masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Apakah Sifat Pemberani Itu Selalu Baik? Jawabannya Tergantung Beberapa Hal Ini
Benarkah memiliki sifat pemberani itu selalu baik?
Jawabannya tergantung dengan beberapa hal ini


Sifat pemberani, para orang tua biasanya mengajarkan sifat tersebut kepada anak-anaknya dari sewaktu mereka kecil.
Orang tua mengajarkan anak untuk berani melakukan apapun tanpa rasa takut dengan harapan anaknya menjadi anak yang tangguh.

Pemberani sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti orang yang sangat berani atau yang mempunyai sifat berani, dan tidak dijelaskan secara pasti apakah sifat pemberani itu selalu baik atau bisa berdampak buruk.

Meskipun sifat pemberani telah diajarkan oleh para orang tua dari anak-anak mereka masih kecil, ada beberapa poin penting yang mereka lupakan dari mengajarkan sifat pemberani pada anak. Poin-poin penting inilah yang membuat sifat pemberani itu menjadi salah, karena sifat pemberani sendiri tidak bisa diajarkan tanpa adanya rambu-rambu yang mengatur sejauh mana keberanian boleh dan tidak untuk dilakukan.

Jika ditanyakan apakah sifat pemberani itu selalu baik?
Jawabannya tentu bergantung kepada beberapa hal ini GanSis.




1. Benar atau Salah

Seseorang yang memiliki sifat pemberani mereka akan selalu salah dalam menunjukkan keberanian jika tidak tahu mana yang benar dan baik, atau salah dan buruk. Keberanian yang dilakukan untuk sebuah kesalahan tentu juga akan menimbulkan kesalahan yang lebih besar, sedangkan keberanian yang dilakukan untuk kebenaran maka akan mendapatkan kebaikan.

2. Jujur

Pemberani dapat dikatakan sebuah sifat yang percuma untuk dimiliki jika mereka tidak memiliki sifat kejujuran.
Jujur adalah sifat paling utama yang harus dimiliki oleh setiap orang, karena seseorang dapat melakukan kebaikan atau keburukan hanya karena seberapa mereka jujur dalam melakukan segala hal.

3. Perasaan

Memiliki sifat pemberani tapi tidak memiliki perasaan juga hanya akan menjadikan seseorang sebagai orang yang arogan. Perasaan diutamakan dimiliki oleh setiap orang meskipun mereka sosok kesatria yang pemberani karena orang yang bersalah pun tidak serta merta bisa mendapatkan hukuman atau penghakiman, mereka masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dari kesalahan.

4. Kondisi

Sifat pemberani juga dapat salah untuk ditunjukkan atau dilakukan jika Agan dan Sista menunjukkan keberanian di kondisi yang tidak tepat.
Berani itu butuh kepekaan terhadap kondisi GanSis, apakah keberanian kalian akan membawa pada petaka atau masalah jika ditunjukkan pada kondisi tertentu atau tidak, karena percuma menunjukkan keberanian jika kalian salah lawan.

5. Pandai

Orang yang pemberani mereka juga harus dibekali dengan kepandaian, karena jika seseorang hanya mengandalkan keberanian tanpa adanya ilmu maka akan sangat mudah untuk dibodoh-bodohi oleh orang lain yang memanfaatkan keberanian kalian.



Itulah tadi GanSis beberapa hal yang harus dimiliki agar sifat pemberani yang dimiliki tidak salah pengaplikasian dan berdampak buruk pada diri kalian sendiri.

Mendidik anak menjadi pemberani dengan tidak membekali mereka dengan poin-poin di atas secara tidak sengaja hanya akan mendidik mereka untuk menjadi seorang yang pembangkang atau menjadi anak durhaka.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan dan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4

lonelylontong
ran4urlife
10mountainflat
10mountainflat dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5.5K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan