just sharing

Allow cemua enghuni as-us ail yang anteng-anteng tapi afgan...

udah lama gak buka forum gara2 kesibukan dan jujur aja keasikan mantengin grup line, hehehe, ane jgn ditimpuk gan....

Jadi saya mau share, gimana cara mengatasi rasa minder terutama jika rasa minder/ rendah diri itu berasal dari alasan berikut:

Tampang yg Minus

so, langsung aja pembahasannya, ini sumbernya dari pengalaman pribadi

1.mengatasi rasa rendah diri akibat penampilan yang kurang oke

a.Flashback

Sepengamatan saya, salah satu alasan kenapa saya minder banget kalo mau berinteraksi dengan cewek (apalagi yg super-hot-babe istilahnya) adalah malu punya tampang jelek.
perasaan itu bahkan diperparah ketika cewek yg kita ajak ngomong ternyata adalah cewek yg kita suka. Secara sadar, saya langsung "mengetahui" kalau sang cewek pasti ilfeel sama saya, dan ujung2nya adalah putus asa karena kita "tau" gak akan bisa membuat si cewek tertarik.
Panjang cerita selama bertahun-tahun mindset saya ter-frame pikiran seperti itu. Yasudah, saya coba cari jalan keluarnya tapi gak nemu2 juga (abisnya tampang ane mentok tembok gan hahaha emoticon-Big Grin) sampai ada saran dari teman waktu kuliah untuk coba sugesti (becermin, kemudian "ngata2in" ke diri sendiri kalau apa yang muncul dikaca itu ganteng beneran).
cara tersebut rupanya hanya membantu sedikit saja, karena tidak mengatasi akar permasalahan ----> tetep aja ane jelek T.T haishhh

b.Action

Saya sadar bahwa muka jelek memang nilai minus, tapi bukan berarti tidak ada hal yang bisa diupgrade dari penampilan saya. Jadi, ketimbang berusaha meyakinkan diri (red: menipu) kalau saya itu ganteng, saya memilih untuk realistis. Dengan cara ini, saya menjadi sadar atas beberapa hal yaitu:

1. saya telah menempatkan nilai diri saya pada tempat yang salah (misal:tampang). Nilai diri ( self-worth bahasa kerennya) harusnya ditempatkan pada tempat yang lebih terhormat (misal : etos kerja, kejujuran, jiwa korsa, dll) bukan pada hal-hal fisik atau yang sifatnya sementara.

2. Tampang jelek yang sifatnya fisik atau bawaan lahir ya memang jelek. deal with it!
Gunakan bantuan fashion untuk menciptakan ILUSI visual yang lebih enak dilihat / lebih menarik bukan memaksakan style tertentu. Hal ini sangat memungkinkan untuk dilakukan ketimbang operasi plastik. Fashion juga sangat berkaitan dengan jiwa seni, so have fun with it.

3. Ternyata banyak kejelekan fisik saya itu berasal dari kebiasaan yang kurang sehat, jadi mulailah saya diet, nge-gym, dll. Intinya "redeem your mistakes first"

c.Review

Beberapa keuntungan dari cara ini:
1. Karakter saya jadi lebih kongruen, saya tidak lagi mencoba menipu diri sendiri, dan yang pastinya berhenti berdelusi.
2. Dengan belajar untuk menerima kekurangan yang tidak bisa atau terlalu sulit untuk diubah, saya menjadi lebih leluasa dalam menggali potensi-potensi diri saya yang lainnya misal rasa seni berpakaian / fashion, jiwa ngelawak, etos kerja (cailehhh, kerjaan dikantor aja sering gue skip) dsb.
3.Saya berhenti ngarepin pujian dari cewek (pengen dibilang ganteng, atau pengen ditaksir / needy) why? karena saya sadar saya jelek, tapi bukan berarti saya menyerah dengan keadaan. saya masih punya "value" lain yang bisa saya tawarkan untuk berinteraksi dengan cewek.
4.Fokus hidup saya adalah upgrade-upgrade-upgrade. dengan cara ini saya berhasil mengatasi rasa terhina kalau di tolak cewek, saya gak berusaha menipu diri kalau di reject cewek itu yang rugi ceweknya atau sugesti2 senada lainnya. Sadari kesalahan itu dari saya sendiri lalu putuskan bisa diubah atau tidak. Dapet petuah dari anak grup LINE, " kebahagiaan kita harus ada ditangan kita sendiri, jangan sekali-kali memberikannya kepada orang lain (cewek)" kurang lebih redaksinya begitu, ane lupa detailnya, hehehe

okey sekian dulu sharing dari hamba nubie yang hina ini,
mohon subes subes sekalin berkenan membacanya.

regards,
evoru