antilgbtqata610Avatar border
TS
antilgbtqata610
Partai Ummat Selesaikan Verifikasi Ulang Besok Demi Lolos Pemilu


Jakarta - Partai Ummat menyepakati hasil mediasi dengan KPU bahwa pihaknya akan mengikuti verifikasi ulang peserta pemilu 2024 usai dinyatakan tidak lolos. Wakil Ketua Umum Partai Ummat Buni Yani memastikan pihaknya akan menyelesaikan proses verifikasi administrasi perbaikan hingga besok.
"(Proses melengkapi data administrasi perbaikan) Ini dilakukan Partai Ummat hari ini dan besok. Betul (selesai besok)," kata Buni Yani kepada wartawan, Rabu (21/12/2022).

Baca juga:
Optimisme Partai Ummat Jadi Peserta Pemilu Usai Mediasi dengan KPU
Buni mengatakan proses penyerahan berkas perbaikan tersebut tak dilakukan secara fisik ke kantor KPU, melainkan secara online melalui Sipol. "Secara seremonial atau secara khusus tidak ada. Yang disebut 'penyerahan' data adalah kembali memperbaiki data yang ada di Sipol," ujarnya.



Buni menerangkan data yang akan diperbaiki yakni terkait dua provinsi, Sulawesi Utara dan NTT, yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) oleh KPU. Setelah proses verifikasi administrasi perbaikan, Buni mengatakan Partai Ummat selanjutnya akan melakukan proses verifikasi faktual perbaikan.

"Mulai hari ini kita diberi waktu untuk 'melengkapi' data yang kita punya di dua provinsi itu. Kata melengkapi kita kasih tanda kutip karena sesungguhnya data kami sudah lengkap sejak lama. Tapi kesempatan ini kita gunakan untuk mengecek ulang data-data tersebut sehingga tidak ada keraguan bahwa Partai Ummat layak mengikuti Pemilu 2024," kata Buni.


"Nanti setelah data-data ini kami serahkan ke KPU, lalu KPU akan memverifikasi faktual ulang sesuai hasil kesepakatan mediasi," lanjutnya.

Hasil Mediasi Partai Ummat dan KPU
Diketahui, Partai Ummat dan KPU telah mencapai kesepakatan dari proses mediasi yang dilakukan selama dua hari. Berikut hasil putusan yang dibacakan dalam rapat pleno di Bawaslu terkait mediasi antara Partai Ummat dan KPU:

1. Pemohon bersedia dan sanggup untuk memenuhi jumlah kekurangan syarat keanggotaan Partai Ummat pada sekurang-kurangnya 5 kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan sekurang-kurangnya 10 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara yang tersebar di antaranya sebagai berikut:

- Provinsi NTT
a. Kupang
b. Timur Tengah Selatan
c. Manggarai Timur
d. Alor
e. Sumba Barat
f. Lembata
g. Sabu Raijua

Baca juga:
Jejak Perlawanan Partai Ummat hingga Dapat Verifikasi Ulang
- Provinsi Sulawesi Utara
a. Bolaang Mongondow
b. Minahasa
c. Minahasa Utara
d. Minahasa Tenggara
e. Bolaang Mongondow Utara
f. Bolaang Mongondow Timur
g. Bolaang Mongondow Selatan
h. Kota Manado
i. Kota Bitung
j. Kota Tomohon
k. Kota Kotamabagu

Pemohon bersedia dan sanggup untuk memenuhi perbaikan syarat keanggotaan di Provinsi NTT dan Provinsi Sulut sesuai dengan tahapan dan jadwal sebagai berikut:

1. Penyampaian dokumen persyaratan perbaikan keanggotaan oleh parpol. Jadwal awal Rabu, 21 Desember 2022 dan diakhiri Jumat, 23 Desember 2022
2. Verifikasi administrasi perbaikan persyaratan keanggotaan parpol, Jumat, 23 Desember 2022 dan di akhir Sabtu, 24 Desember 2022
3. Penentuan sampel dalam verifikasi faktual dilakukan oleh KPU, Minggu, 25 Desember 2022 sampai 25 Desember 2022
4. Verifikasi faktual perbaikan persyaratan keanggotaan parpol tingkat kabupaten/kota oleh KPU kabupaten/kota, Senin, 26 Desember 2022 dan di akhir Rabu, 28 Desember 2022
5. Rekapitulasi dan penyampaian hasil verifikasi faktual keanggotaan parpol oleh KPU Kabupaten/Kota kepada KPU Provinsi pada Rabu, 28 Desember 2022
6. Rekapitulasi dan penyampaian hasil verifikasi faktual keanggotaan parpol di tingkat provinsi oleh KPU Provinsi ke KPU RI pada Kamis, 29 Desember 2022
7. Rekapitulasi hasil verifikasi faktual keanggotaan parpol oleh KPU RI pada Jumat, 30 Desember 2022
8. Penyampaian rekapitulasi hasil verifikasi faktual kepada parpol dan Bawaslu pada Jumat, 30 Desember 2022
9. Penetapan hasil dan pengambilan nomor urut parpol peserta pemilu pada Jumat, 30 Desember 2022
10. Pengumuman parpol peserta pemilu pada Jumat, 30 Desember 2022.


Partai ummat bisa lolos pemilu 2024

Cebong gagal crooott
Amien Rais, Buni Yani cs Strong
lepas.monas
skiesman
diazreal9760
diazreal9760 dan 13 lainnya memberi reputasi
-6
2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan