alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Lampu Senter / Flashlight /
☚ ☚ ☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛ ☛ ☛
4.47 stars - based on 15 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000009188274/q---tanya-jawab-seputar-senter

☚☚☚ ℱ.₳.Q - Tanya Jawab Seputar Senter ☛


" Gan senter merk ini bagus gak? Gan enaknya beli senter apa? Gan senter ane kok begini ya? "








Dari pada membikin trit baru, pertanyaan - pertanyaan umum yg berhubungan dengan persenteran seperti di atas dan pertanyaan yang sejenis, silahkan ditanyakan di sini.



Peraturan / RULES:



1. Jangan tanya: senter apa yang murah tapi bagus? Ga perlu buang - buang waktu tanya pertanyaan seperti ini, karena jawabannya gak ada. Yang ada senter yang murah tapi standart kualitas dan performanya.

2. Selalu gunakan SPOILER bila postingan mengandung gambar.

3. Copy Paste salah satu format dibawah ini kalau mau menyakan tentang senter. Buat yang pusing ama detail silahkan copas yang simple, buat yang suka detail silahkan copas yang detail.

Spoiler for Simple:


Spoiler for Detail:


4. Bagi yang melanggar, postingan langsung di delete tanpa pemberitahuan. Dua kali melanggar banned sementara, Tiga kali melanggar banned selamanya.









Quote:



Quote:

Diubah oleh njet212
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Simple Guide How To Choose Flashlight



Recommended Seller










Quote:



Quote:





Senter Zoom / Flood to Throw
Senter yang paling tidak direkomendasikan bagi mayoritas flashaholic. Yang masih awam dengan senter biasanya senang dengan fitur ini, namun pada umumnya bagi mereka yang sudah mulai mengerti senter akan merasa bahwa senter zoom useless dan tidak enak. Beamnya untuk flood terlalu bulat patternya ( tidak soft ) dan untuk beam zoom ( focus ) terlalu focus ditengah dan tidak ada side spillnya. Driver yang digunakan rata2 di senter flood to throw juga tidak efisien dan ga jelas. So saya ga akan banyak menjelaskan karena tidak recommended.




Senter dengan batere 1 X AA / 1 X AAA
Senter dengan format batere single AA / AAA pada umumnya memiliki diameter head antara 1 – 3 cm. Dengan ukuran head tersebut dan reflector yang tidak terlalu dalam senter ini sangat pas untuk keperluan EDC karena baterenya umum dijual di toko – toko dan penerangan jarak dekat. Untuk senter single AAA biasanya lebih banyak digunakan sebagai keychain flashlight ada juga yang didesign dengan fitur pocket clip. Beberapa senter AA juga ada yang didesign untuk digunakan di gantungan kunci, namun saya pribadi lebih suka pake senter AAA untuk gantungan kunci karena ukurannya relatif kecil dan lebih pas dibandingkan senter AA.

Untuk User interface saya lebih menyarankan senter dengan user interface tanpa memory mode, karena dengan tidak adanya memory kita akan selalu ingat dimana senter akan selalu menyala dalam mode defaultnya baik low firts atau high first.

Jarak efektif sinar umumnya 10-20 meter

Summary: Senter single AA / AAA cocok untuk: EDC, Backup Light, Keychain Light




Senter dengan batere 1 x CR123
Senter dengan format batere single AA / AAA pada umumnya memiliki diameter head antara 3 - 4 cm. Saya sendiri kebanyakan memilih senter dengan format batere single CR123 untuk EDC karena ukurannya tidak terlalu panjang dan lebih powefull dibanding senter AA / AAA. Variasi LED yang digunakan pada saat ini XPG, XPG-2, XML. Namun banyak diskusi yang mengatakan baterenya susah dicari namun buat saya hal itu bisa diatasi. Banyak senter dengan format single CR123 yang bisa menggunakan batere rechargeable, saya sendiri punya 4 RCR123 untuk makanan senter saya. Senter dengan format single CR123 memiliki kegunaan yang lebih luas dibanding AA / AAA diantaranya backup light, tactical light, EDC light, keychain light. Untuk keychain light ini balik ke preferensi masing – masing karena walaupun ukurannya lebih pendek dari senter AA / AAA namun bodynya lebih gemuk. Karena variasi design reflector yang beragam saya lebih merekomendasikan senter ini untuk yang pertama kali ingin membeli senter yang berkualitas.

User interface yang saya rekomendasi tetap maximal 3 mode tanpa memory ( untuk EDC, car light, back up EDC ) dan max 2 mode, High first, hidden Strobe ( untuk Tactical light, back up tactical )

Jarak efektif sinar sangat bervariasi antara 20 meter – 60 meter.

Summary: Senter single CR123 cocok untuk: EDC, Backup Light, Keychain Light




Senter dengan batere 1 x 18650
Guide ini kurang lebih berlaku juga untuk format senter 2 x CR123. Senter dengan format batere single 18650 pada umumnya memiliki diameter head yang sangat bervariasi. Kelebihan format single 18650 adalah runtime yang paling lama diantara format single cell lainnya. Penggunaanya juga luas mulai dari EDC, general use, tactical light, back up light. Bagi yang ingin membeli senter dengan format 18650 saya menyarankan untuk membeli sekaligus 2 buah batere 18650 karena batere ini relatif tidak umum dijual dibandingkan batere AA / AAA / CR123. Beberapa design senter 18650 masih pas untuk dikantongi dan beberapa kurang pas karena ukurannya yg panjang dan diameter head yang lebar dan gemuk.

User interface yang saya rekomendasikan maximal 3 mode ( non tactical use , maximal 3 mode plus strobe, sos atau beacon ( bike light ) dan instant akses to high mode atau always start high dengan hidden strobe dengan momentary switch ( tactical use )

Jarak Efektif: 30 – 120 meter

Summary: Senter single18650 cocok untuk: EDC, Backup Light, General Use, Outdoor, Bike Light




Senter dengan batere multi AA / AAA
Senter dengan format batere multi AA / AAA pada umumnya memiliki diameter head yang beragam. Disini saya batasi senter dengan penggunaan batere 2 x AA / 4 x AA / 2 x AAA. Penggunaan senter dengan batere lebih 4 X AAA / AA menurut saya terlalu ribet karena kita harus menyiapkan terlalu banyak batere, lebih baik langsung membeli senter dengan format batere 2 x CR atau single 18650 atau multi 18650.
Senter dengan batere 2 x AA / 2 x AAA dengan konfigurasi batere pararel penggunaanya juga luas mulai dari general light, car light, backup light, tactical light. Output yang dihasilkan 2 X AAA / 2 X AA kurang lebih sama dengan senter single CR123 namun dengan batere yang lebih mudah didapatkan dimana – mana. Namun ukuran senter ini lebih panjang dari senter single CR123 dimana umumnya kurang nyaman untuk dikantongi, lebih pas untuk holster carry, ditaruh di rumah ataupun ditaruh di mobil.
Senter dengan batere 4 x AA atau 3 x AA dengan konfigurasi batere seri lebih powerfull lagi sinar yang dihasilkan dan runtime yang lebih lama. Biasanya senter ini cocok untuk penggunaan outdoor dimana senter diharuskan mempunyai runtime yang panjang.

User Interface yang direkomendasikan max 4 brightness level dengan fitur hidden sos dan strobe ( untuk senter 3 x AA / 4 x AA ) dan max 3 brightness level tanpa SOS dan Strobe ( untuk senter 2 x AA dan 2 x AAA non tactical), Max 2 brightness level instant akses high mode atau always start high dengan hidden strobe plus forward switch ( Tactical Use )

Jarak efektif: 30 – 100 meter ( untuk 3 x AA atau 4 AA ) dan 15 – 50 meter ( untuk 2 x AA / 2 x AAA )

Summary: Senter multi AA / AAA cocok untuk: EDC, Backup Light, General Use, Outdoor, Tactical Light




Senter dengan batere multi 18650
Saya lebih rekomen senter multi 18650 dengan format 2 x 18650 dengan konfigurasi pararel atau lebih dari 2 x 18650 dengan konfigurasi seri. Karena ukurannya yang besar senter dengan format multi 18650 cocok digunakan untuk outdoor, tactical light. Sinar yang dihasilkan sangat buas untuk format 4 x 18650 dan runtime yang sangat panjang diantara semua tipe konfigurasi batere.

User interface yang saya rekomendasikan high first atau instant akses high mode dengan max 2 mode plus hidden strobe dengan momentary switch ( Tactical Use ) dan max 4 mode dengan hidden strobe / sos ( untuk outdoor )

Jarak Efektif: 100 – 400 meter

Summary: Senter multi 18650 cocok untuk: Tactical Use / Outdoor


Quote:



Diubah oleh njet212
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di