harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Si Pitung Jawara Betawi Yang Ditakuti Belanda, Sejarah Atau Legenda?

Sumber Gambar

Pitung merupakan salah satu nama yang tak asing lagi di telinga masyarakat Jakarta. Namanya abadi sebagai salah satu jawara Betawi yang melegenda sebagai salah satu pejuang melawan para kompeni Belanda di masa penjajahan.

Sosok Si Pitung kerap disamakan dengan Robin Hood dari Inggris. Karena keberadaan sangat membantu masyarakat kecil di masa itu dari penindasan yang dilakukan oleh para penjajah Belanda.

Pitung sendiri lahir di Rawa Belong, Batavia pada tahun 1866. Anak dari pasangan Piung dan Pinah. Semasa kecilnya, Pitung berguru pada seorang guru mengaji sekaligus guru silat bernama Haji Naipin. Bersama Haji Naipinlah ilmu silat dan agama Pitung terlatih.


Sumber Gambar

Sejak kecil Pitung juga sudah banyak melihat penindasan yang dilakukan Belanda kepada keluarga dan juga masyarakat sekitarnya. Hal ini mendorongnya untuk melakukan sesuatu demi memberikan kehidupan yang lebih layak dan adil bagi masyarakat.

Bersama kawanan banditnya, Pitung mulai merampok harta para petinggi dan pejabat Belanda. Tak hanya itu, ia juga merampas harta para tuan tanah dan orang-orang kaya pribumi yang merenggut hak-hak masyarakat.

Semua barang curian itu kemudian di bagikan kepada semua orang yang membutuhkan. Membantu warga-warga yang kesusahan. Hal ini membuat warga kampung amat menyukai sosok si Pitung. Pria berpeci hitam yang menyelamatkan banyak orang.


Sumber Gambar

Perbuatannya ini membuat pemerintah Hindia-Belanda pada saat itu geram. Pitung pun diburu dan menjadi buronan. Belanda bahkan membayar para jawara-jawara silat untuk menemukan Pitung dan menangkap Pitung hidup-hidup. Namun tak semudah itu, ilmu silat yang dimiliki Pitung membuat Belanda kewalahan. Bahkan beredar kabar bahwa Pitung tak mempan ditembak peluru.

Pitung sebenarnya sudah pernah ditangkap, namun entah dengan cara apa ia bisa berhasil kabur dengan mudah. Hingga suatu saat, Belanda berhasil menemukan salah satu teman Pitung yang sangat mengenal Pitung semasa berguru dengan Haji Naipin.

Belanda lalu mendesak teman Pitung itu untuk memberi tahu kelemahan si Pitung. Karena desakan itu, terpaksa ia memberitahu Belanda bahwa kelemahan Pitung adalah peluru emas.

Akhirnya, dipancinglah Pitung untuk keluar dari persembunyiannya. Dan saat itu juga, Belanda menembak Pitung dengan peluru emas hingga terkapar tak berdaya.


Sumber Gambar

Ada banyak cerita beredar mengenai Si Pitung ini. Bahkan mungkin saja cerita yang TS jabarkan di atas berbeda dengan cerita yang kalian ketahui. Namun, apakah Pitung betul-betul ada atau hanya legenda?emoticon-Bingung (S)

Meski begitu terkenal dan melegenda, masih banyak orang yang meragukan keberadaan Pitung. Bahkan ada yang menganggap Pitung hanya fiksi belaka. Hal ini karena kurangnya bukti dan sumber sejarah, serta banyaknya bversi cerita yang berbeda-beda.

Dalam versi Belanda sendiri, nama Pitung tercatat di salah satu koran atau surat kabar Hindia Belanda. Namun tentu saja, versi Belanda menggambarkan bahwa Pitung adalah seorang penjahat bengis dan kejam. Berbeda dengan sudut pandang orang pribumi yang menganggap Pitung sebagai pahlawan.


Sumber Gambar

Namun apapun itu, mau legenda atau sejarah, Pitung seharusnya jadi contoh bagi kita untuk tidak diam di tengah penindasan entah itu dalam skala kecil atau skala nasional. Mungkin caranya saja yang tidak perlu seperti Pitung. Karena setiap zaman memiliki cara sendiri untuk bertindak.

Khusus TS pribadi, Pitung adalah salah satu tokoh yang TS kagumi. Wibawanya, keberaniannya seharusnya jadi contoh untuk kita semua.

Tambahan, TS sendiri pernah membahas tentang Pitung di salah satu kesempatan ketika perayaan Hari Museum Nasional di Museum Bahari, Jakarta. Hehe.



Gimana menurut kalian gan? Pitung itu beneran ada atau enggak? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 11-11-2022 10:50
samnkuku419
bukan.bomat
lusfdlrrhmn
lusfdlrrhmn dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.2K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan