pilot2isekai078Avatar border
TS
pilot2isekai078
Kekerasan oleh Senior, Ujian Jelang Seabad Gontor
19 September 2022 13:16


Jelang seabad berdiri, Pondok Modern Darussalam Gontor dihadapkan pada tragedi tewasnya Albar Mahdi. Santri berusia 17 tahun itu meninggal usai dipukul dua kakak kelasnya. Gontor bersedih, berintrospeksi, dan berjanji menjadikan pengalaman ini sebagai momen membenahi diri.

***

Kiai Hasan Abdullah Sahal menangis di hadapan para pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor. Sebagai salah seorang pimpinan Gontor, ia bersedih atas meninggalnya salah satu santri Gontor, Albar Mahdi. Remaja 17 tahun itu tak lagi bernapas setelah dianiaya dua seniornya, MFA dan IH, pada 22 Agustus.

Padahal, Ponpes kerap mewanti-wanti para santri senior yang menjadi pengurus pondok (mudabbir) agar tidak memukul ketika menghukum santri yang melanggar aturan.

“Teman saya yang di Gontor menceritakan, KH Hasan Abdullah Sahal menangis karena ada santri yang meninggal karena kekerasan. Beliau mengatakan, ‘Mengapa tidak saya saja yang meninggal? Saya siap meninggal asal Albar Mahdi hidup kembali,’” ujar alumni Gontor 1999, Hariqo Satria.

Albar Mahdi tewas usai dipukul dan ditendang pada bagian dada oleh MFA dan IH, senior-seniornya. Albar ketika itu dihukum lantaran belum lengkap mengembalikan peralatan kemah.

Kiai Hasan menganggap tewasnya Albar Mahdi merupakan tanggung jawabnya sebagai pimpinan Gontor. Putra keenam KH Ahmad Sahal—salah satu pendiri Gontor—itu berkata akan mempertanggungjawabkannya hingga di akhirat kelak.

“Saya sudah bilang tidak boleh sama sekali ada kekerasan, dilarang keras memukul santri. Saya akan mati. Di hari akhir, saya pasti akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah SWT, mengapa ada santrimu yang meninggal, Allah SWT pasti menanyakan itu. Bagaimana saya harus mempertanggungjawabkan ini dihadapan Allah SWT?” kata Hariqo menirukan ucapan Kiai Hasan pada pertemuan tersebut.

Sejak Gontor berdiri pada 1926, baru kali ada santri tewas karena dianiaya senior saat menjalani hukuman. Kasus ini jelas mencoreng nama Gontor. Namun, bagi sebagian besar alumni, Gontor bukanlah Ponpes yang mengajarkan kekerasan. Menurut mereka, Gontor justru mengajarkan ilmu kehidupan.

kumparan.com

Sebenarnya tulisannya panjaaaang banget, klw yg mw baca selengkapnya klik aj linknya
areszzjay
diinamasaia
syahali
syahali dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan