masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Makanan Akan Jadi Lebih Nikmat Saat Ada Tambahan Ini, Mana yang Jadi Favorit Kalian?
Menjadi penambah cita rasa dan pelengkap berbagai olahan makanan, beberapa penyedap ini wajib ada


Manusia membutuhkan makan untuk dapat melanjutkan kehidupan, tentu Agan Sista sudah tahu tentang hal ini.

Dalam memilih makanan apa yang akan dimakan tentu setiap orang memiliki selera masing-masing dan bisa jadi antara satu orang dengan orang yang lain mereka memiliki selera yang sama atau jauh berbeda.

Selera ini tentunya bergantung dengan kegemaran GanSis. Ada orang yang gemar makanan berkuah santan, tumis, kaldu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Apa lagi di Indonesia GanSis, kaya akan jenis makanan tradisional yang disetiap daerahnya berbeda-beda dengan kekhasan yang juga tidak sama, ditambah bumbu-bumbu rempah yang digunakan juga menambah kesan istimewa dari setiap makanan Nusantara.

Meskipun melihat fakta makanan Indonesia banyak jenis dan ragamnya dimana setiap makanan juga memiliki penggemar masing-masing, tetapi ada yang unik disini GanSis.

Dari banyaknya makanan Nusantara, menu-menu makanan tersebut akan lebih nikmat saat dihidangkan dengan beberapa jenis bahan pelengkap yang bisa disebut sebagai penyedap makanan.

Apa saja yang bisa dijadikan sebagai penyedap makanan?
Berikut ini beberapa diantaranya.


Quote:

1. Saus

Saus, adalah cairan yang dijadikan sebagai bumbu atau pelengkap makanan yang berfungsi sebagai penyedap atau penambah cita rasa.

Dari jenisnya sendiri saus terdiri atas kurang lebih 11 jenis, mulai dari saus tomat, saus sambal, saus tiram, saus kacang, saus bolognese, saus barbeque, saus tartar, dan masih banyak lagi.


Quote:

2. Kecap

Kecap adalah cairan yang termasuk kedalam bumbu dan penyedap sebagaimana saus. Kecap berwarna hitam dan rata-rata dibuat dari bahan dasar kedelai atau kedelai hitam.

Adapun kecap sendiri terdiri atas kurang lebih 7 jenis, yaitu kecap asin, kecap manis, kecap Inggris, kecap tiram, kecap ikan, kecap teriyaki, dan shoyu.


Quote:

3. Kerupuk

Kerupuk, merupakan makanan kering yang dibuat dari bahan-bahan yang mengandung pati. Makanan kering ini sering dijadikan sebagai pelengkap berbagai jenis olahan makanan, karena kerupuk bisa termasuk kedalam jenis lauk.

Jenis-jenis kerupuk sendiri di Indonesia dapat dikatakan cukup banyak GanSis. Ada kerupuk ikan, udang, emping, kerupuk kulit, gendar, kerupuk bawang, kemplang, kerupuk melarat, dan masih banyak lagi jenis lain.


Quote:

4. Sambal

Masyarakat Indonesia bisa dikatakan sangat gemar dengan masakan dengan cita rasa pedas. Jika memang menu makanan yang disajikan tidak memiliki rasa pedas atau kurang pedas, maka akan ada tambahan sambal untuk menjadi teman makan.

Sambal sendiri merupakan olahan makanan dengan bahan dasar cabai, sedangkan yang menjadikan sambal menjadi beragam jenis adalah campuran-campurannya.

Adapun beberapa jenis sambal yang namanya tidak asing di telinga dan pernah TS coba adalah sambal bawang, sambal terasi, sambal matah, sambal roa, sambal bajak, sambal dabu-dabu, sambal ijo, dan sambal andaliman.


Berikut tadi GanSis beberapa penyedap dan pelengkap makanan yang bisa menambah cita rasa juga nafsu makan.

Makan tanpa sambal, saus, kecap, atau kerupuk, bisa disebut kurang lengkap karena sudah menjadi sebuah kebiasaan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4, 5, 6
MemoryExpress
ondapriatna
cheria021
cheria021 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
6.3K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan