moerni.idAvatar border
TS
moerni.id
Bjorka, ‘Tamparan’ Untuk Pengelola Data!

Akun Twitter @bjorkanism sebelum disuspend. Foto: Tangkapan Layar Twitter





Akun twitter hacker Bjorka @bjorkanism hari ini tiba-tiba disuspen. Hanya ada laman kosong dan tulisan akun telah ditangguhkan. Padahal sebelumnya akun ini menjadi salah satu ‘corong’ Bjorna untuk mengungkap hasil peretasan yang dilakukannya.  
 

Di antaranya; data 1,3 miilar pengguna telepon selular. Data Kementrian Komuninkasi dan Informasi (kominfo). Data pribadi Menteri Kominfo, Jhony G Plate. Hingga dokumen Presiden Joko Widodo. Baru-baru ini Bjorka membocorkan data tentang kasus kematian Munir dan insiden KM 50.
 

Belum ketahui alasan penangguhan akun @bjorkanisme. Belum ada pihak-pihak yang angkat suara dan mengaku bertanggungjawab.
 

Tapi yang jelas, apa yang dilakukan oleh Bjorka merupakan sebuah ‘tamparan’. ‘Tamparan’ bagi para pengelola data di negeri ini. Yang katanya menjamin penyimpanan data, tapi ujung-ujungnya tak bisa menjaga.
 

Kebocaran data seperti ini bukan kali pertama terjadi. Mengutip BBC Indonesia, sejak awal 2022 saja setidaknya sudah terjadi 10 kasus dugaan kebocoran data. Mulai dari Ransomware Conti yang dilaporkan mencuri data dari Bank Indonesia. Kemuudian ada data catatan medis pasien yang diperjualbelikan di Raidforums. Hingga belasan data pelanggan PLN yang dijual di breached.to.
 

Pakar Digital Forensic Ruby Alamsyah menyarankan, Kominfo, Badan Siber dan Sandi Negara serta Polri segera melakukan mitigasi risiko. Ketimbang mengeluarkan pernyataan yang terkesan bodoh. Rudy juga menilai, situs atau akun medsos milik pemerintah sangat gampang dibobol.  
 

Kasus pembobolan data yang dilakukan Bjorkan bukanlah yang pertama. Dan kemungkinan, Bjorka bukanlah yang terakhir.
 

Sudah seharusnya ada yang bertanggung jawab atas semua data. Khususnya data penting yang bisa merugikan masyarakat.
 

Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Dave Laksono mengatakan, dalam waktu dekat Undang-Udang Perlindungan Data Pribadi akan segera disahkan. Dan di dalamnya nanti, akan tercantum sanksi pidana. Bagi operator yang gagal melindungi data miliknya.


Akun @bjorkanism setelah disuspend. Foto: Tangkapan Layar Twiiter






Twitter Bjorka Aktif Lagi

Hacker Bjorka siang tadi muncul lagi. Dengan akun twitter baru lagi. Pengikutnya langsung banyak lagi. Hingga sore ini sudah lebih dari 16 ribu orang mengikutinya.


Di kemunculan kali ini, Bjorka menyentil Menkominfo dan Kapolri. Yang katanya telah berganti ke nomor telepon luar negeri.


Ia pun menegaskan, apa yang dilakukannya tidak ada sangkut pautnya dengan Kasus Ferdy Sambo.


Ia pun berjanji akan meretas data terkait Mendagri Tito Karnavian dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bjorka sempat menyinggung Menteri Luhut.

Hacker satu ini juga sempat menyindir Twitter soal suspend akun miliknya. Menurutnya, hal itu menunjukkan independensi Twitter yang sesungguhnya. Yang hanya menuruti permintaan pemerintah Indonesia. (moerni)


emoticon-Kaskus Loversemoticon-afroemoticon-Forum Music

Penulis: @moerni.id212©2022

Narasi: Pribadi
Sumber: 1, 2, 3,
Foto: 1, 2
Cucigosok
ucupthea
Qhitink87
Qhitink87 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.9K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan