alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Freshwater Fish /
[NEW] ALL ABOUT LOUHAN
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51c16a6e0a75b42573000006/new-all-about-louhan

[NEW] ALL ABOUT LOUHAN




FIRST OF ALL
Forum ini adalah lanjutan dari : THREAD AGAN @PUTRIAISA
Persetujuan dari TS yang lama :
Spoiler for Bukti:

Kenalkan TS baru (ID) : Simanjuntak93


BACA DULU


PERATURAN FORUM (SINGKAT&JELAS)

1. Gunakan bahasa yang sopan & mudah dipahami oleh pembaca forum louhan ini.
2. Jangan mem-posting sesuatu yang ga bermanfaat buat forum louhan ini (Misal : JUNK,GREETINGS(SELAMAT PAGI,dll)).
3. Dilarang mem-posting diskusi diluar forum louhan.
4. Jual-Beli diperbolehkan namun by PM/FJB(tidak diperkenankan mem-posting jual-beli disini kecuali share link yang merujuk ke FJB nya).
5. Gunakan fasilitas MULTI-QUOTE agar diskusi tidak terputus.
6. Perhatikan agar tidak DOUBLE-POST.
7. Gunakan fasilitas SPOILER untuk setiap mem-posting gambar di forum louhan ini.
8. Sekiranya ukuran file gambar diperhatikan (jangan over BWK) saat mem-posting.

SANKSI FORUM

1. Teguran dari TS.
2. Posting Tidak sesuai akan didelete oleh TS (tanpa sepengetahuan).
3. BATA dari penghuni forum louhan ini. Pelanggaran yang dilakukan berulang kali dan sejenis akan diberi sanksi yang setimpal atau bahkan ditimpuk (read : bata) oleh agan-agan disini.memang TS Cuma ada satu ID namun para pecinta louhan punya banyak ID buat nimpuk.


SEJARAH & ASAL MULA SINGKAT IKAN LOU HAN

Lou Han (bahasa Inggris: Flowerhorn)

  • merupakan salah satu ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk "benjol kelam". Aslinya mereka hanya berhabitat di Malaysia dan Taiwan, namun saat ini banyak dipelihra oleh penggemar ikan di seluruh dunia.


ASAL MULA

Tahun 1993 : Orang Malaysia menemukan ikan dengan kepala menonjol di bagian barat negaranya,dan dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Tahun 1994 : Red-Devil (Cichlid) genus : Amphilophus diimpor dari Amerika tengah ke Malaysia dan diternak oleh para peternak di Malaysia.Pada tahun ini juga Negara Taiwan mengimpor hasil hibrida/kimpoi silang yang menghasilkan ikan Parrot-Cichlid.
Spoiler for PARROT CICHLID:


Tahun 1995 : Perkimpoian silang di teliti secara lanjut,perkimpoian antara jenis ikan “Human Face Red God of Fortune” menghasilkan jenis baru yaitu “Five-Colors God of Fortune”.

Tahun 1998 : Perkimpoian silang dilakukan antara Seven-Colors Blue Fiery Mouth (yang juga disebut sebagai Greenish Gold Tiger) yang diimpor dari Amerika Tengah, dan hasil perkimpoian silangnya dengan Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan,perkimpoian silang ini meghasilkan generasi pertama hibrida yaitu : Lou Han.

Pra Tahun 98-99 : Dua jenis flowerhorn pertama kali diimpor ke Negara paman sam(US) yaitu : Golden base & Flowerhorn.Disana Golden base terus diriset hingga timbul beberapa varietas.Dari yang tanpa mutiara hingga bermutiara pada tubuh ikan tersebut.Flowerhorns yang berhasil diriset meahirkan mutiara pada tubuhnya yang kita kenal dengan jenis Zhen Zu(cencu).
Spoiler for Golden Base:


Tahun 1999 : Empat jenis flowerhorn yang tersedia di pasar Amerika: flowerhorn biasa, flowerhorn skala mutiara, flowerhorn emas, dan fader. Namun sangat disayangkan peternak komersial pengkembang biak, dan ikan yang dipilih untuk penampilan tanpa memperhatikan terminologi. Akibatnya, nama menjadi sesuatu yang membingungkan dan jenis keturunan menjadi sulit dilacak.

Tahun 2000-2001 : Jenis baru dilahirkan yaitu Kamfa dan kamalau(golden monkey). Ini adalah hibrida dari setiap jenis flowerhorn yang disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan Parrot Cichlid jenis apapun. Ini membawa beberapa sifat baru, seperti mulut pendek, ekor terbungkus, mata cekung, dan gundukan yang semakin besar di bagian kepala. Melihat ini, mereka yang membesarkan Zhen Zhu,baik itu peternakan ikan untuk mengembangkan lebih cepat dan menjadi lebih berwarna, untuk bersaing dengan jenis Kamfa.
Spoiler for KAMFA:
Spoiler for KAMALAU MONKEY:


TIPS MEMILIH IKAN LOUHAN SEBELUM MEMBELI

1. Pilihlah Ikan Louhan yang sehat, jangan membeli Ikan Louhan yang yang sakit, biasanya Ikan Louhan yang sakit akan ditandai dengan bercak bercak putih atau jamur yang menempel pada tubuhnya.

2. Jika membeli Ikan Louhan anakan maka yang pertama kita harus mengetahui genetis indukan dari louhan tersebut, karena jenong louhan tergantung faktor genetis indukannya.

3. Pilihlah Ikan Louhan yang mempunyai badan pendek dan kekar, karena Ikan Louhan yang seperti ini cenderung agresif dan mempunyai daya tarik tersendiri.

4. Pilihlah Ikan Louhan dengan warna sisik yang contras dan yang agresif serta sudah terbiasa dengan manusia, ini dilakukan untuk menghindari dari Ikan Louhan yang stress.

TIPE IKAN LOUHAN

1. WATER-HEAD : Tipe WATER-HEAD ini biasa disebut dengan Ikan Louhan Jenong Air biasanya mempunyai Jenong yang cukup besar.

2. BONO-HEAD : Tipe BONO-HEAD ini pada umumya mempunyai kepala yang tidak terlalu jenong atau biasa disebut dengan jenong batu, dan Ikan Louhan jenis ini biasanya tidak akan memiliki jenong yang signifikan
.

PANDUAN AWAL MEMLIHARA IKAN LOUHAN

1. Sesuaikan Ukuran aquarium dengan besar tubuh ikan Louhan agar pertumbuhannya ideal.Baiknya ukuran aquarium lebih besar ¾ ukuran tubuh louhan.

2. Sirkulasi Air harus baik alias filterasi berjalan d engan baik.Baiknya air di diamkan 24 jam(1 hari) baru dimasukkan ikan louhan yang ingin dipelihara. Kualitas air yang digunakan akan tumbuh optimal pada kisaran pH netral, yaitu antara 6,5-7,5. jika pH air terlalu tinggi kuraslah air.

3. Jika pada ruangan ber-AC / Pada lingkungan yang dingin,gunakan Heater air sebagai pemanas agar suhu menjadi stabil dan berpengaruh pada sifat louhan.

4. Agar Louhan berwarna cerah beri pakan hidup secara selang-seling dengan pellet (contoh : cacing beku,cacing sutera,cacing tanah,udang hantu,dll).
Spoiler for CABE:


5. Akuarium tempat pemeliharaan louhan harus diberi lampu UV. Sinar lampu UV akan memicu pertumbuhan warna louhan sehingga menjadi lebih cemerlang . lampu UV sebaiknya tidak dinyalakan sepanjang hari, karena sinar lampu merangsang louhan untuk terus bergerak sehingga louhan tidak dapat beristirahat.

6. Berilah garam ikan(non Yodium) agar air bebas penyakit dan louhan sehat.
Spoiler for Garam Ikan:



PANDUAN MEMBERI PAKAN PADA IKAN LOUHAN

1. Variasi kan pakan hidup-pellet secara bergantian.

2. Jangan biasakan meninggalakan pakan yang tidak termakan di aquarium pada waktu yang lama(pengaruh kualitas air).

3. Louhan butuh asupan protein yang lebih untuk pertumbuhan(khusunya para burayak/louhan kecil).

4. Pemberian pakan 2-3 x sehari dengan interval 4-6 jam
.

TIPS MEMBEDAKAN KELAMIN JANTAN-BETINA PADA LOUHAN


1. Dengan cara view-ing(melihat) biasanya louhan betina ada spot hitam pada siripnya seperti nenek moyangnya : ( amp. Trimaculatus).Tapi cara view-ing ini tidak berlaku untuk jenis louhan Cencu(zhenzu) double-marking dan Chingwa.

2. Dengan cara venting/melihat lubang kelamin pada louhan.Pada betina kelaminnya agak lebar dan tonjolan tidak terlalu kelihatan(kecuali jika ingin bertelur baru kelihatan duburnya memanjang beberapa mili keluar).Pada Jantan Kelaminnya menonjol lancip dan pangkal kelaminnya menyempit
.

BUDIDAYA IKAN LOUHAN

1. Pilihlah calon induk yang siap dipijahkan(jantan harus berukuran lebih besar dari betina agar tidak berkelahi jika ukurannya sama besar).

2. letakkan kedua induk tersebut dalam satu akuarium yang telah diberi sekat pemisah dari kaca. Tujuannya agar mereka terbiasa satu sama lain/kenalan.
Spoiler for Sepasang Louhan berkenalan:



3. Ketika louhan betina telah menunjukkan tanda-tanda bertelur, lepaskan sekat pemisah. Setelah sekat pemisah dilepas, amati perilaku kedua louhan. Jika keduanya terus berkelahi, segera pisahkan kedua louhan. Upaya penyatuan kedua louhan dapat dilakukan beberapa minggu kemudian atau dapat juga mengganti pasangannya.
Spoiler for Kenalan berhasil(louhan jantan mengajak betina ke tempat bertelur):


4. Jika pemijahan berhasil, amatilah tingkah laku kedua louhan. Jika kedua induk akur dan menjaga telurnya, biarkan mereka tetap bersatu. Jika kedua induk cenderung untuk berkelahi, pisahkan induk jantan dari induk betina agar induk betina menjaga telur tersebut. Jika induk betina memakan telurnya, pisahkan insuk tersebut dari telurnya.
Spoiler for Betina bertelur dan jantan siap membuahi telur:
Spoiler for Telur yang telah dibuahi:



PROSES TELUR MENJADI BURAYAK

Hari 1 : Induk bertelur dan proses pembuahan oleh jantan.

• Hari 2-3 : Telur mulai kelihatan ada titik hitam, tandanya embrio telah terbentuk, bila telur berwarna putih susu berarti telur gagal dibuahi/rusak.

• Hari 4 : Telur menetas, bentuk burayak masih belum sempurna. Tidak perlu diberi pakan.

• Hari 7 : Burayak mulai berenang bebas, berikan artemia yang telah dikulturkan, alternatif lain adalah mengunakan kuning telur yang telah direbus atau susu bubuk, resikonya air cepat kotor.

• Hari 15-24 : Burayak tumbuh, pakan dapat menggunakan kutu air (daphnia), penggantian air dilakukan seperlunya, anda dapat menggunakan breeding sponge, atau ganti air sekitar 5-10%. Penggantian air harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan.

• Hari 25 – 60 : Burayak dapat diberi cacing sutera untuk mempercepat pertumbuhan.




Telur pada prinsipnya

1. Telur harus berwarna bening pada saat pemijahan awal sampai selesai dan menempel erat pada medianya : lantai akaua, keramik, piring atau mangkuk dll

2. kalau telur nya memutih bisanya tidak dibuahin.

3. Apabila memutih dan diselimuti kapas biasanya terkena jamur

4. Apabila telur memang dibuahi biasanya dalam 1 hari setelahnya sudah keliatan ada titik hitam ditengahnya.


PENYAKIT UMUM IKAN LOUHAN DAN CARA MENGATASINYA

1. Penyakit White Spot Pada Ikan Louhan

White spot atau bintik adalah timbulnya bintik putih pada sisik louhan. White spot disebabkan oleh adanya jamur. Jamur ini muncul karena buruknya kualitas air yang digunakan. White spot merupakan penyakit yang sulit disembuhkan. Oleh karena itu, sebelum louhan terkena white spot, sebaiknya kualitas air yang digunakan selalu dijaga. Pemberian garam ikan ke dalam akuarium juga membantu mencagah munculnya white spot.
Spoiler for Contoh White spot pada ikan:


2. Penyakit Mulut Bisulan Pada Ikan Louhan

Louhan yang terkena mulut bisulan ditandai dengan bengkak merah pada mulutnya. Mulut bisulan dapat terjadi karena serangan Crustaceae (sejenis udang), luka infeksi akibat perkelahian, bakteri atau jamur, dan pakan yang tidak cocok.

Multu bisulan dapat disembuhkan dengan cara mengisolasi louhan dalam akuarium khusus. Mulut louhan yang bisulan diberi antibiotik. Selama dalam perawatan, puasakan louhan selama 2-3 hari. Setelah itu berikan pakan yang bergizi.


3. Cacat atau Luka Pada Ikan Louhan


Cacat atau luka pada louhan dapat terjadi karena berkelahi dengan ikan lain atau karena kualitas air yang jelek. Oenyakit ini dapat disembukan dengan mengisolasi louhan dalam akuarium khusus dan mengobati luka dengan menggunakan antibiotik. Selama dalam perawatan, louhan diberi pakan yang bergizi agar cepat sembuh.

4. Stres Pada Ikan Louhan


Jika warna tubuh louhan tiba-tiba memudar, timbul belang hitam, jenong kempes, dan tingkah lakunya pasif, kemungkinan besar louhan tersebut mengalami stres. Louhan dapat mengalami stres karena berbagai hal. Misalnya penempatan akuarium yang salah, pakan yang buruk, takut terhadap musuh, atau sorot lampu dan warna baju.

Untuk mengatasi stres pada louhan dapat dilakukan beberapa hal. Agar lou han tidak stres, akuarium diletkakan 80 cm di atas lantai, louhan diberi pakan yang sesuai, dipisahkan dari ikan lain, dan dibiasakan menghadapi berbagai macam keadaan agar tidak mudah kaget.


5. Kembung dan busuk Mulut


Jika perut louhan membengkak dan berwarna merah, kemungkinan louhan terkena penyakit busuk mulut. Penyakit ini dapat timbul karena pakan yang tidak higenis. Selain menyebabkan kembung merah, pakan yang tidak higenis dapat menyebabkan busuk mulut. Penyakit busuk mulut ditandai dengan bentuk bibir yang membengkak dan jontor.

Kedua penyakit tersebut dapat disembuhkan dengan cara pemberian obat. Caranya louhan diterapi selama 7 hari dalam air larutan obat antibiotik, antiparasit, dan antijamur. Selama masa terapi louhan tidak diberi makan (dipuasakan). Selain cara tersebut, louhan juga dapt diterapi dengan menggunakan air hangat dan garam ikan. Selama menjalani terapi ini louhan dipuasakn selama 3 hari.



PENILAIAN SINGKAT PADA SAAT KONTES LOUHAN(UMUM)

1. First Impresion/pandangan pertama : Tubuh yang proposional disertai susunan morfologis yang normal,tidak ada cacat pada louhan.Karna jika ada kelainan pada tubuh louhan ini berpengaruh pada point penilaian nantinya.

2. Mental ikan louhan : Ikan harus dalam kondisi yang kalem/tidak over agresif dan gaya renang yang baik,sehingga keindahan louhan dapat di nilai.

3. Kesehatan ikan louhan : velvet,white spot dll dapat mengurangi point saat penilaian,jadi pastikan ikan sehat sebelum ikut kontes.

4. Pada bagian head/kepala,bentuk jenong haruslah simetris bentuk terbaik berupa bulatan bola bila dilihat dari samping depan.Proposional jenong yang sama rata dengan mulut ikan dan seimbang dengan ukuran badan.

5. Pada bagian muka/face ikan louhan yang baik adalah face tidak berkerut dan tidak banyak lipatan.face juga tidak terlalu gemuk/tembem(kecuali jenis : kamalau).

6. Mata juga bersih tidak ada flek dan bulat kiri kanan yang seiimbang.Mata sejajar dengan permukaan muka.

7. Pada bibir yang baik adalah tipis dan rata atas bawah.

8. Marking pada tubuh yang penuh/fullness(ujung kepala hingga ekor)serta warna kontras pada marking akan menaikan point saat penilaian.

9. Pearl/permata yang baik adalah bewarna emas/perak/biru/hijau/putih.

10. Kecerahan tubuh louhan dengan warna Warna Merah,Orange, Kuning, Memiliki Nilai Yang Sama Apabila Mempunyai Kecerahan Yang Sama


JENIS-JENIS IKAN LOUHAN(UMUM)

1. Zhen Zhu : dibagi 2 tipe klasik dan modern
• Klasik : cirinya mutiara tidak dominan,hanya saja unggul pada warna merah cerah pada tubuh,tubuh agak membulat dan umumnya jenong kepala bertipe bonohead.
Spoiler for Zhen Zhu klasik:

• Modern : Cirinya mutiara sangat dominan disekujur tubuh,tubuh bentuknya persegi dan bertipe waterhead(umumnya).
Spoiler for Zhen Zhu modern:


2. Kim Hwa/Kamfa :
• Jenis ikan louhan ini merupakan pengembangan dari louhan pertama kali yaitu Hua Lou han,yang artinya Kim : emas dan Hwa : bunga.
Spoiler for Kamfa:


3. Golden Red/Cing kang :
• Ciri khas golen red ini adalah warna kombinasi antara kuning dan merah dengan cara mutasi transformasi sisik dari warna biasa ke warna hitam kemudian jadi warna kuning-merah.Ciri fisik pada golden red sama seperti Zhen Zhu dari segi marking sama persis.
Spoiler for Golden Red:


4. Red Texas :
• Jenis red texas ini merupakan kimpoi silang antara citrinelum – Golden red.Ikan louhan jenis ini asli dari negara gajah putih/thailand,dari segi penampilan dapat diliat moyangnya mungkin SRT.
Spoiler for SRT:


5. Rainbow King :
• Jenis ini memiliki tubuh yang indah dan menarik,tubuh yang kotak dan marking horizontal serta warna kunig-merah dan langka dipasaran sekarang ini.
Spoiler for RBK:


6. Super Red Synspilum (SRS) :
• Berawal dari Thailand SRS ini bisa jadi Kamfa nya Thailand,SRS ini mempunyai bentuk tubuh yang cendrung merah bata – orange disekujur tubuhnya.Bodi marking tipis/bahkan tidak ada.
Spoiler for SRS:


7. Strom :
• Datangnya dari Thailand dan belum begitu banyak info yang bisa digali,tungguin aja mungkin di indonesia akan segera digemari.




profile-picture
profile-picture
sasmitoady dan m0nd3r memberi reputasi
Diubah oleh simanjuntak93
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Uda lama gak liat forum.. salam jenong..
ijin share ikan cupu yg masih dalam perawatan..
silakan di cincang2 gan... emoticon-Ngakak
Golden base
SRD Short body
gk tau jenis apa.. katanya penjual SRT
burayak SRD thai..
×
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di