amekachi
TS
amekachi
Miris Ternyata yang Damaikan Saudi dan Iran Itu Tiongkok, Bu Mega: Kenapa Bukan Kita?
Miris Gansist yang Berhasil Mendamaikan Hubungan antara Saudi Arabia dan Iran itu adalah Tiongkok, Megawati: Kenapa Mereka bukan Kita?



Sebagai negara yang sangat besar baik wilayah, populasi maupun pengaruhnya di dunia ini seharusnya Indonesia memang bersikap agresif dalam menangani, berperan, ikut andil pada masalah dunia saat ini ya Gansist, terutama berbagai konflik yang sering terjadi dengan utamanya adalah konflik di kawasan timur tengah, tapi Indonesia sekarang bisa dibilang cukup melempem padahal dulu Indonesia itu pencetus Konferensi Internasional Asia-Afrika, Gerakan Non Blok dan beberapa gebrakan lain yang membikin nama Indonesia agung di mata dunia saat itu.

Tidak cuma ketika mengunjungi teman teman negara blok timur saja lho presiden pertama RI Soekarno disambut begitu meriah, pun di negara blok barat semisal Amerika begitu tahu Soekarno datang warga disana antusias sekali terhadap kunjungan beliau, itu sudah cukup jadi indikasi ketenaran Indonesia di dunia dan bisa juga dibandingkan dengan sekarang, apakah ada presiden RI seseru itu mendapatkan sambutan dari warga negara kunjungan?

Memang lemahnya diplomasi Indonesia pun kini sampai menjadi pembahasan Megawati Soekarnoputri kala hari jadi ke 58 Lemhannas yang dari ucapan dirinya tampak begitu kecewa dengan kenyataan bahwa yang berhasil mempersatukan juga mendamaikan dua negara yang sangat erat dengan sejarah perseteruannya yaitu Arab Saudi dan Iran justru adalah Tiongkok, kenapa bukan Indonesia yang sebenarnya punya potensi lebih gampang karena memiliki mayoritas umat beragama yang sama dengan dua negara tersebut.




Sumber Ilustrasi Gambar
Dalam hal ini bagi Megawati aksi Tiongkok saat mendamaikan Saudi dan Iran beberapa waktu lalu tersebut sebenarnya prestasi besar yang membuat Indonesia sangat iri, karena menurut dia kapasitas kita mendamaikan dua negara tersebut lebih mumpuni dibandingkan dengan negara Tiongkok, jadi yang patut mendamaikan mereka itu Indonesia, kenapa Tiongkok? Jelas Megawati pada seminar tersebut.

Sebenarnya mungkin sebuah sindiran untuk menggugah semangat negeri ini, sangat disayangkan ibarat biasa juara bulu tangkis tiap tahun ternyata sekarang gelar juara malah piala tersebut di gondol oleh negara lain, yang lebih pantas jadi mediator Indonesia tapi malah di embat oleh Tiongkok, itu sebuah peristiwa yang miris dan bisa menunjukkan di tingkat mana kedudukan Indonesia di mata dunia sekarang.

Memang dilangsir dari Reuters peran besar Tiongkok akhirnya bisa membuat dua negara tersebut akhirnya mencapai kata kesepakatan terutama untuk membuka kembali kedutaan besar mereka masing-masing dan perjanjian untuk saling menghormati serta tidak urusan dalam negeri salah satu pihak.

Selamat buat Saudi dan Iran nih, padahal ini dua negara erat sekali dengan konflik bahkan sebelum dua negara tersebut bernama Saudi Arabia atau Iran dan bagaimana nih Gansist pendapatnya apakah setuju dengan perkataan bu Mega tersebut?

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1
kasihudinsekaliahlimiliterahliprovocator3301
provocator3301 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
2.5K
35
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan