alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Quit Drugs, Alcohol & Smoking /
kenapa merokok & kenapa pengen berhenti - yang pernah merokok masuk !!!
5 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006402216/kenapa-merokok-amp-kenapa-pengen-berhenti---yang-pernah-merokok-masuk

kenapa merokok & kenapa pengen berhenti - yang pernah merokok masuk !!!





share alasan kenapa ente ngerokok,
dan kenapa ente pengen berhenti disini gan!!
emoticon-army:emoticon-army:emoticon-army:emoticon-army:emoticon-army:emoticon-army:emoticon-army:




ini cuman beberapa contoh aja gan:
sumber: http://intinusantara.wordpress.com/2...untuk-merokok/

Alasan 1: Dengan merokok saya terlihat macho/sexy
Tepatnya… pabrik rokok mengharapkan anda berpikir seperti itu. Mungkin awalnya memang iya, tapi tunggu saja… Merokok dapat menimbulkan kulit keriput dan gigi kuning. Merokok juga berkontribusi pada osteoporosis atau pengeroposan tulang. Kalau sudah begitu, tubuh tidak lagi tegap. Dan yang lebih penting, merokok dapat menyebabkan impotensi. Apa itu yang namanya macho/sexy?

Alasan 2: Berhenti merokok bisa membuat saya gemuk
Bertambanya berat badan banyak dialami orang yang mencoba berhenti merokok. Hal ini terjadi karena kebiasaan menghisap rokok kini berganti dengan makan. Namun dengan merencanakan diit gizi yang sehat dan meningkatkan aktivitas akan membantu kita memecahkan masalah ini. Bahkan, dengan olahraga, tidak hanya masalah berat badan saja yang dapat diatasi, namun stamina dan kapasitas paru yang hilang ketika merokok juga dapat dikembalikan.

Alasan 3: Saya akan berhenti ketika saya hamil
Mungkin akan lebih sulit untuk hamil bila anda merokok karena merokok adalah penyebab mayor dari infertilitas. Wanita yang merokok memiliki resiko keguguran dan komplikasi selama kehamilan yang meningkat.

Alasan 4: Merokok tidak melukai orang lain selain diri sendiri
Salah! Bila merokok di sekitar orang lain, anda telah menyakit mereka terutama yang memiliki asma, penyakit jantung, alergi atau anak-anak. Perokok pasif juga mempunyai resiko yang meningkat seperti pada perokok aktif.

Alasan 5: Saya masih muda, saya akan berhenti merokok beberapa tahun lagi
Hampir semua perokok aktif mulai merokok ketika masih muda. Dan kebanyakan dari mereka berharap dapat berhenti beberapa tahun kemudian. Namun kebanyakan masih merokok setelah lima tahun ke depan.

Alasan 6: Hanya satu rokok sehari kok
Merokok tidaklah aman sekalipun hanya 1 rokok dalam sehari. Setiap rokok mengandung sekitar 1 sampai 2 miligram nikotin yang dapat mencapai otak setelah 10 detik dihirup. Segera setelah tiupan pertama adrenalin akan sibuk meningkatkan tekanan darah, denyut jantung dan nafas anda.

Alasan 7: Rokok saya “light”, jadi ya ga masalah
Munurut Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, rokok “light” memiliki kandungan yang sama dengan rokok pada umumnya, termasuk lead, ammonia, benzene, DDT, gas butane, carbon monoxide, arsenic dan polonium 210.

Alasan 8: Kanker Payudara adalah kanker pembunuh nomor 1 pada wanita
Tet tot! Yang benar adalah kanker paru. Meningkatnya angka kematian akibat kanker paru berhubungan langsung dengan meningkatnya rate dari merokok. Merokok juga merupakan resiko mayor pada penyakit jantung, si pembunuh nomor satu.

Alasan 9: Merokok dapat memperbaiki mood
Beberapa orang percaya rokok dapat menambah semangat, namun itu dapat menurunkan moodmu. Jika anda sedang down atau depresi, rokok dapat menempatkan anda pada resiko yang lebih tinggi untuk depresi, hiperaktivitas, dan attention deficit disorder. Seperti pada penelitian terbaru disebutkan, remaja yang merokok memiliki resiko 4 kali yang lebih besar untuk mengalami depresi dari remaja yang tidak merokok.

Alasan 10: Mengunyah tembakau adalah aman karena tidak melalui inhalasi
Bukan hanya kanker paru yang dapat membunuh. Mereka yang mengunyah tembakau memiliki resiko untuk kanker pada rongga mulut, yang dapat mengenai lidah, bibir dan gusi. Seperti pada merokok, lebih cepat berhenti lebih besar kesempatan anda untuk meloloskan diri dari penyakit-penyakit tersebut.

ini beberapa contoh alasan berhenti:
sumber: http://www.kabarindonesia.com/berita...20070824170152

1. bukan rahasia besar lagi jika racun yang timbul akibat pembakaran tembakau itu dapat memicu terjadinya kanker. Berdasarkan penelitian WHO, dalam asap rokok terkandung 4.000 zat kimia. Dimana dua di antaranya adalah nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogenik. Nikotin akan mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah. Sedangkan tar akan terbentuk ketika mencapai paru-paru. Dan kedua zat ini lah yang dapat mengakibatkan kanker paru-paru dan bronchitis. Tidak hanya itu, 200 zat kimia lainnya pun dikenal sebagai racun. Jadi tidak hanya nikotin, asap rokok pun juga kaya akan karbon monoksida. Dimana racun tersebut dapat menghambat penyerapan oksigen dalam sel darah merah, sehingga dapat mempercepat proses penuaan, mengurangi aliran oksigen, menghambat absorpsi zat-zat gizi, menggangu kinerja jantung, bahkan paru-paru. Tak heran setengah dari perokok seumur hidup, meninggal karena merokok.

2. selain merugikan diri sendiri, merokok pun turut andil dalam merugikan orang lain. Sejatinya, asap rokok yang dihembuskan oleh perokok adalah lebih beracun daripada asap rokok yang dihisap oleh perokok itu sendiri. Penyakit batuk menahun, keluarnya lendir, sesak napas, kanker paru-paru, dan serangan jantung pun, bisa terjangkit dengan mudah bagi para bukan perokok atau yang lebih dikenal dengan sebutan perokok pasif.

3. merokok dapat menyulitkan dalam membentuk keluarga. Bagi pria perokok, merokok bisa berakibat menderita lemah syahwat dan mutu mani yang menurun. Sedangkan untuk wanita perokok, butuh waktu lebih lama untuk hamil. Bahkan berpotensi keguguran. Buruknya lagi, bayi yang lahir dari seorang wanita perokok, bisa berbobot lebih ringan 170 gram dan bayi tersebut memiliki kondisi fisik maupun intelektual lebih rendah dibandingkan bayi dari wanita anti rokok.

Bila ketiga alasan ini kurang menguatkan untuk berhenti merokok, kita simak ulasan alasan berhenti merokok berikutnya.

4. nafas bau rokok. Tabiat merokok akan menyebabkan nafas perokok berbau, bahkan seluruh tubuh akan berbau rokok. Sehingga akan menimbulkan rasa tidak senang pada lawan bicara ataupun terhadap masyarakat umum.

5. memberi contoh teladan untuk keluarga. Ini menunjukkan bahwa kita memperhatikan kesehatan keluarga. Karena menjauhkan asap rokok dari rumah sehingga memberi kesempatan kita untuk dekat dengan anak-anak. Dan memberi contoh kepada anak-anak kita nanti.

6. mempunyai badan yang sehat dan bugar. Begitu stop, Dalam tempo 20 menit seusai berhenti merokok, tekanan darah dan denyut nadi bisa normal lagi. Dan setelah 24 jam racun karbon monoksida dalam tubuh pun keluar sehingga kinerja paru-paru membaik. Setelah tiga hari tidak merokok, nikotin tidak akan terdeteksi lagi dalam darah, dan denyut nadi menjadi stabil Bahkan jika berhenti dalam setahun, tekanan darah akan kembali normal.

7. usia hidup yang lebih lama dibanding perokok. Berdasarkan penelitian, usia seorang perokok rata-rata berkurang 10 tahun lebih. Dan bagi yang berhenti sebelum berusia 50 tahun, besar kemungkinan lebih lama hidup selama 15 tahun mendatang daripada yang melanjutkan menjadi perokok.

8. jadi diri sendiri. Kesan macco, cool, keren, berani, dan jantan memang selalu diidentikan oleh para pembuat iklan rokok. Gencar-gencarnya para empunya merk rokok yang beriklan di media cetak atau pun elektronik memang menargetkan para remaja agar merefleksikan diri mereka seperti idolanya yang nota bene adalah group-group band. Bahkan Philip Moris (1981), salah satu perusahaan rokok di AS mengatakan, “Remaja hari ini adalah pelanggan tetap yang potensial untuk hari esok. Pola merokok remaja amat penting bagi Philip Morris...”.

9. Alasan berikutnya dilihat dari sisi financial. Misalkan saja kita menghabiskan Rp 7000 sehari untuk membeli sebungkus rokok kretek filter lokal. Ini berarti, dalam sebulan kita membelanjakan Rp 210.000 untuk rokok, sehingga dalam setahun mencapai Rp 2.520.000. Sekarang kita hitung, berapa jumlah uang yang kita keluarkan selama hidup kita, bila kita terus merokok. Kalau pada saat berusia 20 tahun, dan terus merokok sampai dengan usia 30 tahun, berarti kita menghisap rokok secara terus menerus selama 20 tahun. Dan bila dihitung, budget untuk rokok adalah: Rp 2.520.000 x 20 tahun = 50.400.000. Itu pun dengan asumsi bahwa harga rokok selalu konstan dan tidak pernah naik. Niscayanya, harga rokok pasti naik setiap tahun. Kalau setiap tahun harga rokok naik sebesar 10 persen saja, maka dalam 20 tahun, bila dihitung-hitung, jumlah uang yang kita belanjakan untuk rokok bisa mencapai lebih dari Rp 60 juta.


kalo ente gimana gan?
emoticon-afroemoticon-afroemoticon-afro
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Nice info bro.. Ane udah seminggu ga merokok dan pasti bisa berhenti merokok.. emoticon-Big Grin
GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di