masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Kembali Menginspirasi, Pandawara Group Bersama 200 Relawan Bersihkan Pantai di Lombok
Para pemuda harapan bangsa, Pandawara Group bersama 200 relawan membersihkan pantai terkotor di Lombok


Kembali membahas tentang Pandawara Group. Jika Agan dan Sista masih ingat, TS pernah menulis tentang lima orang pemuda asal Jawa Barat yang memiliki aktivitas positif yaitu membersihkan sampah di tempat-tempat kotor dan kumuh seperti selokan dan aliran sungai.

Nama Pandawara Group sendiri mulai dikenal oleh masyarakat setelah konten mereka saat membersihkan sampah viral di Tik Tok dan Instagram bahkan sampai diundang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan juga Menteri BUMN Erick Thohir.

Adapun anggota Pandawara Group sendiri yaitu Agung Permana, Gilang Rahma, Muchamad Ikhsan, Rafly Pasya, dan Rifki Sa'dulah.

Setelah viral di media sosial Pandawara Group membuat banyak pemuda terinspirasi untuk ikut serta berpartisipasi menjaga lingkungan dengan membersihkan sampah di sekitarnya.

Tidak sedikit kemudian muncul group-group baru yang dibuat oleh para anak muda dengan kegiatan positif membersihkan tempat-tempat kotor seperti selokan, dan aliran sungai yang macet karena sampah.




Memiliki kekaguman terhadap aktivitas positif peduli lingkungan yang dilakukan oleh Pandawara Group, TS mengikuti akun Instagram official mereka untuk melihat kegiatan yang dilakukan.

Diketahui dari unggahan Instagram official @pandawaragroup pada tanggal 14 Maret 2023, diunggah sebuah video yang menunjukkan aktivitas dari Pandawara Group yang tengah membersihkan bibir pantai terkotor di Lombok bersama dengan kurang lebih 200 oramg pemuda Lombok yang ingin ikut serta membersihkan sampah di pantai.

Kurang lebih 3,1 ton sampah berhasil dikumpulkan oleh Pandawara Group bersama dengan 200 relawan di sebuah pantai di Lombok.

Antusias para relawan yang rata-rata anak muda ini membuktikan bahwa masih banyak orang yang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan diharapkan dari Pandawara Group semakin banyak anak muda yang terinspirasi untuk ikut menjaga alam dan lingkungan tinggal.




Dari para anak muda yang tergabung dalam komunitas Pandawara Group yang peduli lingkungan secara mandiri di awal aksi mereka, tentu dapat menjadi pelajaran bagi kita semua untuk ikut serta menjaga alam mulai dari diri sendiri GanSis.

Tidak membuang sampah sembarangan menjadi salah satu cara keikutsertaan kita dalam menjaga alam dan lingkungan tinggal, karena dengan kita membuang sampah pada tempatnya itu akan mengurangi resiko dan dampak dari kebiasaan membuang sampah sembarangan di tempat yang tidak seharusnya dijadikan sebagai tempat sampah.

Sudah sepatutnya anak-anak muda yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan seperti anggota Pandawara Group ini untuk mendapatkan apresiasi, bukan dikomentari negatif dengan dugaan-dugaan yang tidak sepatutnya diberikan kepada seseorang yang memiliki niat baik.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
arsenalkufc
rubah007
dasiemsidas
dasiemsidas dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.4K
80
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan