c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Apa Benar Anak Zaman Sekarang Kurang Sopan, Kalau Menurutmu Gimana Gan?




Konten Sensitif


Kesopanan memang tidak mudah untuk diajarkan, walau seringkali dipelajaran sekolah kita diajarkan apa itu etika dan manner dalam peilaku kehidupan sehari-hari.

Nah karena sulitnya mengajarkan kesopanan tersebut, maka banyak anak muda sekarang menjadi tidak sopan. Bahkan dengan penelitian tata krama dibanyak negara, didapatkan hasil anak muda sekarang memiliki 40% empati lebih rendah dari generasi sebelumnya.

Dan 30% sering lupa mengucapkan kata dasar seperti terima kasih, maaf dan sebagainya. Jadi, intinya begini etika dan manner generasi saat ini memang lebih rendah dibandingkan yang sebelumnya.



Baik itu gen Z atau Millenial juga sama saja, bahkan kalau di transportasi umum sering kita melihat penumpang prioritas tidak mereka prioritaskan, bahkan pura-pura tidur itu bisa dikatakan empati kita sudah mulai tergusur.

Nah, melihat fenomena ini kemapa sih hal ini bisa terjadi?

Jadi begini, sebenernya etika dan etiket di kehidupan sehari-hari memang sudah dipelajari di sekolah. Tetapi, kurang efisien padahal sudah ada PPKN, pelajaran Agama, hingga pendidikan moral Pancasila juga sudah dilakukan. Tapi, sama sekali nilainya nol besar, ini semua bukan tanpa sebab.



Dengan adanya teknologi peradaban yang sekarang jelas berbeda dengan masa lalu, etika mulai kendur diajarkan oleh lingkungan, terutama di rumah karena hampir seluruh keluarga kita saat ini sibuk dengan ponsel, orang tua lebih banyak melihat ponsel, bahkan bermain dengan teman pun tak jauh dari ponsel.

Interaksi di media sosial lebih sering, maka anak muda zaman sekarang lebih berani speak up. Kebebasan speak up, ini terkadang terbawa pada kehidupan sehari-hari, apalagi mereka bisa speak up lintas budaya dengan sarana ome tv, atau applikasi yang serupa dengan itu interaksi generasi sekarang cakupannya cukup luas lagi.

Dengan kurangnya ilmu yang diajarkan karena orang tua sibuk, gurupun hanya mengajarkan etika yang basic saja, otomatis secara perlahan kita melihat anak-anak muda generasi sekarang tidak sopan.

Konten Sensitif


Walau masalah tidak sopan itu subjektif, karena dibelahan bagian lain bisa saja hal seperti itu sudah biasa. Jadi kuncinya kesopanan itu adalah diri sendiri untuk belajar lebih jauh masalah etika di banyak tempat, tentu etika minum kopi di warkop dengan restoran mewah bintang lima akan memiliki perbedaan etika.

Jadi, sopan disini ranahnya abu-abu tergantung tempat dan kondisi. Yang terpenting, patuhi hukum-hukum yang tidak tersurat di masyarakat, agar lebih aman dalam menjalani kehidupan. Dan jadilah orang tua yang bertanggung jawab, dengan memberikan pelajaran empati pada anak-anaknya.



Kalau menurut ente sendiri gimana nih gan?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









Diubah oleh c4punk1950... 01-02-2023 04:37
MemoryExpressormarrasukashin
asukashin dan 20 lainnya memberi reputasi
21
5.8K
138
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan