masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Dibikin Repot Tagih Utang Kenak Semprot? Berikan Syarat Ini Saat Memberi Utang
Seringkali masalah utang piutang berujung bentrok, berikan syarat ini saat akan memberi utang


Utang piutang, dapat dikatakan masih kerap sekali menimbulkan masalah sampai berujung dengan cek-cok, permusuhan, bahkan tindak kriminal pembunuhan.

Utang sendiri menurut KBBI memiliki arti uang atau barang yang dipinjam dari orang lain dengan kewajiban mengembalikan apa yang sudah diterima sesuai dengan akad atau perjanjian utang piutang.

Sistem utang yang dikenal oleh masyarakat juga terdiri atas beberapa macam jenis dan cara pembayaran, mulai dari utang barang dengan cara bayar mencicil tiap minggu atau bulan, ada pula utang uang dengan sistem bayar bulanan dengan besaran bunga yang telah disepakati bersama.

Meskipun utang piutang biasa dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak yaitu yang memberi pinjaman atau yang menerima pinjaman tapi ternyata sistem pembayaran yang telah ditetapkan di awal tidak semudah atau selancar yang dibayangkan GanSis. Seringkali terdapat konflik utang piutang yang terjadi karena disebabkan orang yang diberikan utang atau pinjaman tidak tahu diri dan tidak ada maksud baik untuk membayar atau mencicil utang yang telah dipinjamkan.

Bahkan fakta yang ada dan sering viral di media sosial, antara orang yang memberikan pinjaman utang dengan si peminjam utang itu lebih galak orang yang meminjam utang. Ditambah orang yang ditagih utang biasanya nekat mengancam orang yang sedang menagih utang dan seringkali terjadi mereka juga tega menganiaya orang yang sedang menagih utang yang merupakan haknya.




Membahas tentang utang piutang, sebelum Agan dan Sista menjadi korban makian atau tindak kekerasan yang dilakukan oleh orang yang tidak terima saat ditagih utang, berikut ini ada beberapa syarat dalam memberi utang. Apa saja syarat dan tujuannya, berikut ini beberapa diantaranya.


1. Membuat Perjanjian Tertulis

Perjanjian tertulis lengkap dengan tanda tangan bermaterai, wajib untuk dibuat saat transaksi utang piutang dalam jumlah banyak GanSis.

Jangan hanya modal percaya uang yang dipinjam akan segera dikembalikan, karena memang saat seseorang berhadapan dengan uang secara langsung mereka juga akan ada khilafnya juga.

Saat Agan dan Sista yang melakukan utang piutang dan sudah membuat perjanjian tertulis maka ketika yang berhutang sulit atau tidak mau membayar utang maka mereka dapat diusut kasus hukum.

2. Meminjamkan dengan Jaminan

Sebagaimana utang piutang dengan pihak bank yang mewajibkan nasabah memberikan jaminan entah itu berupa emas, surat tanah, atau BPKB kendaraan, begitupun ketika Agan Sista ingin memberikan utang kepada seseorang maka adanya jaminan utang juga perlu diminta.

3. Memberikan Pinjaman Sesuai Keikhlasan

Memberikan pinjaman dengan sistem sesuai keikhlasan disini adalah salah satu cara menghindari bentrok atau cek-cok dengan orang yang memiliki utang GanSis.

Dapat dikatakan cara memberikan utang ini memiliki sistem sedekah, karena ketika uang yang diutang tersebut tidak digantikan maka si pemberi utang telah mengikhlaskan.

Adapun syarat ini tidak diberlakukan untuk orang yang mengutang melainkan untuk diri sendiri yang sering menjadi tujuan orang berhutang. Jika memang Agan dan Sista tidak bisa ikhlas untuk kehilangan uang, maka jangan berikan utang kepada orang siapapun itu orangnya.

4. Ingatkan Bayar Utang Tepat Waktu

Peringatan bayar utang tepat waktu juga harus dijelaskan di awal seseorang hendak meminjam utang GanSis.

Berikan sanksi denda jika mereka telat membayar utang, sehingga mereka akan mengusahakan agar membayar utang tepat waktu agar tidak mendapatkan denda tersebut.



Itulah GanSis beberapa syarat yang bisa kalian berikan kepada seseorang yang ingin meminjam uang atau utang.

Cara dan syarat tersebut dibuat agar tidak ada lagi orang yang memberikan utang beresiko dicaci maki oleh orang yang berhutang, karena seringkali terjadi antara orang yang memberi utang dengan yang meminjam utang lebih galak yang punya utang saat ditagih.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Diubah oleh masnukho 13-09-2022 00:46
kurniawan070707
pemusnahmicin
ebureg
ebureg dan 32 lainnya memberi reputasi
33
12.1K
251
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan