dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Waspada Hoax Bantuan Dana Mengatasnamakan BPJS Beredar Di Whatsapp



Seiring berkembangnya teknologi para penipu semakin lama semakin banyak. Kini mereka mulai membawa-bawa isu terbaru saat melakukan penipuan supaya korban dapat terkena tipu muslihatnya. Pada contoh berikut ini mereka mengatasnamakan instansi BPJS dan mulai membabi buta mengirimkan pesan berisi penipuan kepada ribuan atau bahkan jutaan nomor ponsel. Cara mereka mendapatkan nomor ponsel kita pun masih menjadi misteri.

Pesan berisi penipuan yang mereka kirimkan tampaknya masih terlihat ecek-ecek dan mudah diidentifikasikan. Namun kita tak pernah tahu di luar sama mungkin ada orang-orang awam yang menjadi korban dari tindakan penipuan ecek-ecek tersebut. Lalu seperti apakah bentuk penipuan yang mereka lakukan, mari intip pada thread kali ini.




Baru-baru ini beredar pesan mengatasnamakan BPJS yang berisi informasi hoax terkait bantuan dana puluhan juta rupiah. Bahkan informasi hoax dari pesan tersebut dibuat seolah-olah malah mirip undian berhadiah. Dari sinilah terlihat bahwa para penipu tersebut kurang kreatif. Seharusnya narasi dalam pesan tersebut dibuat lebih baik lagi dan jangan mengikuti format undian berhadiah.

Dari paragraf awal pesan tersebut yang bertuliskan "pihak BPJS Memberikan bantuan utk 10 orang yg beruntung saja yg diundi melalui nomor whatsapp" akan membuatmu tertawa cekikikan. Bagaimana mungkin perusahaan instansi sebesar BPJS melakukan undian bantuan dana yang sungguh konyol. Tampaknya para komplotan penipu tersebut masih minim literasi sehingga membuat narasi yang sangat lucu sekali.



Pada bagian akhir dari pesan tersebut, si penipu berusaha keras dalam meyakinkan kembali calon korban dengan memberikan kode verifikasi yang seolah-olah hanya spesifik untukmu. Namun tampaknya cara ini sudah terlalu banyak digunakan oleh penipu zaman dahulu via sms. Kode-kode verifikasi tersebut membuat satu kesatuan pesan bantuan dana ini semakin keliatan kurang kreatif dan sulit menggiurkan calon korban.

Seharusnya di tahun 2022 ini mereka memanfaatkan internet untuk belajar dan mengkonsep bagaimana membuat penipuan dengan cara yang sulit ditebak. Dengan menggunakan format penipuan zaman dahulu seperti ini maka siapapun mudah sekali memastikan bahwa informasi ini adalah penipuan. Apalagi nominal uang yang diberikan tak masuk akal.

—oOo—

Biarpun bentuk penipuan yang mengatasnamakan BPJS ini terlihat sangat konyol sekali dan seketika akan membuatmu tertawa. Namun kita tak akan pernah tahu ternyata di luar sana mungkin saja informasi palsu ini berhasil ditelan mentah-mentah oleh orang awam. Hal ini dibuktikan oleh ketekunan penipu yang terus menerus membabi buta mengirimkan informasi palsu tersebut. Mungkin saja ternyata cara ini rupanya berhasil, kita tak akan pernah tahu.


Sumber : Dokumen Pribadi
T.G.I.F.
tarraqn
vasilizaitsev
vasilizaitsev dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.3K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan