harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Inilah Asteroid Yang Siap Mengancam Bumi Di 2023! Haruskah Kita Takut?

Sumber Gambar

Asteroid merupakan salah satu benda langit yang biasa melayang-layang di luar angkasa. Keberadaan bebatuan ini memang sudah ada sejak lama dan bergerak bebas ke segala arah. Keberadaan asteroid memanglah wajar dan bukan hal yang perlu ditakuti.

Tapi semuanya akan berbeda apabila asteroid yang bergerak bebas itu mengarah ke arah bumi. Hal itu akan membuat penghuni bumi ketar-ketir. Tidak semua asteroid yang mengarah ke bumi akan membuat bencana, tapi tetap ada saja ancaman yang membuat kita tak tenang.

Seperti asteroid yang satu ini. Sejak tahun lalu banyak astronom yang terus mengamati pergerakan dari asteroid bernama 2022 EA1. Bukan tanpa alasan, asteroid ini terus dipantau karena pergerakannya yang dianggap mengancam bumi.


Sumber Gambar

Asteroid dengan panjang 70 meter ini diperkirakan akan berada pada jarak terdekat dengan bumi pada awal bulan Juli 2023. Tumbukkan asteroid itu ke bumi bisa saja terjadi, untuk itu pergerakkannya akan terus dipantau sehingga kalau memang arahnya benar-benar membahayakan bumi maka Badan Antariksa Eropa (ESA) akan melakukan tindakan.

Salah satu tindakan yang mungkin dilakukan adalah dengan misi pembelokkan asteroid. Sehingga jalurnya akan berpindah dan menjauh dari bumi. Namun untuk saat ini, tindakan itu masih terlalu dini untuk dilakukan.

Kalau mendengar misi pembelokan atau penghancuran asteroid, sekilas TS jadi ingat film Armageddon. Di mana hal serupa juga dilakukan dengan mengirim bom nuklir berkekuatan besar ke dalam inti asteroid lalu meledakkannya.


Sumber Gambar

Namun apakah bisa semudah itu? Mungkin pada akhirnya tidak akan semudah itu, apabila menggunakan bahan peledak apakah asteroid atau malah kita yang nantinya meledak?

Apabila asteroid ini sampai menabrak bumi, maka akan ada bencana besar yang menumbulkan berbagai kerusakan. Bila jatuh di daratan, asteroid ini akan menciptakan ledakan super besar yang akan meratakan satu kota, belum lagi dengan gelombang kejutnya yang mungkin juga akan jadi dampak lanutan.

Bila jatuh di laut, maka akan menyebabkan mega-tsunami yang dampaknya bisa jadi sampai ke darat. Mengancam kota-kota dan pemukiman yang berada di pesisir pantai. Beberapa orang yang bekerja di ESA bahkan menyebut selama 10 tahun belum ada asteroid yang begitu berbahaya seperti 2022 EA1.


Sumber Gambar

Tapi TS yakin sih kalau asteroid ini tidak akan menabrak bumi. Karena TS sudah banyak melihat berita di mana asteroid bahkan komet mendekat ke bumi. Lalu pada akhirnya mereka hanya lewat saja. Hal serupa mungkin akan terjadi pada 2022 EA1, karena kalau memang sudah pasti menabrak bumi pasti beritanya sudah heboh di sana-sini.

Bisa juga tidak, kita tahu bahwa kadang berita semacam ini ditutup-tutupi supaya tidak memancing keributan atau kehebohan. Entahlah, tapi segala kemungkinan bisa saja terjadi. Alam itu tidak bisa ditebak, jadi bersiaplah!

Kalian mau sembunyi di mana kalau ada asteroid jatuh?emoticon-Takut (S)

Sumber: Link Referensi
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
gabener.edan
wetp794239
koi7
koi7 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
5.4K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan