FR FR FR .......

Mencoba untuk FR acara ngetrack jalur DAMPIT hari Minggu 14-04-2013 bersama bbrp teman dari Gojel (Pak Royan dan Cak Wahyu), ditemani beberapa teman dari Dampit

elevation profile
KOSKAS MALANG - ride & share

google maps
KOSKAS MALANG - ride & share


Saya, Pak Iwan, Mas Benny dan Pak Royan take off dari Malang sekitar jam 7.00 karena problem setting bike rack pinjaman dari Mas Tomi Pedal Alas.

sampai di Dampit, kira-2 pukul 08.00-08.30, dilanjut dengan acara bongkar muatan, persiapan dan loading ke truck menuju titik start.

Spoiler for unloading - unpacking:


Aslinya titik startnya bukan di sini, tetapi karena kondisi kabut dan sopirnya agak lupa jalan, kita kebablasan dari yang seharusnya belok kanan malah lurus. Alhasil, kita harus uphill dari ketinggian 1200 menuju ke 1400, yaitu lokasi situs Purbakala.

Spoiler for starting point:


Saat uphill, ada beberapa insiden, salah satunya Pak Royan yang tepar gara2 masuk angin. Untungnya ada Mbah Gokil yang bantu escort kita selama perjalanan uphill. Meski sudah lanjut usia (tebakan saya lebih dari 50 tahun usianya), tapi tenaganya bener2 tenaga JARAAAN.

Spoiler for Uphill:


Setelah istirahat dan ambil foto sejenak, kita persiapan untuk descending. Semangat udah membara saat kita turun eh lha koq ternyata masih ketemu tanjakan lagi wakakakakaka
Spoiler for tanjakan lagi:


Prosesi turun dan naik ini terus berlangsung sampai kami tiba di Balai Desa Taman Satriyan. Mulai titik start sampai ke Balai Desa, kami sampai kehabisan air karena medan yang begitu menantang.

Kami sampai di Balai Desa sekitar pukul 14.00. Di sini kami istirahat di rumah penduduk yang kebetulan juga toko kelontong. Akhirnya dengan sedikti rayuan, meski bukan warung, Ibu Mie Lombok bersedia memasak Mie goreng + nasi putih buat kita ditambah lalapan lombok.

Kita istirahat di sini sampai lepas Ashar, kira-2 jam 15.30.

Spoiler for Kelaparaaaaan:


Nah setelah dari Balai Desa ini, the real journey begins....
Kebetulan saya sudah hafal track ini karena beberapa kali lewat sini pake motor trail. Cuman track ini dibalik. Sudah bisa membayangkan apa yang nanti bakal dilewati sehingga langsung sikaaaaat...


Spoiler for Seribu jumpingan:


Setelah sampai di sekitar Desa Sumber Putih, kami rencananya akan langsung menuju ke Dampit, cuma karena adrenaline yang sudah menggebu, rencana itu dibelokan tampak 1 extra jalur masuk hutan lagi.

Nah di sinilah ada accident yang cukup membuat kami khawatir. Pak Iwan terjungkal setelah front flip 2x, akibat travel fork nya mentok saat melibas drop off yang agak curam. Setelah beberapa menit cooling down, dan cek fisik yang Alhamdulillah tidak ada cedera yang berarti, kami lanjut menuju Dampit.

Sampai Dampit kira-2 jam 19.00, setelah bersih2, dan menyeruput kopi dan teh yang disediakan tuan rumah, kami akhirnya pulang kembali ke Malang.


PESAN PENTING.
Apabila ingin mencoba track ini, AMAT SANGAT DISARANKAN menggunakan fork travel 120 ke atas. Kalaupun terpaksa pake travel 100, saat masuk jumpingan seribu disarankan untuk tidak terlalu memaksakan diri karena banyak sekali jebakan betmen yang butuh reaksi cepat. Namun reaksi cepat ini pun jika tidak tepat akan menyulitkan jika travel fork hanya 100.

Bukan bermaksud mendiskreditkan pengguna XC bike, tetapi safety tetep safety guys.....