alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa itu music EDM?bagi yg demen musik masuk gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5410199e92523390078b4571/apa-itu-music-edmbagi-yg-demen-musik-masuk-gan

Sejarah musik EDM (Electronic Dance Music)

Spoiler for "pertama":





Maraknya lagu-lagu elektronik bikin kita pengin berkenalan lebih jauh sama EDM (Electronic Dance Music). Yuk, kita tengok perkembangan EDM di tiap zaman dan para DJ yang ngetren kala itu.

Apa itu EDM?
Sebelumnya, kita berkenalan dulu dengan jenis musik satu ini. EDM banyak dikenal orang sebagai musiknya orang dugem, atau musik dance, atau juga diketahui sebagai musik yang diproduksi oleh para DJ (disc jockey). EDM atau kepanjangan dari electronic dance music memang berhubungan dengan kehidupan malam, lantai dansa, dan disc jockey (DJ) atau produser musik elektronik. Tapi, ada penjelasan lebih jauh tentang musik elektronik yang selalu menjamur di kalangan remaja di tiap zaman ini.

Electronic dance music adalah produksi musik melalui berbagai instrumen elektronik seperti synthesizer, midi keyboard, turntable, mixer, bass, dan sebagainya. Di masa kini, EDM bahkan bisa diproduksi melalui berbagai aplikasi komputer. Makanya, para DJ dan produser sering tampil dengan menggunakan laptop mereka. Musik-musik yang dihasilkan merupakan gabungan dari berbagai instrument elektronik tersebut.

EDM di tiap zaman

1960s
Ini adalah masa kelahiran musik elektronik. Pada era itu, instrumen elektronik yang dipakai antara lain bass dan beberapa synthesizer. Musik-musik pop dan rock mulai menambahkan instrumen tersebut ke dalam lagu-lagu mereka. Misalnya saja band legendaris The Beach Boys di lagu Good Vibrations (1966).

Artis: EDM memang belum akrab di telinga para pecinta musik pada masa itu. Tapi ada satu produser dari Australia, Val Stephen, yang merilis satu album penuh EDM di era itu. Setelah itu, banyak produser yang mulai memanfaatkan instrumen elektronik walau lebih digunakan untuk mengatasi masalah teknis suara.
Spoiler for 1960s DJs:

Spoiler for 1960s DJs:

Spoiler for 1960s Female DJs:

Spoiler for 1960s DJs turntable:


1970s
Era ini terkenal banget sebagai kejayaan musik disko. EDM yang terkenal pada masa itu pun merupakan musik elektronik disko. Penyanyi seperti Donna Summer atau band seperti Bee Gees adalah artis disko yang populer di era ini. Mereka mulai menggunakan sentuhan musik elektronik di jaman itu. Enggak cuma musik disko, muncul pula subgenre synthpop yang mulai diminati masyarakat.

Artis: Di era 70an mulai muncul juga band yang berfokus pada musik elektronik dan synthpop yaitu Kraftwerk asal Jerman yang terkenal dengan salah satu albumnya, Autobahn (1974).
Spoiler for 1970s DJs:

Spoiler for for donna summer:

Spoiler for for bee gees:

Spoiler for 1970s DJs turntable:

Spoiler for for kraftwerk:


1980s
Setelah kepopuleran Kraftwerk di era 70-an, synthesizer pun jadi instrumen musik elektronik yang dominan pada era 80-an. Kemunculan genre alternatif seperti synthpop pun kemudian menggeser eksistensi musik disko 70-an.

Artis: Kraftwerk tetap mempopulerkan EDM mereka di era ini. Selain itu, di era ini juga mulai muncul sebuah budaya DJ dengan DJ-DJ terkenal seperti Larry Levan dan Frankie Knuckles.
Spoiler for for larry levan:

Spoiler for for Frankie Knuckles:

Spoiler for 1980s DJs:

Spoiler for 1980s DJs turntable:


1990s
Penggunaan komputer mulai banyak digunakan musik elektronik pada era ini. Dengan perkembangan teknologi dan komputer, membuat semakin banyak orang dapat memproduksi musik elektronik mereka sendiri. Wilayah Eropa terutama Jerman menjadi saksi kemunculan DJ dan produser musik elektronik ternama.

Artis: DJ seperti Paul Van Dyk jadi salah satu nama penting dalam dunia musik elektronik khususnya subgenre musik trance pada era itu. Beberapa musiknya yang terkenal adalah remix lagu Love Stimulation karya Humate dan hit single Paul yang berjudul For an Angel.
Spoiler for for Paul Van Dyk:

Spoiler for 1990s DJS:

Spoiler for 1990 DJs turntable:


2000s
Di era ini, EDM makin berkembang. Mulai muncul juga berbagai sub-genre seperti trap (hip-hop elektronik), dubstep, nu-disco, dan electro house.

Artis: Salah satu artis EDM beraliran nu-disco adalah duo asal Prancis Daft Punk yang namanya mulai terkenal di akhir 1990-an dan awal 2000-an. Beberapa DJ lain yang mungkin namanya udah enggak asing lagi merupakan artis EDM nu-disco dan electro house era ini bahkan hingga sekarang yaitu Calvin Harris, David Guetta, Deadmau5, dan Avicii. Selain itu, ada pula genre trap yang mulai dikenal dengan kemunculan duo DJ Flosstradamus di era 2000-an.
Spoiler for for daft punk:

Spoiler for for calvin harris:

Spoiler for for david guetta:

Spoiler for for deadmau5:

Spoiler for for avicii:

Spoiler for for flosstradamus:

Spoiler for 2000s DJs turntable:


2010s
Sekarang, EDM tetap menjamur. Sub-genre dubstep menjadi semakin dikenal di era ini. Begitu juga dengan electro house kian bermunculan di jaman 2010-an. Genre electro pop pun semakin dikenal masyarakat. Para DJ 2000-an terlihat sering melakukan kolaborasi dengan penyanyi-penyanyi ternama. Misalnya, Calvin Harris berkolaborasi dengan Rihanna dalam lagu We Found Love dan David Guetta feat. Usher dengan lagu Without You.

Artis: Di awal era ini, dubstep jadi musik yang cukup digemari berbagai kalangan. Apalagi dengan kepopuleran Skrillex dengan yang memproduksi musik dubstep di lagu First of the Year (Equinox).

Zedd adalah DJ asal Jerman yang belum lama ini manggung di Djakarta Warehouse Project 2013. Cowok bernama asli Anton Zaslavski ini punya musik yang enak banget seperti lagu hits-nya Clarity yang berkolaborasi dengan Foxes.

Selain itu, EDM juga kedatangan produser muda asal Inggris yaitu Disclosure. Settle, debut album duo bersaudara Guy dan Howard Lawrence ini bahkan langsung mendapat nominasi Best Dance Album untuk Grammy Awards 2014
Spoiler for for skrillex:

Spoiler for for zedd:

Spoiler for disclosure at grammy awards:


Berikut adalah perkembangan electronic dance music dari masa ke masa,hmmm agan ada di era yang mana ya?emoticon-Malu (S)

Spoiler for sekian:





Spoiler for sumber:


UPDATE

ANGGER DIMAS THE GREATEST DJ/PRODUCER IN INDONESIA

Spoiler for angger dimas with david guetta and laidback luke:

Spoiler for angger dimas with tiesto:

Spoiler for with steve aoki:

"If Nasi Goreng, the mash up of rice, egg and vegetables is Indonesia's nation food dish then DJ and producer Angger Dimas represents Indonesia's national music dish with his mash up of chopped beats and pumping synths that are topped off with some Dutch inspired spicy sounds!" ©AnggerDimas

Itu adalah kalimat atau slogan andalan Dimas di setiap akun profile yang ia miliki. Tidak disangka - sangka bahwa sekarang Indonesia telah memiliki seorang DJ yang telah diakui secara internasional.

Angger Dimas lahir pada tanggal 1 Maret 1988 (26 tahun). Ia adalah musisi elektronik, DJ (Disc Jockey), dan juga seorang produser dari Jakarta. Angger Dimas sudah menujukkan bakatnya sejak umur 7 tahun dengan bermain gitar. Dan dia pertama kali aktif di klub scene Jakarta pada tahun 2009. Dia sudah dinobatkan menjadi DJ nomer satu di Indonesia oleh thedjlist.com.

Ia mengawali karirnya dengan menandatangani kontrak dengan salah satu label rekaman di Australia, Australia Vicious Recordings di awal tahun 2009, dengan debut rilisnya “Duck Army” yang dimainkan oleh Tocadisco, Joachim Garraud, Laidback Luke, dan lainnya. Selanjutnya ia berkolaborasi dengan salah satu band yaitu Vandalisme dan dia mendapatkan dukungan internasional pada perilisan lagu “She Got It” yang kemudian disertakan di Ministry of Sound Australia Annual 2010 CD dan kemudia dimainkan oleh Sebastian Ingrosso sebagai lagu pembuka pada acara malam tahun baru di Melbourne “Sensation”. Lalu kolaborasi mereka ini banyak terdengar di playlist David Guetta, Chuckie, Armand Van Helden, Laidback Luke, dan juga Axwell.

Dimas tidak berhenti di situ, dimas terus melanjutkan karirnya dengan membuat karya – karya baru. Dimas terus merilis lagu – lagu remix. Termasuk merilis lagu Richard Visi & Static Revenger “ I Like That “ yang mencapai peringkat nomer satu di Cool Cuts Club Chart UK, Avicii, Afrojack, R3hab, Ian Carey, Kaskade, Tommie Sunshine, Amy Meredith, Sandro Silva, dan juga Havana Brown. Lalu Dimas membuka acara DJ Tiësto di Bangkok pada tahun 2010 silam, setelah dua kolaborasi membentuk grup Boys Will Be Boys. Di tahun 2011, mereka merilis tiga lagu EP “We Rock”. Lagu itu kemudia memasuki Top 10 di Beatport Electro House chart, dan juga ditampilkan di Tiësto’s Clublife Mix Compilation Album. Lalu Dimas juga bekerja sama denga trio Belgia Dimitri Vegas, Like Mike, dan juga Yves V, pada rilis kolaborasi mereka yaitu “Madagascar”, yang mana ditulis untuk Tomorrowland Festival. Salah satu lagu yang terdahulu yaitu “Hey Freak” bocor saat ditampilkan di set DJ oleh Afrojack, Steve Aoki, dan Laidback Luke pada saat festival Electric Daisy Carnival.

Saat ini Angger Dimas bermain DJ di Australi dan juga di New Zealand dengan beberapa tur nya pada bulan Februari 2010 yang mendukung Avicii, lalu pada bulan November 2010, dan Februari 2011 yang mendukung Oliver Twizt & Laidback Luke, dan lagi pada bulan November 2011 dengan Hardwell & Calvertron. Lalu pada bulan September 2011, Angger melakukan tur di USA dan bermain bersama Steve Aoki & Sidney Samson di Las Vegas dan tampil di Nocturnal Festival bersama dengan acara Bassjackers, Dirty South, dan Avicii dan kemudian menjadi co – headlined di sebuah pesta ADE di Amsterdam bersama Hardwell. Pada tahun 2012, Angger Dimas melakukan rilis kolaborasinya bersama Steve Aoki, “Steve Jobs”, Phat Brahms, Beat Down, dan sebuah remix dengan Afrojack & R3hab’s “Prutaataa”, lagu pertama dari album pertama Angger yaitu “Release Me” yang duet dengan Polina dan sebuah kolaborasi bersama Bassjackers, “RIA”. Lalu Angger Dimas tampil di Tomorrowland di Belgia pada Dim Mak Up All Night Stage dan juga bergabung dengan Steve Aoki, Dimitri Vegas & Like Mike di mainstage untuk debut kolaborasi baru mereka yaitu “Phat Brahms” secara langsung di Tomorrowland TV Stream.

Semua karya – karya Angger Dimas itu membuatnya menjadi DJ yang terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara – negara lain. Sekarang, Angger Dimas bukan lagi hanya sekedar anak Jakarta. Sekarang, Dimas sudah berubah menjadi sosok yang membanggakan keluarganya.


Diubah oleh kevinwijanarkoh
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


foto sama ane aja dulu ganemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di