Horeeee....... trit babe rame lagi. sudah lama tidak nengok, maklom lg menyelam, wkwkwkwkkkk.... kemana gerangan bro zatho? bertapakah? ikut2 estehmaniak aka gedong sari? salam hormat n kangen utk pakGelgel juga sesepuh semua. :kisss semakin menikmati keindahanNYA :kisss
mangkane, klu jro rsi baca2 n mnyimak dari awal, ndak akan nanyain itu lg, hehehe salim utk master 999 x 11 lanjutkan!
okelah...... klu para sesepuh masih berminat n berniat ngebahasnya, ini saya postingkan sloka lengkapnya : idáṃ jánā úpa śruta nárāśáṃsa stáviṣyate / ṣaṣṭíṃ sahásrā navatíṃ ca kaurama ā́ ruśáme...
FYI.... NS cukup lama tidak OL karena sedang Tour of Duty, baikjang umat di daerah Lombok Barat (Mataram) sekalian tirtayatra, trus besok Selasa, 30 Aug 2011 acara "peresmian" Padepokan/Pasraman beliau di desa Manggis, Karangasem, tempat kelahiran NS. bagi sodara2 yg berdomisili di bali...
waduh sesepuh, bukan kapasitas saya yg awam untuk membedah makna dari atharvaveda, aplg mengkaitkannya dgn syahadah yang memiliki satu makna dalam semua ajaran agama. lha wong makna/arti kata syahadah aja sy nggak tahu. mari kita tunggu aja pencerahan dr pakGelgel, karena beliau paham dua2nya (h...
mohon ijin puh.... untuk membantu pakGelgel dalam mencari mantram Atharva veda yang dimaksudkan oleh sesepuh Jumadil Kubro yang disebut menjelaskan ttg Mamaha Rishi dan/atau Narashangsa, mungkin bisa dilihat dalam Atharvaveda Buku 20 Hymn 127 ayat 1-13. mudah2an memang ini yang dimaksud oleh puh...
terima kasih pak atas penjelasanny. walopun tidak smua pertanyaan saya diulas, pemahaman yang saya dapat dari uraian bapak adl sbb : 1). JivanMukti; tahapan/kondisi dimana sang jiwa pribadi sudah tunduk kepada Gusti, Gusti yang menjadi Nakhoda, aka jiwa pribadinya 'mati'. ........ lalu...
OSA pakGel2 yang terhormat. mohon pencerahannya lebih lanjut. apakah kata2 KU dan AKU pada sloka di atas semuanya merujuk kepada sang Diri Sejati, Tuhan yang terbatas? khususnya untuk kata AKU dan KU pada kalimat terakhir apakah juga merujuk kpd yang sama, sang Diri Sejati? terkait dgn sloka di ...
hmmmmm...... memang pengetahuan tertinggi sudah dibabar tuntas, sekarang tinggal kita ngelakoninya! suksma utk pak Gelgel, Sang Sesepuh, suksma utk agan zathoic, Sang TS, suksma utk semua rekan yg lain. sadhu, sadhu, sadhu... swasti, swasti, swasti... shanti, shanti, shanti...
uppssss......., hehehehe sampai 3x disebut dg 2 nama berbeda, jadi malu. :malu salam sungkem pak, saya terus menyimak dipojokan sambil :coffee::coffee::coffee: swasti, swasti, swasti.
salam hangat utk pakGelgel.... welcome back pak, monggo dilanjutken pencerahannya. kulo menyimak terus di belakang Guru Humbalang.... salam hangat Guru......
mat malem gan...... salam n salammmm.... akhirnya stabil lagi dah walo dgn sdikit modifikasi dr judul awal. mudah2an tetap bergairah n malah smakin bergairah. monggo pakGelgel n sepuh lainnya....., back to normal. OM awignamastu namo siddham. :rose::rose::rose:
ya udah deh klu bagitu, kita lewatin aja, karena nggak penting sy nyimak aja klu bagitu. hehehe. suwun
gan...... gimana klu pemahaman ini kita kembangkan lagi. maksudnya begini, dalam bhuwana agung ini banyak bhuwana alit (manusia) dan dalam bhuwana Tuhan ada banyak bhuwana agung yang masing2nya juga diisi oleh bhuwana alit. ini sudah masuk ke ranah kosmologi spiritual, dimana dlm aliran waisnawa...
bro..... mungkin yg perlu kita bahas/tanyakan adl apakah nama2/sebutan spt Siwa, Mahàdewa, Iswara, Parameswara, Brahmà, Wisnu, Rudra dlm bait/mantram tri sandya itu merujuk kepada sosok dewa yg adl ciptaan Tuhan atau merujuk kpd nama/sebutan lain dr Tuhan ataukah merujuk kepada 'atribut...
kebetulan baru aja keluar sebuah artikel mengenai Buddhism and Vedas, ini dia sbagian konklusinya : Teachings of Mahatma Buddha are based purely on moral aspects of Vedas. His teachings also showcase his respect for Vedas. His vocabulary and usages were derived from Vedic texts. Thus he was in s...
ikutan sharing gan.... klu agan/keluarga agan melakukan spt apa yg agan sampaikan, maka pelaksanaannya akan sama dgn cara orang2 hindu di india yg membakar jasad org yg meninggal di pinggiran sungai gangga. jadi cukup bermodalkan setumpuk kayu bakar (ato mungkin kompor gas) n diiringi dgn doa; O...
uwadhowwwhhh........... jeg sperti kesetroom 'dijewer' pakGelgel! kulo hadir pak, nunas pangapunten kulo boten wedi posting, nanging kulo tetep setia menyimak karna beraninya hanya menyimak melihat perkembangan trit yg pembahasannya jauh tinggi di awan...., kurang ilmu!! salam n salim ...