Cangar Part 2 .... Pinus yang Asoy

OK ... mari kita kemon ...
KOSKAS MALANG - ride & share
berawal dari rasa penasaran akibat gambar track yang ternyata tidak sesuai dengan realita di lapangan, saya akhirnya mengajukan usul lagi untuk mancal ke Cangar part 2. Dan kali ini memang sengaja tidak terlalu berambisi untuk banyak peserta karena ada potensi mbrasak alias kesasar karena ngetrack rute yang berbeda.

Hari Sabtu, 15 Maret 2014, empat orang anggota KoskasMalang, yaitu WW, LeoPerry, Fiski dan Rombeng KW bertolak menuju Cangar pukul 07.00WIB. Sepanjang perjalanan kita berdiskusi tentang track yang dilewati minggu sebelumnya yang kebetulan Perry ikut.

Target kali ini adalah menyusuri Track Cangar sisi barat (atau sebelah kanan sungai brantas) dan HARUS melewati minimal 3 sungai + 1 dam coban talun.

Kira2 jam 8 kami sampai di pertengahan antara Sumber Brantas dan Cangar. Setelah mikir2 sebentar, kita putuskan untuk unloading di sini saja, dan meluncur menuju Arboterum Sumber Brantas. Sekedar memberi penawar rasa penasaran apa sih Arboterum itu hahaha….

Kita pun meluncur turun via jalan aspal menuju Arboterum dan berhenti sebentar di situ untuk ambil foto. Perry yang merasa tekanan angin ban depannya kurang pun akhirnya menyempatkan untuk memompa ban. Apesnya, pentil model ulir drat lha koq patah… akhirna terpaksa ganti ban dulu.

Tak berlama-lama kita pun menyusuri sisi luar Abroterum dan masuk ke dalamnya lewat jalan tikus petani. Di situ Perry pun berhenti sebentar, karena merasa ada yang aneh dengan ban depannya. Yah… ring ban dalam yang harusnya berada di luar lha koq terpasang di dalam. Akhirnya terpaksa bongkar ulang.

Acara lanjut menyusuri sisi belakang Arboterum lanjut ke perkampungan Sumber Brantas. Tak sampai 15 menit kami pun sudah sampai di kebun warga dan jalanan mulai menurun tajam dan bahkan ada yg pake acara panggul sepeda. Menurut info dari Perry, track masih sama dengan yg dilewati temen2 minggu sebelumnya. Check point sungai 1 dilewati.

Kita pun terus menyusuri perkebunan warga sampai ketemu dengan Jeep Merah tempat Pak Kades dan Sam Yoga berpose ria.

Nah lepas dari sinilah mulai ada perbedaan jalur, teman-teman minggu sebelumnya ambil jalur nanjak ke aspal sementara kita ambil jalur ke bawah dan ternyata jalurnya luar biasa ciamik … Cek point Sungai 2 dilewati. Sepanjang jalur ini banyak switch back dan tikungan ber berm dilengkapi dengan handicap kecil-kecil dan drop2an yang terbuat dari potongan kayu. Mungkin dibuat demikian oleh penduduk agar motor tidak bisa lewat meskipun masih terlihat jelas bekas gerusan ban motor di situ.

Habis track pinus yang rimbun, kita bertemu dengan Cek Point Sungai 3. Yah, ini tempat temen2 Gojel bikin kopi dan masak-2. Kami pun berhenti di situ buka bekal dan masak kopi. Kira-kira 1 jam di situ, kami pun lanjut menuju DAM Coban Talun. Cek point Sungai keempat dilewati meski lewat jembatan. Dan kami pun menuju warung untuk makan siang dulu. Di sini diskusi pun dimulai, apakah ambil jalur aspal ke bawah menuju Selecta atau balik turun lagi menuju Sungai yang sempat saya tunjukkan ke Cak Arif. Sayang sekali saat makan siang hujan sangat lebat. Kami pun nekat turun ke sungai untuk ambil jalur baru.

Menurut info dari Fandi, ini jalur sudah pernah dilewati pas bareng sama Pak Iwan dulu. Jalurnya asik… tapi cukup berbahaya. Lengah sedikit, sebelah kiri adalah Air Terjun Coban Talun dengan jurang yang menganga puluhan meter. Kalo lewat sini sebisa mungkin ambil jalur kanan mepet tebing dan atur kecepatan agar tidak sampai salah kontrol.

Lepas dari jalur yang cukup seru ini, kami pun masuk perkampungan dan perjalanan saya anggap selesai di sini karena selanjutnya adalah track Aspal menuju Gunung Wukir lanjut finish di Pendem.

Lain kali perlu diulang lagi dengan eksplorasi track2 yang masih banyak

foto2

Spoiler for aseek: