masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tahu Enggak Ada Ghibah yang Boleh untuk Dilakukan? Berikut Ini Beberapa Diantaranya
Perlu diketahui mengenai ghibah yang berstatus mubah, berikut ini beberapa diantaranya


Ghibah, Agan Sista pasti sudah paham bahwa istilah ini memiliki pengertian membicarakan keburukan orang lain yang belum tentu kebenarannya di belakang orang yang diceritakan atau bersangkutan.

Adapun hukum berghibah sendiri dikatakan dalam beberapa hadis dan ayat di kitab suci Al-Qur'an bersifat haram atau dilarang untuk dilakukan karena diibaratkan seperti memakan bangkai saudaranya sendiri, karena memang mengghibahkan keburukan orang lain sama halnya dengan membuka aib yang entah benar terjadi atau tidak karena ghibah yang tidak benar-benar nyata akan jatuh kepada hukum fitnah yang hakikatnya lebih kejam dari pembunuhan.

Meskipun ghibah sendiri dilarang tapi pasti Agan Sista tahu bahwa aktivitas tersebut masih banyak dilakukan baik itu oleh kaum laki-laki dan juga perempuan, karena memang menurut penuturan banyak orang membicarakan keburukan atau aib orang lain itu seru dan mengasikan.

Membahas tentang ghibah, ternyata ada ghibah yang bersifat mubah atau boleh untuk dilakukan GanSis.

Pastinya ghibah ini bukan sembarangan ghibah, atau berbeda dengan ghibah yang sering orang lakukan yang hanya bertujuan untuk membicarakan keburukan orang lain tanpa ada manfaatnya.

Bentuk ghibah yang seperti apa yang diperbolehkan?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Membicarakan Pelaku Kejahatan yang Menjadi DPO

Ghibah yang pertama dam boleh untuk dilakukan adalah membicarakan keburukan atau tindak kejahatan yang dilakukan orang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang alias DPO.

Maksud dan tujuan membicarakan keburukan pelaku adalah agar tidak ada korban baru, dan pastinya agar pelaku lekas tertangkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

2. Proses BAP Kepolisian dan Pengadilan

Jika Agan Sista melaporkan sebuah tindak kejahatan yang dilakukan oleh seseorang maka kalian akan melakukan proses BAP atau Berita Acara Pemeriksaan. Disini kalian dapat menceritakan semua hal yang terjadi termasuk dengan keburukan dari pelaku kejahatan yang berkaitan dengan kasus yang sedang dilaporkan.

Begitupun jika Agan atau Sista menjadi saksi di pengadilan, maka kalian harus berkata jujur meskipun itu berkaitan dengan keburukan orang lain yang terlibat pada kasus yang sedang dipersidangkan.

3. Konsultasi ke Psikolog atau Alim Ulama

Meminta solusi dari masalah yang dihadapi kepada psikolog atau alim ulama, maka Agan Sista bisa menceritakan segala permasalahan yang ada untuk mendapatkan solusi terbaik dan tepat.

Disini bukan untuk membongkar aib melainkan untuk menentukan solusi yang benar-benar baik dan tidak timpang karena salah menceritakan atau menutup-nutupi sesuatu yang menjadi akar dari masalahnya.

4. Membicarakan Kejahatan dan Pelecehan Seksual

Membicarakan tentang sebuah tindak kejahatan yang sedang terjadi atau kasus pelecehan seksual yang marak diberitakan, ini juga boleh dilakukan dengan tujuan agar orang lain di sekitar kita tidak menjadi korban GanSis.

Akan sangat berbahaya jika orang lain tidak mengetahui tentang modus kejahatan yang sedang marak terjadi, itulah sebabnya mengghibahkan pelaku kejahatan publik itu perlu untuk dilakukan agar banyak orang yang lebih waspada.



Berikut tadi beberapa jenis ghibah yang boleh dilakukan dan memiliki manfaat jika dibicarakan.

Mudah-mudahan informasi ini tidak disalah artikan karena memang tujuannya baik dan tidak untuk membongkar aib orang tanpa sebab dan manfaat penting.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
jiresh
provocator3301
cemilanpagi
cemilanpagi dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.3K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan