masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Kesadaran Masyarakat Untuk Menjaga Lingkungan Sangat Buruk? Yuk Mulai Sadar!
Berdasarkan pengalaman Pandawara Group, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan masih sangat rendah


Pandawara Group, 5 pemuda tersebut tengah menjadi sorotan publik di media sosial setelah aktivitas mereka membersihkan sampah yang ada di lingkungan tinggalnya viral.

Berawal dari keresahan karena sering menjadi korban banjir, 5 pemuda tersebut memutuskan untuk mencari sumber masalah yang membuat banjir tersebut datang berkali-kali hingga merendam rumah mereka.

Sampah yang menumpuk di selokan, aliran sungai, dan muara sungai ternyata menjadi penyebab banjir dan mereka pun memutuskan untuk membersihkan sampah secara mandiri tanpa bantuan dari siapapun bahkan termasuk untuk modal yang harus dikeluarkan.

Setelah kurang lebih 80 tempat mulai dari selokan, saluran air, rawa, dan sungai telah dibersihkan oleh Pandawara Group, sebagaimana disampaikan pada Podcast Denny Sumargo, diketahui fakta bahwa ternyata masih banyak masyarakat kita yang kurang kesadaran dalam menjaga dan merawat lingkungan tinggal, bahkan beberapa kali Pandawara Group melihat ada masyarakat yang dengan sengaja membuang sampah di sungai atau saluran irigasi.




Melihat fakta rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan tinggal, tentu menjadi masalah yang memang sudah seharusnya untuk diperhatikan dan diselesaikan sesegera mungkin.

Alam sudah menunjukkan bahwa dirinya sedang tidak baik-baik saja. Perubahan musim, datangnya bencana banjir, tanah longsor, dan gejala alam lainnya menjadi bukti bahwa alam butuh untuk dilestarikan sebelum benar-benar murka dan memberikan pelajaran berharga bagi manusia.

Rusaknya alam tidak dapat dipungkiri memang karena ulah manusia. Hilangnya hutan berganti dengan bangunan beton membuat hilangnya tempat resapan air, terlalu sembarangannya manusia membuang sampah juga menjadi masalah yang tidak bisa untuk disepelekan.

Meningkatkan kesadaran pada diri masing-masing kini menjadi sangat penting, karena jika tidak ada kesadaran mau seketat apapun aturan dan segencar apapun himbauan akan disepelekan begitu saja.




Mari GanSis kita semua ikut serta menjaga alam dan lingkungan sekitar tempat tinggal sebagai bentuk wujud kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia.

Mencintai bukan hanya perihal tahu bahwa Indonesia itu kaya akan keberagaman adat, budaya, dan memiliki tempat wisata yang indah mempesona, melainkan dengan ikut menjaga kelestarian alam dan lingkungan sebagai bukti dan tanda cinta itu sendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa kita ambil bersama.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
fias17
Seno312
dzulizhar
dzulizhar dan 15 lainnya memberi reputasi
16
2.6K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan