alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Android /
Otomatiskan Pengaturan Android dengan TASKER
4.57 stars - based on 7 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/536a09f282cf176076000179/otomatiskan-pengaturan-android-dengan-tasker

Otomatiskan Pengaturan Android dengan TASKER


Sepertinya belum ada thread sejenis di KasKus yang membahas khusus aplikasi TASKER, padahal menurut ane aplikasi ini keren banget. Bagi ane, TASKER merupakan aplikasi wajib yang harus diinstall diperangkat Android setelah PowerAmp dan MXPlayer emoticon-Ngakak (S) Thread ini sengaja ane buat untuk saling berbagi pengaturan TASKER yang dipasang di perangkat Android Agan-agan, yang terkadang tidak terpikirkan sebelumnya emoticon-Malu (S)

Sekilas, mungkin ada yang belum tau, aplikasi apa TASKER itu? Mudahnya, aplikasi ini menyimpan setiap perintah yang akan dijalankan kemudian secara otomatis dengan tujuan bermacam-macam, dari pengaturan yang sederhana sampai yang rumit, menghemat baterai, atau hal lainnya . . . Ya semacam robot yang telah diprogram emoticon-Cool

Ok, misalnya . . . Kegiatan rutin yang sering dilakukan setibanya di rumah, kantor, kampus bahkan di tempat yang sering dikunjungi yaitu menghidupkan koneksi WiFi. Malah terkadang setelah keluar rumah atau kantor lupa untuk mematikan koneksi WiFi yang mengakibatkan baterai cepat terkuras emoticon-Mad Disinilah TASKER dapat difungsikan untuk membuat semuanya otomatis. WiFi hidup ketika tiba di rumah dan otomatis mati ketika meninggalkan rumah emoticon-Big Grin

WiFi otomatis terhubung, sesuai lokasi yang ditentukan
Context: State –> Cell Near (menggunakan informasi BTS lebih baik daripada GPS yang boros baterai)
Pilih tombol “Start” dan tunggu atau berjalan disekitaran ruangan (tanda “<” menandakan tower BTS yang terkoneksi). Pilih "Stop" setelah mendapatkan 2 atau lebih sinyal yang terkoneksi.
Action: Net –> WiFi
Pengaturan ini saya kombinasikan dengan unlock screen, disertai satu kali unlock untuk verifikasi. Disini dbutuhkan bantuan aplikasi lain, Secure Settings agar pengaturan berfungsi:
Context: State –> Wifi Connected (opsi lain dikosongkan karena saya ingin pengaturan ini berlaku untuk setiap WiFi yang terkoneksi)
Action: Secure Settings –> Pattern Lock Dan centang Enter password once before unlocking.
Terakhir jangan lupa untuk membuat satu profile lainnya untuk mengakhiri setiap perintah/pengaturan emoticon-Smilie

Pengaturan sederhana lainnya yang ada di Android ane:
  • Setiap Jumat pkl. 11:30 s.d 12:45 telepon dalam keadaan silent
  • Auto Rotation untuk aplikasi tertentu, mis: QuickPic, Youtube, Gallery, Video Player, Aplikasi Navigasi, etc.
  • On/Off GPS untuk Aplikasi Navigasi, Camera, etc.
  • Menjalankan PowerAmp ketika Bluetooth aktif


Note:
Terkadang TASKER membutuhkan rooting, plugin atau pun bantuan aplikasi lainnya untuk dapat bekerja sesuai dengan pengaturan/perintah yang dikehendaki.

Tambahan:
Dengan tujuan mengirit baterai, ane pakai juga aplikasi Account Sync, untuk mengatur jadwal sychronize email, address, akun, etc. Serta mematikan sychronize pada pkl. 23:00 s.d pkl. 5:00 dan ketika baterai kurang dari 10%. Sebetulnya bisa juga pakai TASKER tapi belum nemu formula yang cocok emoticon-Cape d... (S)

Selanjutnya silahkan, Agan-agan share pengaturan otomatis lainnya . . .
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!

Motion detection Lamp

Hehehe... sebenarnya uda banyak yang bisa ane ujicoba dengan tasker. Tapi kebetulan hari ini agak euforia, jadi pengen pamer. emoticon-Ngakak

Tadi pagi barusan ada update di Tinycam, sehingga uda support tasker plugin. Dan ada plugin motion detection. Wah, pas deh, bisa dikimpoikan dengan wifi socket yang baru ane beli dua minggu lalu.

Bahan-bahan hardware :
  • IPcam, bisa sulap dari android lain via IP Webcam. Tapi ane pake Tplink SC3230N.
  • Orvibo wifi socket.
  • Charger + USB LED, bisa juga pake perangkat elektronik lain yang mau dihidupkan/matikan.


App yang diperlukan :
  1. Tasker tentunya
  2. Tinycam versi terbaru yang support tasker plugin
  3. Wiwo, untuk mengontrol Orvibo wifi socketnya. Ini yang berfungsi mengon/offkan socket listriknya. (on/off lampu dalam eksperimen ini)
  4. Repetiti touch, sebagai makro sentuh.
  5. Xfloating halo, supaya bisa multiwindows antara tinycam dan wiwo


Step by step tidak bisa saya jelaskan, soalnya lumayan panjang, sementara masih ada kerjaan lain mau diselesaikan dulu. Tapi intinya adalah
  • dari tasker, menangkap plugin state motion detected dari tinycam.
  • Kemudian tasker eksekusi repetiti touch untuk tap bagian tertentu di layar,
  • wiwo sudah diset via multi windows, repetiti touch akan tap pas di tombol on/off.

Hasilnya adalah setiap kali ada yang lewat dari IPCamera nya, lampu akan on; kemudian lewat lagi, lampu akan off. Kemungkinan penggunaan pasti adalah pas di home automation, contohnya supaya lampu kamar mandi hanya hidup pas ada yang lewat, kemudian mati lagi pas uda keluar.

Potensi oprek di masa depan :
  1. Decode/hack perintah network dari Wiwo, sehingga tidak perlu xhalo, repetiti touch bahkan wiwo nya sendiri. Karena nantinya variabel on/off akan dihandle tasker
  2. Dari wiwo nya bisa diset timer, sehingga setiap motion detected, LED nya cuma nyala misalnya 10 menit (atau contohnya alarm cuma nyala 1 menit)
  3. USB LED (dan chargernya) bisa diganti perangkat lain, mungkin jadi alarm, kipas angin, master switch home theater, pintu garasi,
  4. Ipcam masih bisa digabungkan dengan fish eye lens untuk mendapatkan angle 180 derajat, atau mobile teleskop untuk bisa zoom ampe beberapa kali.
  5. Taskernya sendiri masih bisa disetting supaya hanya eksekusi perintah pada hari tertentu jam tertentu.
  6. Dan masih banyak kemungkinan yang hanya dibatasi oleh imajinasi terliar manusia emoticon-Big Grin


EDIT 20141012 : Ane uda berhasil decode data dari orvibo nya, dicocokkan lagi dengan dokumentasi dari ninja block. Rupanya on/off hanya ditrigger dengan UDP sepanjang 23 bytes. Dengan memakai plugin UDP sender, maka xhalo floating, repetiti touch dan bahkan wiwo nya sendiri tidak diperlukan lagi. Selain itu, delay timenya lebih cepat, karena tidak perlu nunggu loading repetiti touch lagi, Di mana lewat plugin repetiti touch bisa jeda ampe 3 detik, sedangkan via UDP sender kayaknya cuma 0,2 detik (hampir real-time).

EDIT 20141225 : Ane ada review orvibo S20 ini di trit lain. Silahkan mampir di Orvibo Wifi Smart Socket S20 : Kendalikan peralatan listrik anda dari Android
Diubah oleh Desmanto
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di