iskrimAvatar border
TS
iskrim
Awas Tertipu, Ternyata Bakso yg Kita Makan Selama Ini Bukanlah Bakso Solo, Tapi...


Entah apakah cuma perasaan saya saja atau sebuah kebetulan saja, ditempat saya ini banyak sekali tukang bakso keliling mulai dari pikulan, gerobak dorong sampai mangkal seperti warung bakso. Tapi yang aneh dan tidak biasa adalah kenapa sekarang rata-rata penual yang model pikulan dan gerobak dorong isi sajiannya lebih ke mirip bakwan Malang. 

Seperti kita tahu yang namanya bakwan Malang memang ada juga beberapa butir baksonya, tapi yang menjadi ciri khasnya adalah kerupuk pangsitnya, tahu putihnya, pangsit kukusnya, bakso gorengnya dan yang bikin seger adalah kuahnya itu berciri khas banget, gurihnya beda, sangat berbeda dengan rasa yang dijual tukang bakso pada umumnya.

Sebelum tahu, awalnya saya dulu sempet bingung karena setahu saya yang namanya jualan bakso yah, seperti bakso pada umumnya isiannya berisi mie kuning, mie bihun, beberapa butir bakso (urat atau telur) dan sayuran sawi. Tapi apa yang saya temukan sekarang adalah kebanyakan penjual yang sering saya temukan bertuliskan Bakso pada gerobaknya tapi yang dijual isinya bakso bakwan.


Bakwan Malang

Sebagai penggemar bakso tentu ada rasa kecewa, apa jangan-jangan penjual bakso sekarang mengikuti selera pembeli, banting menu supaya tetap dicari pembeli. Mungkin pembeli ingin ada variasi isian agar tidak membosankan, hm.

Tapi setelah saya mampir kesebuah warung bakso langganan saya di daerah Radio Dalam, Jakarta Selatan yang penjualnya sudah amat senior (sudah saya kenal dari saya sekolah SMP), saya bertanya tentang bakso 'banci' ini. Ngakunya jualan bakso tapi yang dijual kok bakwan Malang!


Bakso Solo

Ternyata bakso yang saya kenal selama puluhan tahun saya makan (kenal bakso dari SD sampai kerja) adalah jenis bakso khasnya Solo, Jawa Tengah. Sedangkan Bakso yang isinya seperti bakwan Malang yang sering saya lihat sekarang ini adalah ciri khasnya bakso gabungan dari Solo dan Malang, jadi kalau lengkapnya disebut Bakso Malang.

Ngomongin bakso, sebagai pecinta makanan bakso saya bisa membedakan bakso Malang 'banci' dengan bakwan Malang asli terutama dari rasa kuahnya, dimana kuah bakwan Malang asli lebih bening dan gurih, sedangkan bakso Malang 'banci' kuahnya agak keruh dan rasa kuahnya mirip bakso Solo pada umumnya.


Bakso Malang

Akhirnya saya sekarang sudah paham kenapa sekarang banyak penjual bakso tapi isinya seperti bakwan Malang karena ceruk pasar bakso Solo sudah terlalu mainstream. Akhirnya sekarang bakso Malang mulai menjamur. Tapi yang patut disayangkan adalah penjual tidak memberitahu atau menginformasikan ke pembeli karena bakso yang dia jual adalah jenis bakso malang, bukan bakso Solo yang sudah lama dikenal luas oleh masyarakat atau bakwan Malang yang sesungguhnya.





Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Sumur : sebuah opini | img : gugel 

Diubah oleh iskrim 27-09-2022 21:33
jintuang
septcember
nomorelies
nomorelies dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan