masnukho
TS
masnukho 
Muncul Air Terjun dari Langit di Bekasi, Ini Dia Sekilas Tentang Fenomena Microburst
Heboh fenomena air terjun dari langit turun di Bekasi, ini dia sekilas tentang Microburst


Media sosial tengah dihebohkan dengan beredarnya sebuah video fenomena alam aneh yang terjadi di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tepatnya di sekitar Stadion Wibawa Mukti pada hari Selasa, 8 November 2022 lalu.

Di dalam video yang beredar di media sosial Instagram terlihat kejadian aneh yang sangat jarang terjadi dan ditemukan di Indonesia yaitu turun air hujan bak air terjun di satu titik tempat disertai dengan angin kencang.

Fenomena tersebut membuat banyak orang takjub dan bertanya-tanya perihal fenomena alam apa yang terjadi di Bekasi tersebut dan apa penyebab adanya fenomena alam hujan yang menyerupai air terjun dari langit.

Berdasarkan penjelasan dari pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika alias BMKG, hujan yang menyerupai air terjun dari langit yang terjadi di Bekasi dan videonya menghebohkan media sosial merupakan fenomena alam Microburst. Fenomena ini cukup jarang terjadi sehingga masih banyak orang yang belum paham dengan adanya fenomena alam tersebut.

Lalu apa sebenarnya itu fenomena alam Microburst?
Berikut ini penjelasan singkat tentang fenomena alam Microburst yang perlu Agan dan Sista ketahui.




Microburstmerupakan fenomena alam hujan deras disertai dengan angin kencang yang bergerak secara vertikal yaitu tegak lurus dari atas kebawah dan fenomena ini dapat terjadi juga karena dipengaruhi adanya awan kumulonimbus.

Fenomena microburst juga berkaitan dengan fenomena downburst dengan skala kecil, downburst sendiri adalah sistem angin kencang yang datang secara vertikal kebawah dan hanya terjadi dalam waktu yang singkat.

Adapun dari pihak BMKG juga menjelaskan bahwa microburst dan downburst sama-sama berbahaya, karena memang downburst dan microburst memiliki daya rusak yang tinggi karena terjadi dengan kecepatan yang cukup tinggi meskipun waktunya hanya singkat saja.

Adanya fenomena alam microburst dan downburst ini sangat sulit untuk diprediksi GanSis, karena selain terjadi dalam waktu singkat, tempat kejadiannya juga melokal. Itulah sebabnya BMKG memberikan himbauan kepada semua masyarakat untuk tetap hati-hati dan waspada serta tidak mendekat ke lokasi kejadian microburst karena sangat berbahaya.




Berikut tadi GanSis sekilas penjelasan tentang fenomena alam aneh yang terjadi di Bekasi beberapa waktu lalu.

Mungkin Agan dan Sista sebelumnya belum mengetahui tentang apa itu fenomena alam microburst, mudah-mudahan dari thread ini rasa penasaran kalian dapat terjawab.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
darkwilliam00ggazhuramasdadamel88
damel88 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
6K
71
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan