemudian S20 ini dihubungkan ke wifi router yang sudah ada.
3. Setelah terhubung, maka agan bisa meng-on/off-kan perangkat listrik yang tercolok dari android/ipin yang sudah diinstall WiWo.

Spesifikasi produk
Nama : Orvibo Wifi Smart Socket
Model: WiWo-S20-E2
Plug : EU male and EU female (cocok dengan colokan listrik Indonesia)
Shell : V-0 Fireproof Level Shell

FEATURE AND SPECIFICATION
  • Color pearl white
  • Size (L)103*(W)63*(H)43mm
  • Weight 105g
  • Material ABS 94V-0
  • Voltage range 100-240V AC
  • Max Current 10A
  • Wireless Frequency 2.412-2.484GHz
  • Wireless IEEE Standards IEEE802.11b/g/n
  • Security Type WEP64/WEP128/TKIP/CCMP(AES)
  • Security Mechanism WEP/WPA-PSK/WPA2-PSK
  • Wireless Consuming <= 3W
  • Working Condition -20-60C <=80% humidity

Feature :
  • Support Wifi Network
  • Support Smart Configure net technology, easy to access setting
  • Support status tracking, home appliances status timely feedback to your device
  • Power indicator helps tracking energy spending
  • Support max 10 timing task
  • Support max 150 Wifi smart socket for one smartphone
  • Easy Installation, easy handling and can be activated immediately and stable
  • CE, ROHS, REACH approval


- Cara pakai
Persyaratan :
  • Perlu baca buku manual untuk petunjuknya.
  • Pastikan agan sudah terkonek ke wifi dan harus tahu password wifi router tujuan yang akan dihubungkan ke orvibo S20 ini.
  • Pastikan wifi routernya sudah diaktifkan fitur DHCP nya (rata2 sudah aktif). Pastikan juga masih ada sisa IP DHCP yang bisa diberikan ke orvibo S20 ini. S20 ini tidak support static IP, tidak ada konfigurasi di socketnya. Jadi kalau mau support IP Static, mesti pake fitur reserved client DHCP IP dari Router (rata2 router modern sudah support ini). Sekedar info, nama device S20 ini di router adalah HF-LPB100
  • Wifi router belum mencapai beban maksimal. Di beberapa wifi router konsumen, biasanya max di 15 client saja.
  • Dan jangan lupa, untuk install App WiWo nya di android/ipin

Spoiler for WiWo:

Mode Smartlink Configuration
  1. Download WiWo dari Playstore, atau lewat QR code di kotak. Install dan buka app nya.
  2. Colokkan orvibo S20 nya ke soket listrik
  3. LED indikator akan berkedip merah dan cepat. Kalau berkedipnya lambat, berarti koneksi ke router/AP sebelumnya terputus. Tinggal direset kembali ke Smart Link configuration mode. (mungkin seller tes dulu unitnya sebelum dikirim)
  4. Tap icon + (add) di WiWo dan pilih S20.
  5. Nama wifi router tujuan akan muncul, tinggal isikan password wifinya. Tap di Configuration, tunggu ampe selesai. Bisa kurang lebih 10-20 detik.
  6. Kalau setelah 60 detik dan masih gagal, coba cabut orvibo S20 nya dan colok lagi ke soket listrik (restart), baru ulangi lagi langkah configuration di atas.
  7. Setelah konek ke wifi router, maka warna LED akan jadi merah tanpa berkedip (solid red), soket S20 akan muncul di list device. Berarti sudah siap digunakan.

Mode AP Configuration
  1. Dalam kasus tidak bisa konek sama sekali (gagal melulu) dengan mode Smart Link di atas, bisa coba AP configuration.
  2. Setelah LED indikator berkedip merah dan cepat, tahan tombol LED nya selama 3 detik. LED akan berubah menjadi biru dan berkedip cepat. Ini menandakan orvibo S20 nya berada dalam mode AP Configuration, di mana S20 ini akan menjadi hotspot sementara, untuk mendapatkan informasi dari SSID dan password dari HH.
  3. Buka WiWo, tap di menu kanan atas (3 dot 3 line) > More > AP Configuration. HH akan diskonek dari wifi router sebelumnya, jadi pastikan agan tidak sedang download atau copy data pada saat konfigurasi ini.
  4. Tunggu ampe HH mendeteksi wifi hotspot buatan Wiwo ini (kira2 20 detik), nama SSID sementara nya adalah WiWo-S20.
  5. Baru tap di Choose wifi, untuk memilih wifi router tujuan. Masukkan passwordnya dan tap OK.
  6. LED akan berubah menjadi merah tanpa berkedip, S20 sudah terhubung ke wifi router.
  7. Tekan back, lalu tap di menu kanan atas > Device, untuk kembali ke dashboard WiWo.
  8. Tap icon + (add) dan pilih Search. Bedanya mode AP Configuration dengan Smartlink di atas adalah pada mode Smartlink, soket S20 dihubungkan ke wifi router dan langsung ditambahkan ke list setelah konfigurasi selesai. Sedangkan AP Configuration hanya menghubungkan S20 ke wifi router, tapi tidak menambahkannya ke list device. Jadi perlu diadd secara manual via search.
  9. Setelah dapat, soket S20 sudah siap digunakan.


Penggunaan standar :
  • Tekan button di LED untuk toggle on/off secara fisik. LED merah = off, LED biru = on.
  • Tap di on/off switch di device list untuk on/off
  • Tap di nama socket nya untuk masuk ke individual setting, dengan status soket. Merah = off, hijau = on.
  • Tap di 3 dot kanan atas, untuk fitur timing, Count Down timer dan edit soket.
  • Di bagian bawah ada uid soket, yang merupakan kombinasi dari MAC address nya dengan 6 hexadecimal "20". Ini adalah identitas unik dari setiap soket, sehingga tidak bentrok kalau dipakai di dalam wifi yang sama. UID inilah yang nantinya akan dipakai sebagai pengenal di tasker nantinya.


Review feature
Spoiler for Fitur Timing, Edit & Count Down:
  1. Ada built-in timer yang bisa set auto on-off pada jam tertentu, max 10 timing. Jadi tidak perlu beli timer terpisah untuk lampu malam.
  2. Fitur Count Down timer, soket akan mati sendiri setelah dihidupkan dalam waktu yang telah ditentukan, max 18 jam. Misalnya untuk cas HP, disetel auto-off setelah 2 jam.
  3. Ada fitur lock password (default : 888888), sehingga user iseng yang punya app WiWo dan terkonek ke wifi agan, tidak bisa sembarangan ngontrol socket ini. Hanya device yang sudah diautorisasi yang boleh mengendalikannya.
  4. Ada fitur scene, yang fungsinya on/off beberapa soket sekaligus. Tentunya ini hanya akan berguna kalau agan punya lebih dari satu soket. Misalnya Scene "Tidur", akan mematikan dua soket lampu utama dan menyalakan satu soket lampu tidur.


Perfomance
  1. Karena orvibo ini cuma perlu send command UDP 65 byte, maka bandwidth wifi yang diperlukan sangatlah kecil. Dapat bekerja dalam kondisi wifi hanya 1-2 bar sekalipun. Boleh dibilang tidak membebani jaringan wifi sama sekali (beda dengan IPCam yang pasti nyedot bandwidth lokal)
  2. Transfer daya cukup cepat, mungkin sekitar 0,2 detik. Artinya begitu ditap on, selang 0,2 detik langsung uda on peralatan elektroniknya. Kalau dibrute switch, satu detik bisa on sekali dan off sekali (dua kali toggle perdetik)
  3. Untuk ketahanan ampe ribuan watt belum dites, soalnya ane lebih cenderung pake di device wattage kecil. Sebisa mungkin sih jangan dicoba di device yang perlu daya tinggi, seperti AC, Rice Cooker ataupun setrika. Meskipun dari info pagenya, yang penting peralatan elektronik tersebut sudah double-insulated (kabel isolasi ganda), maka bisa dipakai sampai 2000 Watt.


Konektivitas / addon
Dengan koneksi wifi, sangatlah mudah untuk menghubungkannya ke wifi router rumah/kantor, sehingga bisa dipakai universal di mana pun ada wifi, tanpa perlu internet. Untuk penggunaan di luar jaringan wifi lokal, seharusnya sih bisa via login ke website orvibo. Kayaknya sih servernya ada di 42.121.111.208 (belum ane konfirm). Tapi belum pernah ane coba, karena alasan privacy. Meskipun gitu, agan tetap bisa route sendiri di routernya, via port forwarding di external IP routernya.

Keunggulan yang paling menarik (meskipun agak repot dikit), adalah bisa digabungkan dengan tasker, melalui plugin UDP sender. Protocol information Orvibo S20 yang ane dapatkan dari ninjablock sangatlah membantu proses penggabungan ini. Diperlukan dedicated wifi router yang mampu bind MAC address ke IP tertentu (DHCP address reservation), untuk mencegah IP soket S20 berubah-ubah. (karena orvibonya sendiri tidak bisa set IP Static, hanya support DHCP). Melalui perkimpoian dengan tasker ini, maka terbukalah pintu orvibo ke dunia android yang tanpa batas, seperti yang pernah ane share di trit tasker, tentang cara membuat motion detection lamp. Terakhir, ane pakai gabungan dari Max C2 + Gorilla Pod + Mobile Telescope 8X, sebagai motion detectornya.
Spoiler for Max C2 + Gorilla Pod + Mobile Telescope 8X:

Kelebihan & kekurangan
Kelebihan
1. Setup yang sangat mudah, App WiWo sangat user-friendly
2. FAQ dan User Guide yang cukup membantu (agan perlu ngerti Inggris)
3. Standalone, unitnya sendiri sudah bisa berfungsi tanpa induk/converter tambahan
4. Bandwidth untuk kontrol sangat minim
5. Transfer speed cukup cepat
6. Punya fitur timer, count down, lock, dan scene
7. Bisa dihack dan digabungkan dengan tasker (perlu setup tambahan)

Kekurangan
1. Perlu punya dedicated wifi router sendiri (agan punya akses admin ke wifi routernya), supaya penggunaan maksimal.
2. Plug ke soket agak makan tempat, soket listrik agan perlu cari yang miring.
3. Soket femalenya cuma 2 lubang, tanpa lekukan ke dalam. Jadi tidak disarankan disambungkan lagi dengan cabang tiga versi T.
4. Belum punya fitur power/energy meter (seperti yang ada di Wemo #berharapbanget)
5. Tidak bisa set IP Static (bisa diakalin asalkan pake wifi router yang support DHCP address reservation)
6. Tidak ada info tentang sinyal wifi yang diterima. Tanda bahwa soket sudah terhubung ke wifi, hanya jika LED indikator tidak berkedip
7. Kotak packaging yang agak besar, menambah ongkos pengiriman

Kompetitor & alternatif
Satu2nya kompetitor terdekat yang ane tau adalah Wemo wifi switch dari Belkin, yang tergabung dalam packet Wemo Home Automation. Di mana Wemo punya produk yang tipe insight switch, mirip dengan orvibo S20 ini, bedanya ada tambahan power meter yang berguna untuk monitor daya listrik yang terpakai (serta biayanya).

Untuk produk home automation lain, sejauh ini ane belum ketemu yang bisa head2head dengan orvibo ini di bidang standalonenya. Rata2 produk lain (kecuali Wemo di atas), masih perlu sejenis adapter, converter ataupun main unit (centralized) untuk menerjemahkan instruksi dari android ke hardware propriatery mereka. Artinya untuk mengabungkannya ke android perlu beli satu set, tidak bisa hanya perunit saja seperti di orvibo S20 ini. Ane sendiri sangat mengutamakan standalone unit (decentralized), karena otomatis mempermudah scaling; dalam hal misalnya menambah unit adalah semudah menghubungkannya ke wifi router yang sama, tidak perlu beli alat tambahan atau dipusingkan dengan batas koneksi per main unit.

Kesimpulan & epilog
Orvibo S20 ini adalah wifi smart socket standalone termurah yang bisa ane temukan ampe review ini ditulis. Dengan kemudahan setup dan bisa dihack untuk digabungkan ke tasker, merupakan salah satu fitur andalannya. Bagi yang memang punya impian membuat seisi rumah berada dalam kontrol smartphone, Orvibo S20 ini adalah device yang wajib dibeli.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
boleh juga tuh gan .. bisikin harga dan trmpat belinya gan
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di