alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Hobby & Community /
Lounge Zippo Windproof Lighter
5 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012942573/lounge-zippo-windproof-lighter

Lounge Zippo Windproof Lighter

[SIZE=+5]
Unique "ZIPPO" Lighters
[/SIZE]












Zippo Manufacturing Company


“Zippo” the windproof lighter adalah merk pemantik api yang telah menjadi trade mark dan icon dalam perdagangan internasional. Zippo Manufacturing Company adalah pembuat pemantik api tahan angin dengan garansi seumur hidup. Produk pemantik api ini mulai dipasarkan pada tahun 1930-an dan pada saat ini produknya telah beragam seperti berbagai pisau saku, gantungan kunci, klip uang, alat tulis, pita pengukur, dan pemantik api multi guna terbaru.

George G. Blaisdell mendirikan Zippo Manufacturing Company di kota Bradford, Pennsylvania pada usia 37 tahun di tahun 1932. Ia dilahirkan pada tanggal 5 Juni 1895 di kota Bradford dan pada masa itu tidak tampak bahwa seorang George muda akan menjadi seorang pengusaha sukses dan terkenal pada tahun-tahun depresi yang berat. Dia hanya mengenyam sedikit pendidikan formal dan sangat membenci sekolah.
Ayahnya memasukkannya ke akademi militer, tetapi George hanya bertahan selama dua tahun di sana sampai akhirnya dia dibebastugaskan. Kemudian ayahnya membawanya ke dalam bisnis keluarga “The Blaisdell Machinery Company” di mana dia belajar tentang logam, suatu ilmu yang sangat berguna di dalam perkembangan pemantik api Zippo pada tahun-tahun berikutnya.
Ia mengambil alih bisnis keluarga setelah Perang Dunia I dan kemudian menjual “The Blaisdell Machinery Company” dan menanamkan modalnya pada usaha perminyakan, yg pada saat itu menjadi trend bisnis. Tetapi tidak lama kemudian harga minyak jatuh bersama dengan komoditas lainnya ke dalam suatu masa Depresi Besar.
George bukanlah seorang yang ahli dalam bisnis perminyakan, ia bahkan adalah orang yang menjadi korban dari trend bisnis ini. Karena masa sulit di awal tahun 1930 an, maka ia harus melakukan sesuatu untuk keluarganya. Ia memutuskan untuk mencari modal dari semua tempat untuk mulai mendirikan “Zippo Manufacturing Company”.

Ada gosip yg mengatakan bahwa George membuat pemantik api karena terinspirasi waktu melihat seseorang yg kesulitan untuk menyalakan pemantiknya di kondisi yg berangin. Dari sinilah timbul ide untuk membuat suatu pemantik api tahan angin atau “windproff” yg tampak menarik dan mudah digunakan. Ia kemudian membeli paten untuk pemantik api dari Austria dengan bentuk yg bagian atasnya dapat dilepas. Dan merancang ulang modelnya sesuai dengan keinginannya. Dia merubah bentuknya menjadi persegi panjang dan melekatkan tutupnya ke bawah dengan engsel. Serta mengelilingi sumbunya dengan sebuah “windhood”. Terpesona oleh nama penemuan lain pada waktu itu yaitu The Zipper, George akhirnya menamakan pemantik api barunya dengan nama "Zippo" dan memberikan garansi seumur hidup.





Suatu bisnis yg tidak masuk akal pada masa depresi saat itu, sebab sebuah pemantik api Zippo harus dijual seharga US $ 1,95, jumlah mana yang pada saat itu sama dengan untuk membeli makanan bagi satu keluarga. Akankah anda akan membeli sebuah pematik api seharga itu pada masa depresi? Tetapi tidak ada pilihan lain bagi George kecuali membangun bisnis yg dianggap bodoh bagi sebagian besar orang ini.

Koleksi pertama yang berhasil diluncurkannya yaitu pada sekitar bulan Januari dan Februari 1933. Bentuknya memang sama seperti sekarang yaitu berbentuk persegi panjang tetapi dengan sudut-sudut yg lancip.





Bagian case atau tabung luarnya dibuat dari bahan kuningan yang dilapisi cat atau krom. Sementara, engsel antara bagian penutup atas dan tabung bawah ada di bagian luar. Letak engsel berpindah ke bagian dalam di tahun 1936. Sedangkan Zippo yang mengandung emas 14 karat diperkenalkan pertama kali kepada publik pada tahun1939. Dan pada tahun-tahun berikutnya terus dilakukan peningkatan kualitas dan modifikasi.





Pada masa Perang Dunia II berlangsung, bahan seperti tembaga, kuningan dan krom (untuk melapisi besi agar tidak mudah berkarat) menjadi sulit didapatkan, karena semua barang tersebut banyak dipakai untuk kebutuhan perang. Maka Zippo pada masa ini memakai bahan besi dan diberikan cat berwarna hitam untuk mengurangi karat. Setelah dicat lalu Zippo dipanggang sehingga menghasilkan warna finishing seperti “black krackle”. Karena minimnya bahan maka distribusi Zippo pada tahun 1941-1945 hanya ditujukan bagi kalangan militer, sehingga Zippo menjadi begitu popular bagi para tentara. Tak mengherankan bahwa pada masa perang itu banyak para tentara Amerika yg membawa Zippo pada saku mereka.





Zippo melakukan inovasi baru lagi pada tahun 1950 dengan meluncurkan pemantik yg dilapisi kulit. Pemantik ini hadir dalam berbagai pilihan warna. Ciri lain selama tahun 1950-an adalah keluarnya jenis Zippo dengan bentuk yang sedikit ramping (slim). Sementara jenis slim dengan lapisan emas 14 karat dikeluarkan pada tahun 1960-an.





Zippo Manufacturing Company terus melakukan inovasi terhadap pemantik apinya agar dapat diterima oleh masyarakat menjadi pemantik yg mempunyai kelas tersendiri. Salah satu strateginya adalah dengan mengeluarkan edisi-edisi untuk pemantik apinya. Pada tahun 1969 ketika NASA berhasil mendaratkan astronotnya di Bulan maka dikeluarkanlah edisi yang berhubungan dengan angkasa luar. Selanjutnya Zippo melakukan kerja sama dengan tim-tim olah raga, partai politik, produk, otomotif, sejarah dan lain-lain untuk menampilkan lambang atau nuansanya. Belum lagi dengan beberapa merek besar yang menjadikan Zippo sebagai salah satu pelengkap aksesorisnya seperti Harley Davidson dan Marlboro.
Secara garis besar edisi yg diluncurkan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :






Zippo juga mengeluarkan serian lain seperti serian outdoors:




Serian Zippo Blue:




Juga dilengkapi dengan asesorisnya:




Ketika Zippo pertama kali dikeluarkan bentuknya memang sudah empat persegi. Tapi bentuk sudutnya benar-benar kotak. Sedangkan pada masa kini hampir semuanya, sedikit melengkung di bagian sudut dan sisinya untuk menghindari penampilan yg kaku.
Semua desain yg diluncurkan tidak mengubah bentuk dasar Zippo. Pemantik api ini tetap terdiri dari dua bagian dengan engsel yang menyatukannya. Dan suatu ciri khas adalah ketika dibuka maka akan terdengar suara denting yg keras dan merdu. Hal inilah yg menjadikan daya tarik Zippo sebagai salah satu rancangan yang dikatakan bersifat abadi.




Sumber: Wikipedia & zippo.com




Terima kasih untuk 1st Thread Starter Mr. River
Diubah oleh idos
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
KODE KETERANGAN

Pada setiap produksi, Zippo mengeluarkan kode-kode tertentu yg dapat dilihat di bagian bawah dari pemantik api ini. Di awal pembuatan tanda yg diberikan untuk menjamin produk asli dan original adalah dengan menggunakan kata Patent. Pada tahun 1933 terdapat tulisan PAT.PENDING dan pada tahun 1936 baru menggunakan kata PAT.PENDING yg disertai dengan tujuh digit angka. Selanjutnya, dari akhir tahun 1955 memakai lambang yg berupa titik, garis, atau garis miring. Pada tahun 1986 baru memakai tanda berupa “abjad” dari A sampai L yg mewakili bulan pembuatan serta angka romawi yg mewakili tahun pembuatan. Di masa sekarang ini abjad tetap dipakai tetapi mulai tahun 2000 untuk tahun pembuatan diwakili dengan “2000” atau “00” dan seterusnya. Dan di setiap Zippo yg diproduksi selalu disertai dengan tulisan ZIPPO yg besar di tengah-tengah serta BRADFORD.PA atau MADE IN USA di sebelah kiri atau kanan. Semuanya hal itu dilakukan untuk menjaga orisinalitas dari pemantik api yg diproduksi, dikarenakan maraknya pemalsuan terhadap produk ini.

Spoiler for :


Produk mula-mula yg diluncurkan pada tahun 1933 masih dapat dilihat di Zippo Visitor Center dengan catatan kecil dari tulisan tangan Mr. George Blaisdell. Pemantik Zippo mempunyai reputasi yang sangat baik dan dikenal luas sehingga pemantik ini layak untuk dijadikan koleksi yang berharga. “Zippo Click” adalah klub kolektor yg dibentuk dan disponsori oleh perusahaan Zippo sendiri. Selain itu klub kolektor Zippo dapat ditemui di belahan negara lain seperti di Inggris, Italia, Swiss, Jerman, Jepang dan Amerika Serikat dan bahkan di Indonesia dan KASKUS khususnya. Dan sampai saat ini Zippo tetap memegang komitmennya sebagai pemantik api yg dapat digunakan dengan baik dan jika tidak, maka diberikan jaminan untuk memperbaikinya dengan gratis. Inilah slogan mereka yg terkenal

"It works or we fix it free"


Spoiler for :


Sampai saat ini Zippo telah membuka jaringan perwakilan penjualan di lebih dari 120 negara. Dan telah memproduksi lebih dari 400 juta unit pemantik api. Zippo juga telah mengeluarkan buku panduan bagi kolektor Zippo, di mana isinya berupa ilustrasi dari pemantik api yang telah dipasarkan dan deskripsi tentang seri yg telah diluncurkan. Juga penjelasan mengenai code tanggal dan tahun pembuatan yg dapat ditemukan di bawah setiap pemantik api Zippo.Dengan mutu dan kualitas yg terus ditingkatkan serta desain tampilan yg baru dan unik pada setiap edisi peluncurannya, menjadikan Zippo suatu barang yg menarik untuk dikoleksi.





Sumber: Wikipedia & zippo.com
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di