Gowes Ngadirejo – Tunggangan Pandawa Lima, Minggu, 23 Maret 2014

KOSKAS MALANG - ride & share

Yah, sesuai judulnya, kali ini KoskasMalang divisi nekat mengadakan acara mancal ke track Ngadirejo – Tunggangan dan finish di Wisata Pemandian Wendit Malang.


Kali ini memang minim peserta karena kebetulan ada divisi ringan yang mengadakan acara Mancal Ringan perkenalan ke Track Buring bersama GOTIK, sebuah komunitas baru di Kota Malang yang digagas oleh Dosen dan Pegawai Jurusan TIK Univ. Brawijaya Malang.

Mancal kali ini hanya diikuti oleh 5 orang yaitu WW, Yoga, Siwi, Gusti, dan Hanafi. Dari awal kita sudah niat memang kita akan benar-benar menikmati jalur dan bernarsis ria sepanjang jalur tanpa khawatir akan tugas Marshall dan Sweeper karena relatif kondisi sepeda dan fisik peserta kali ini bisa dibilang sudah siap tempur.

Dari gambaran awal Track, ada 2 kali loading menuju track yaitu Check Point 1 di SD Ngadirejo dan CheckPoint 2 di Gunung Tunggangan. Dan berdasarkan informasi, untuk Track Tunggangan (yang kebetulan teman-teman KoskasMalang belum pernah masuk ke track ini), didominasi oleh rolling tanjakan di awal track dan turunan super aduhai setelah mencapai puncak Gunung Tunggangan. Track didominasi oleh hutan pinus, kebon warga dan kontur tanah yang terkenal dengan sebutan “TRACK ESKALATOR”. Ketinggian di Track Ngadirejo sekitar 1700an meter, sementar adi Tunggangan sekitar 1200an meter.

Untuk Ngadirejo tidak perlu kita ulas panjang lebar karena sudah sering diulas. Kita akan fokus ke track Tunggangan saja. Sektar 3-4 kilometer awal, track ini didominasi oleh tanjakan landai yang bisa dibilang masih PANCALABLE alias bisa dipancal kecuali 1 titik dimana tanjakan dienuhi dengan batu sehingg tidak mungkin untuk dipancal.

Pemandangan di track ini juga luar biasa ciamik. Hamparan kota malang terlihat begitu jelas dari puncak dan udara di sini benar-benar sejuk meskipun matahari sudah agak tinggi.

Kita start dari Ngadirejo sekitar pukul 08.30 dan masuk track tunggangan sekitar pukul 11.00. Awalnya teman-teman agak kaget saat melibas tanjakan sampai ke puncak. Dan menjelang track eskalator, kami pun istirahat sejenak untuk mengatur nafas dan membuka bekal. Dan di sinilah petualangan yang sebenarnya dimulai.

Turunan demi turunan, tikungan demi tikungan dan pemandangan yang benar-benar mencengangkan membentang di depan mata. Yoga yang sangat antusias sejak awal rencana benar-benar lupa keluh kesah saat awal nanjak, dan begitu pula Siwi dan Gusti yang kebetulan menggunakan sepeda tipikal FR – DH.

Tapi bukan bersepeda petualangan kalau tidak ada yang jatuh mencium bumi. Tercatat Yoga, Gusti dan bahkan WW pun sempat menikmati indahnya terjungkal di track emoticon-Ngakak

Tapi itu semua justru menambah seru dan nikmatnya bersepeda di alam bebas. Canda, tawa dan gurauan pun selalu menggema sepanjang perjalanan. Bahkan dokumentasi pun tidak terlepas dari perhatian. Tercatat hampir ada 400an frame foto yang dihasilkan oleh WW dan 200an foto dari Hanafi hahahaha

Catatan utuk next trip kalo ke track yang sama:
1. Loading bisa dibuat 3 kali, yaitu Check Point 1 Ngadirejo, Check Point 2 Tunggangan, dan Check Point 3 Dengkol sehingga finish ke Malang tidak terlalu lama ngaspalnya.
2. Karena memang acara mancal kali ini diniati seru-seruan, maka ritual masak di hutan pun dihilangkan. Spot sebelum track eskalator sangat cocok untuk acara ngopi dan diskusi. Sayang kalau dilewatkan.
3. Kalo ada 10 peserta, minimal 5 orang sebisa mungkin bawa kamera, SAYANG kalo tidak diabadikan momen yang indah ini. Terbukti dengan 2 kamera untuk 5 orang, dokumentasi bisa lebih mengalir dan seru.
4. Meskipun resiko accident bisa dibilang medium, untuk track ini disarankan untuk tidak menggunakan helm FULL FACE karena awal track Tunggangan cukup menguras energi dan keringat. Akan jauh lebih nikmat jika menggunakan helm AM dan bukan FULL FACE.
5. Stock Air Minum juga perlu diperhatikan. Kalo memungkinkan, camilan juga penting.

Sebagai penutup….. saya mewakili Kades KoskasMalang mengundang teman-teman siapa tahu jika ada yang berminat untuk mengulangi track ini. Rasakan serunya !!!


Sekilas Dokumentasi ... untuk lebih lengkapnya silakan gabug Grup FB KoskasMalang

Spoiler for check point ngadirejo:


Spoiler for turunan kampung Ngadirejo:


Spoiler for puncak bukit ngadirejo:


Spoiler for menuju track tulang ngadirejo:


Spoiler for track tulang kebun jeruk ngadirejo:


Spoiler for kebun jeruk ngadirejo:


Spoiler for tikungan Tunggangan:


Spoiler for tanjakan etape 1 tunggangan:


Spoiler for tanjakan etape 2 tunggangan:


Spoiler for turuuuuun:


Spoiler for turuuuuun:


Spoiler for turuuuuun:


Spoiler for turuuuuun:


Spoiler for rock garden:


Spoiler for rock garden: