masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Suka Tiba-tiba Bergerak dan Berucap Tanpa Kendali? Kenali Tentang Sindrom Tourette
Viral karena diidap oleh beberapa artis luar negeri dan Indonesia, ini dia sekilas tentang Sindrom Tourette


Ngeri, belakangan ini media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang menunjukkan seorang penyanyi mancanegara bernama Lewis Capaldi pemilik lagu Before You Go mengalami gangguan Sindrom Tourette saat tengah konser.

Tidak sedikit warganet yang merasa penasaran tentang apa sebenarnya Sindrom Tourette, dimana ternyata menurut penelusuran TS beberapa artis Indonesia dan juga publik tokoh publik mancanegara juga ada yang mengalami gangguan serupa diantaranya yaitu Tora Sudiro, Billie Eilish, David Beckham, Tim Howard, dan juga Seth Rogen.

Mungkin Agan dan Sista pun banyak yang penasaran tentang apa itu Sindrom Tourette, dan untuk menjelaskan terkait sindrom tersebut berikut ini penjelasan singkatnya yang berhasil TS rangkum dari berbagai sumber.




Sindrom Tourette, merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan yang membuat penderitanya melakukan gerakan-gerakan atau ucapan kasar yang dilakukan secara tiba-tiba dan tanpa sebab.

Kondisi seseorang melakukan gerakan atau ucapan kasar secara tiba-tiba ini disebut juga dengan istilah Tic, sedangkan untuk penderitanya banyak dialami oleh anak-anak dan remaja dengan kisaran umur 2 tahun sampai dengan usia 15 tahun, meskipun untuk beberapa kasus juga Sindrom Tourette juga dialami oleh orang dewasa dengan usia di atas 20 tahun.

Adapun Sindrom Tourette sendiri terdiri atas dua jenis dengan bentuk gejala yang berbeda, yaitu Vocal Ticuntuk Sindrom Tourette yang penderitanya secara tiba-tiba mengeluarkan suara yang berulang seperti berdeham, batuk, berkata kasar, dan menggonggong.

Selain ada Vocal Tic, ada juga jenis Motor Tic yaitu Sindrom Tourette dimana pelakunya melakukan gerakan secara tiba-tiba dan tanpa sebab, penderita Motor Tic ini biasanya akan melakukan kedip-kedip mata berulang kali, menggerakkan leher atau kepala, atau bahkan juga menggerakkan mulut.

Sampai sejauh ini Sindrom Tourette belum diketahui penyebabnya secara pasti, hanya saja dimungkinkan dapat terjadi atas beberapa faktor seperti kelainan gen, gangguan pada waktu ibu hamil, dan juga kelainan akibat kimia otak.

Penderita Sindrom Tourette dapat disembuhkan dengan beberapa cara pengobatan, mulai dari dengan mengkonsumsi obat-obatan dengan resep dokter, atau juga bisa dengan melakukan psikoterapi. Sedangkan untuk penderita yang mengalami Sindrom Tourette parah, maka harus dilakukan Deep Brain Stimulation (DBS) atau penanaman implan elektroda pada otak penderitanya.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang apa itu Sindrom Tourette yang diderita oleh beberapa orang artis termasuk dengan aktor kenamaan tanah air Tora Sudiro.

Berdasarkan pengalam pribadi, TS sendiri memiliki teman SD yang diduga juga mengalami Sindrom Tourette. Teman satu kelas TS ini sering menjulur-julurkan lidah dan menggerakkan kepala secara tiba-tiba, namun karena kekurang pahaman orang desa terkait kondisi tersebut sebagai sebuah gangguan atau kelainan, sampai saat ini teman TS tersebut masih mengalami kondisi tersebut sampai dengan saat ini usia dewasa.

Tentu harapannya dengan adanya thread ini dapat dijadikan sebagai acuan jika ada anak atau keluarga Agan Sista yang mengalami gejala serupa maka bisa segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan sesegera mungkin.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disinidan disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
zizill
arsenalkufc
screamo37
screamo37 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.3K
142
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan