mobilman.idAvatar border
TS
mobilman.id
Mobil Listrik Toyota bZ3 Ini Harganya Dibawah Rp500 Juta

Mobil listrik baru Toyota bZ3, telah diperkenalkan di China. Pada hari pertama penjualan pada 16 April 2023, lebih dari 5.000 unit sedan listrik Toyota bZ3 telah dipesan di Negeri Tirai Bambu.

Model sedan listrik pertama Toyota ini dibangun oleh FAW-Toyota, sebuah perusahaan patungan, dan merupakan model kedua dalam seri bZ.

Harganya dimulai dari $24.700 atau setara dengan 169.800 yuan atau Rp366 juta, dan model dengan harga tertinggi mulai dari $29.000 atau setara dengan 199.800 yuan atau Rp430 juta.

Toyota bZ3 dibangun di atas platform e-TNGA, yang digunakan bersama dengan SUV bZ4X, dan dilengkapi dengan teknologi powertrain utama dari BYD, termasuk baterai Blade LFP dan motor listrik dari Fudi Motor, anak perusahaan BYD.

Model ini menawarkan dua pilihan jarak tempuh di Tiongkok, yaitu 321 mil atau setara dengan 517 kilometer dan 382 mil atau setara dengan 616 km, dihitung berdasarkan siklus pengujian CLTC.

Toyota bZ3 hadir dalam tiga varian, yaitu bZ3 Elite Pro, bZ3 Long Range Pro, dan bZ3 Long Range Premium. Setiap varian memiliki spesifikasi yang berbeda-beda yang ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Untuk model paling rendahnya dilengkapi dengan motor depan berkekuatan 130 kilowatt atau setara dengan 174 tenaga kuda.

Sedangkan varian Long Range memiliki motor depan berkekuatan 180 kW atau setara dengan 241 hp dan torsi 223 pound-feet atau setara dengan 303 Newton-meter.

Varian pertama mengambil energi dari baterai 49,92 kilowatt-jam sementara varian kedua didukung oleh paket 65,28 kWh.

KUMPULAN IKLAN MOBIL BEKAS DI MOBILMAN.ID:


TOYOTA KIJANG INNOVA

HONDA BRIO

NISSAN X-TRAIL

Toyota bZ3 mendukung pengisian daya cepat DC, dengan pengisian daya baterai Blade dari 30 hingga 80 persen dalam 27 menit.

Sedangkan untuk spesifikasi performa, varian yang lebih bertenaga dapat menempuh 0-62 mph atau setara dengan 0-100 km/jam dalam 7,5 detik dan mencapai kecepatan tertinggi hingga 100 mph atau setara dengan 160 km/jam.

Meski angka ini bukan yang terbaik, namun cukup layak untuk harganya, kecuali jika dibandingkan dengan Zeekr X yang dapat mencapai kecepatan 0-62 mph atau setara dengan 0-100 km/jam dalam 3,7 detik.

Dimensi dan Eksterior Toyota bZ3

Toyota bZ3 memiliki ukuran yang hampir sama dengan Tesla Model 3, dengan panjang 186 inci atau setara dengan 4.725 milimeter, lebar 72,2 inci atau setara dengan 1.835 mm, dan tinggi 58 inci atau setara dengan 1.475 mm.

Jika diperkirakan, dimensi mobil ini sedikit lebih besar dari Toyota Corolla Altis, tapi lebih kecil dari Toyota Camry.


Untuk jarak sumbu rodanya mencapai 113,4 inci atau setara dengan 2.880 mm. Selain Model 3, mobil ini akan bersaing di pasar Cina dengan BYD Seal dan sedan listrik lainnya.

Di bagian eksterior depan, grill yang hilang telah digantikan dengan lampu LED daytime running yang disematkan di tengah. Lampu utamanya terletak di bagian ujung dan menggunakan teknologi LED yang terbagi menjadi beberapa bagian.

Velg berukuran 18 inci dipasang pada sisi samping kendaraan. Di bagian samping terdapat lekukan yang meninggi di atas roda belakang. Pada bagian belakang, terdapat stoplamp yang memanjang di kedua sisinya.

Toyota bZ3 diproduksi di pabrik FAW-Toyota di Tianjin, Cina, yang selesai dibangun pada Oktober 2022. Pabrik ini memiliki kapasitas tahunan sebesar 200.000 unit dan memproduksi sedan Toyota bZ3 dan SUV bZ4X.

Dalam upaya untuk mengurangi degradasi baterai, Toyota memanfaatkan keahlian elektrifikasinya. Toyota mengklaim bahwa pengembangan baterai mobil listrik mereka memungkinkan kapasitas mencapai 90% bahkan setelah 10 tahun.

Dengan menggunakan platform e-TNGA, Toyota merancang bZ3 untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.


Hal ini dilakukan melalui peningkatan performa yang lebih responsif, pusat gravitasi yang rendah, dan stabilitas handling yang baik.

Posisi mengemudi juga diatur sedemikian rupa untuk mengurangi ketegangan otot, mengurangi kelelahan pada perjalanan jarak jauh, dan menciptakan pengalaman berkendara yang menyenangkan.


LINK ARTIKEL ASLINYA GAN
neylaindiradewi
madjoeki
rassakhiy
rassakhiy dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan