kiehartantoAvatar border
TS
kiehartanto
AMBYAR ! Niat Beli STB TV Digital, Malah Dapat Garam Dapur !❗Waspada Gan !
AMBYAR ! Niat Beli STB TV Digital, Malah Dapat Garam Dapur !❗Waspada Gan !



pic : google.


Era TV digital di Indonesia memang telah dimulai, dimana puncaknya adalah pada tanggal 2 November 2022 lalu, dimana pemerintah secara resmi menetapkan ASO (Analog Switch Off) yaitu peralihan siaran televisi di Indonesia dari teknologi analog ke teknologi digital.



Walaupun pada kenyataannya ASO yang dilakukan secara resmi tersebut ternyata hanya pada wilayah tertentu saja yaitu JABODETABEK, sedangkan wilayah lainnya akan segera menyusul,
tetapi walaupun pada tanggal 2 November lalu ASO atau peralihan siaran dari siaran televisi analog ke siaran digital ini hanya di wilayah Jabodetabek, ternyata dampaknya sangat terasa, terutama pada sektor penjualan produk STB (Set top box) yaitu alat yang dibutuhkan oleh masyarakat agar televisinya tetap bisa menerima siaran digital.



Dari pantauan ane pribadi, semenjak pemerintah menetapkan ASO secara resmi pada tanggal 2 November lalu, seketika di beberapa toko elektronik stok ketersediaan Set Top Box menjadi habis, bahkan di penjualan online pun harganya tiba-tiba menjadi melonjak, dimana harga normalnya berkisar antara 150-180 ribu, kini bisa mencapai hingga Rp.400ribu untuk satu unit STB.

Dan dari kondisi tersebut, ternyata bermunculan lah para penipu yang memanfaatkan naiknya harga STB dengan menawarkan harga STB yang bahkan tidak masuk akal alias sangat murah.



Dengan 'kepanikan' masyarakat karena tiba-tiba tidak dapat menyaksikan lagi siaran TV analog dan harus menggunakan STB digital, lalu stok STB pun tidak tersedia di toko elektronik dan ditambah harga STB yang melonjak hingga 3x lipat, tentu dengan penawaran harga STB yang jauh lebih murah dari harga normal yang diberikan oleh para penipu akan dengan mudah membuat banyak masyarakat tergiur untuk langsung membeli tanpa berfikir ulang.



Kini, korban dari penipuan tersebut pun semakin banyak, niat hati ingin membeli STB digital dengan harga yang sangat murah, para korban penipuan ini justru mendapatkan barang-barang yang tidak berguna semisal Bros peniti, garam dapur, ejector simcard dll

Bagi masyarakat yang ingin membeli STB digital, sebaiknya jangan mudah tergiur dengan beragam penawaran harga yang tidak masuk akal, terutama ketika membeli melalui online, harus diakui saat ini harga STB memang mengalami kenaikan yang sangat drastis, ini dikarenakan banyak faktor salah satunya adalah kepanikan masyarakat yang tidak bisa menonton siaran TV analog lagi dan akhirnya ramai-ramai terpaksa harus membeli.



Sedangkan bagi masyarakat yang tidak mampu untuk membeli STB, pemerintah telah memberikan bantuan alat STB digital gratis kepada masyarakat tidak mampu dengan mempersiapkan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Ya, sekian thread dari ane kali ini, semoga bisa memberikan pencerahan bagi kita semua untuk menghindari dari hal-hal yang merugikan....


emoticon-televisiemoticon-Cendol Gan emoticon-televisi


Penulis : Kie hartanto

Referensi :  Sumber 1

Gambar : google



KIEHARTANTO-KASKUS 2022
lembur.kolot
davecchio
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
7K
190
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan